Berikut Manfaat Dan Dampak Mandi Sauna

Awalnya orang Finlandia yang menjadikan mandi sauna sebagai kebiasaan untuk menyehatkan tubuh dengan menggunakan uap panas. Akhirnya kebiasaan ini menjadi gaya hidup di bagi masyarakat di sana pada akhir pekan. Tidak seperti mandi biasa, mandi sauna dilakukan dalam ruangan yang terbuat dari kayu pinus dan biasanya dibuat seperti tungku. Butuh waktu 10-15 menit untuk bersauna agar tubuh berkeringat selanjutnya baru membasuh tubuh dengan air dibawah pancuran air dingin.

Banyak cara yang bisa dilakukan manusia untuk mengusahakan kesehatannya. Mandi sauna merupakan salah satunya. Di kalangan masyarakat modern, mandi sauna seolah telah menjadi keharusan dan bagian dari gaya hidup. Kaum Hawa khususnya yang hidup di kota-kota besar, banyak melakukan mandi sauna sebagai pelengkap dari paket perawatan kecantikannya.

Berikut merupakan manfaat mandi sauna bagi tubuh anda.

1. Membersihkan Racun

Saat Anda mandi sauna sama halnya dengan mandi uap. Uap dari proses pembakaran dalam ruang sauna akan membuat tubuh Anda menghasilkan keringat yang berlebihan sehingga secara tidak langsung akan membersihkan kulit Anda dan mengeluarkan racun melalui kelenjar keringat.

Saat Anda dalam keadaan keringat yang berlebihan secara tidak langsung akan meningkatkan kapasitas untuk detoksifikasi kulit sehingga membuka pori-pori dan menghilangkan kotoran dari tubuh.

Kotoran yang disimpan dalam jaringan lemak maka akan mencair di bawah suhu tinggi. Dan akhirnya kotoran akan dibuang melalui keringat atau saluran usus.

2. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas dan ingin menjalankan program penurunan berat badan, Anda dapat mencoba mandi uap/sauna sebagai salah satu solusi untuk mewujudkan keinginan itu.

Banyak orang yang telah merasakan manfaat sauna khususnya untuk mereka yang memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan. Mandi sauna memiliki kinerja positif dalam sistem metabolisme tubuh karena dapat meningkatkan kecepatan dan intensitas proses metabolisme yang pada akhirnya akan menyebabkan penurunan berat badan.

3. Relaksasi Fisik dan Mental

Mandi sauna dapat membuat fisik dan mental Anda menjadi lebih relaks. Tidak heran begitu banyak orang yang mengalami stres atau gangguan mental akan dianjurkan untuk melakukan sauna/mandi uap. Hal ini dikarenakan mandi sauna membantu mengendurkan kondisi fisik dan mental.

Demikian juga dengan orang-orang yang mengalami gangguan tidur (insomnia) dapat mencoba mandi sauna untuk mengurangi gejala insomnia

4. Memicu produksi kolagen

Menurut Dr. Lawrence Wilson, peneliti dan pengarang buku tentang manfaat sauna, produksi kolagen semakin meningkat ketika seseorang sedang bersauna. Peningkatan kolagen ini tentunya baik untuk mendorong terbuangnya kulit mati dan memicu peningkatan sel kulit baru yang sehat.

5. Memperlancar aliran darah

Ketika sedang bersauna, detak jantung bisa meningkat hingga 50 persen. Karena peningkatan itu, aliran darah yang mengalir juga meningkat sebanyak 30-50 persen. Lancarnya aliran darah ini membawa oksigen dan nutrisi yang semakin banyak kepada kulit. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih sehat merona dan segar.

6. Detoksifikasi

Setidaknya 30 persen racun dalam tubuh bisa dikeluarkan lewat keringat pada kulit. Saat bersauna, uap yang panas memicu semakin banyak timbulnya keringat. Seiring terbukanya pori-pori dan keluarnya keringat dalam tubuh, racun yang tersimpan di bawah kulit juga ikut terlepas. Setidaknya diperlukan waktu dua menit sauna sebelum tubuh mulai memanas. Setelah tubuh mulai memanas dan mengeluarkan keringat di situlah proses detoksifikasi dimulai.

7. Membantu melawan infeksi

Menurut peneliti dari Universitas Eberhard-Karls di Jerman, keringat mengandung protein bernama dermcidin yang bisa membantu menangkal bakteri. Terpicunya keringat pada saat sauna bisa membuat protein tersebut menjadi tameng yang melindungi tubuh. Beberapa jenis bakteri, bisa ditangkal oleh protein tersebut.

Dampak mandi sauna bagi tubuh anda

Walaupun Sauna dipercaya dapat mempromosikan kesehatan, namun tidak berarti bahwa sauna tidak memiliki resiko atau dampak negative bagi kesehatan.

Berikut beberapa masalah yang bisa timbul dari bahaya sauna :

1. Ibu Hamil dan Penderita Gangguan Pernafasan

Mandi sauna tidak disarankan untuk ibu hamil atau untuk Anda yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma. Saat Anda melakukan mandi uap/sauna kemudian merasakan pusing, mual atau kesulitan bernapas, segera periksa ke dokter.

2. Dapat Menyebabkan Kematian

Hal lain yang perlu dicatat bahwa mandi sauna dapat menyebabkan kematian. Kenapa itu terjadi? Hal ini dikarenakan kebanyakan saat mereka melakukan mandi uap/ sauna di tempat pribadi biasanya sambil meminum alkohol atau anggur, bukannya air mineral seperti yang disarankan, Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab banyaknya terjadi kematian saat sedang mandi sauna.

3. Menurunkan tekanan darah

Suhu panas saat melakukan sauna dapat melebarkan pembuluh darah pada permukaan kulit. Hal ini menimbulkan efek penarikan darah ke permukaan tubuh yang nantinya dapat didinginkan oleh keringat yang keluar dari dalam tubuh. Saat pembuluh darah melebar, tekanan darah akan mengalami penurunan. Bagi seseorang yang menderita hipertensi atau tekanan darah rendah, hal ini merupakan indikasi yang berbahaya karena salah satu penyebab darah rendah.

4. Memicu kelelahan

Melakukan sauna secara berlebihan akan menimbulