Deretan Ikan Hias Air Tawar Yang Populer Di Indonesia

Siapa sih yang tidak suka melihat ikan hias berwarna-warni dan memanjakan mata? Memelihara ikan hias memang memiliki kesenangan tersendiri. Selain karena unsur keindahannya, juga biaya perawatan yang mudah dan murah dibanding ikan laut.

Percaya atau tidak hampir 75 persen pasokan ikan hias air tawar di Dunia berasal dari Indonesia. Setidaknya 363 jenis ikan hias air tawar dari Indonesia telah diekspor ke berbagai Negara di Dunia. Jenis ikan air tawar lebih mudah untuk dibudidayakan daripada ikan laut. Karena untuk membudidayakan ikan air tawar bisa dengan teknologi sederhana dan biaya yang murah. Sehingga budidaya ikan air tawar bisa dikembangkan pada usaha rumahan.

Hal ini sangat berbeda dengan budidaya air laut yang memerlukan beragam fasilitas yang memerlukan banyak modal. Salah satu jenis ikan hias air tawar yang menjadi primadona di Indonesia diantaranya ikan cupang dan ikan arwana. Selain itu ada ikan hias dari negara lain yang banyak dibudidayakan di Indonesia seperti ikan koi, ikan guppy dan ikan koki.

Jenis Ikan Hias Terpopuler

Tidak semua jenis ikan hias bisa dibudidayakan secara masal, hal ini berkaitan dengan tingkat kesulitan serta berkaitan dengan permintaan pasar. Biasanya hanya ikan hias yang memiliki banyak peminat yang banyak dibudidayakan. Trend ikan hias akan selalu cenderung berubah setiap tahunnya, tetapi ada beberapa jenis ikan hias yang memiliki peminat yang tetap. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan hias air tawar yang banyak dibudidayakan serta diperdagangkan secara luas di Indonesia.

1. Ikan Koi

Ikan koi atau Cyprinus carpio L pertamakali dipopulerkan di Jepang. Sekitaran th. 1820-an beberapa penangar ikan Negeri sakura sukses menyilangkan sebagian strain ikan mas jadi ikan dengan warna merah serta putih yang menarik. Ikan hasil persilangan ini di kenal dengan nama koi. Lalu beberapa tahun selanjutnya berkembang ikan koi dengan beragam varian warna menarik yang lain. Ikan koi adalah ikan hias air tawar yang pas dipelihara di kolam bukanlah akuarium. Lantaran daya tarik ikan koi ada pada warna-warni yang indah apabila diliat dari atas. Diluar itu, ikan koi juga membutuhkan ruangan gerak yang luas. Tipe ikan hias air tawar ini cukup gampang dikembangbiakan, tetapi susah memperoleh koi berkwalitas.

2. Ikan Cupang

Ikan ini hanya ditemukan di Negara-negara Asia Tenggara termasuk berkembang cukup baik di Indonesia. Ikan ini juga mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Meskipun volume air sedikit dan juga sedikit oksigen, ikan cupang bisa hidup. Habitat asli ikan cupang di rawa-rawa daerah tropis. Ikan ini mempunyai bentuk yang bervariasi dan warna yang indah. Ikan ini juga cukup agresif, sehingga tak hanya dijadikan ikan hias, ikan ini sering dijadikan ikan aduan.

Ciri-ciri umum ikan cupang aduan diantaranya seperti badannya full pressed body (ramping), jika dilihat dengan seksama ada cekungan halus dari ujung badan hingga samping perut, sisik kecil-kecil tebal, bentuk dahi seperti ikan arwana. Ring bibir tebal, jari-jari sirip ekor halus rapat (jari-jari sirip yang besar rawan terserang jamur, saat sirip terkoyak atau luka) pembawaannya low profile (santai tapi waspada).

Kelompok ikan cupang model ini rata-rata raja tega di medan laga, menyerang musuh tanpa ampun, kadang berakhir dengan kematian lawannya. Salah satu jenis ikan cupang yang menawan adalah ikan cupang serit.

Masyarakat khususnya para pecinta ikan cupang yang berasal dari Indonesia bisa sedikit berbangga, karena ikan cupang serit ini dilahirkan oleh para hobies dari daerah Slipi, Jakarta. Ikan cupang serit menjadi mendunia karena variasi keindahannya. Ikan hias air tawar ini disebut crown tail atau ekor mahkota karena jika dibalik menghadap ke atas serit-serit di ekornya akan terlihat seperti mahkota raja. Jenis ikan cupang serit mempunyai banyak varian. Terdapat yang seritnya tunggal, dimana dalam setiap serit hanya terdapat satu tulang sirip. Ada juga yang berserit dua atau serit ganda.

3. Ikan Guppy

Ikan guppy dalam bahasa latin disebut Poecilia reticulata. Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang terpopuler di Dunia. Ikan ini sangat mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan juga sangat cepat dalam beranak. Di indonesia sendiri, ikan ini banyak hidup di parit-parit dan sawah. Awalnya ikan guppi hanya hidup di dataran Amerika, baru kemudian pada tahun 1920, masuk ke Indonesia untuk dijadikan ikan hias. Panjang ikan ini hanya 2 cm untuk yang jantan dan 3-6 cm untuk yang betina. Yang bikin lucu adalah bagian perutnya yang gendut berwarna putih. Teringat dulu ketika masih kecil, ikan ini menjadi bahan mainan bersama teman-teman. Karena ikan guppy sangat mudah untuk ditangkap.

4. Ikan Arwana

Ikan arwana adalah ikan yang bisa di bilang cukup mahal, ikan ini merupakan ikan yang banyak sekali dicari oleh sebagian orang, sudah pasti jika ikan ini dapat anda jadikan penghias akuarium rumah anda, karena warnanya yang sangat indah dan beragam, selain itu ada sebuah kepercaya jika kita memiliki ikan arwana didalam rumah maka sang pemilik ikan arwana tersebut akan lancar rejekinya, itu adalah cerita masyarakat turun temurun. Ukuran dari ikan arwana ini sendiri pun beragam, dari yang berukuran kecil hingga ukuran yang besar, Ukuran panjang ikan ini kira kira bisa mencapai 1meter lebih.

5. Ikan Louhan

Ikan ini dikenal dengan nama Flowerhorn dalam bahasa Inggris. Ikan yang termasuk famili Cichild ini memiliki keunikan akan sisiknya yang indah dan menyala. Juga terlihat lucu karena ada benjolan di kepala mereka yang terlihat khas. Ikan hias air tawar ini memang pernah menjadi ikan hias primadona di Indonesia pada awal tahun milenium. Hampir setiap di rumah ada akuarium untuk memelihara ikan ini. Para pembudidaya ikan louhan juga mendapatkan banyak rezeki dari trend ikan hias saat itu. Sebagian dari pembudidaya ikan louhan bahkan sampai kehabisan stok karena sangat banyaknya permintaan pada jenis ikan hias yang satu ini.

Tetapi yang uniknya pada saat itu, sebagian besar orang yang memelihara ikan ini belum tahu mengenai jenis ikan louhan apa yang mereka pelihara. Memang cukup unik trend ikan louhan pada saat itu. Meskipun saat ini trend ikan louhan telah sedikit mereda. Mungkin karena jenis dan harga ikan louhan yang kian melejit tinggi. Ikan ini tidak dapat ditemukan di alam bebas. Pasalnya, ikan ini hasil persilangan dari berbagai jenis ikan Cichlid. Ikan ini juga dapat menjadi pemangsa yang agresif jika dilepas ke perairan terbuka.

Itulah beberapa jenis ikan hias air tawar yang paling populer Di Indonesia. Dari beberapa jenis ikan hias diatas, manakah yang membuat anda tertarik? jelas sekali jika dari semua jenis ikan memiliki keindahan yang sangat unik, dan tentunya masih banyak sekali ikan yang dapat kita jadikan peliharaan dan menjadi penghias dalam menghiasi akuarium dirumah.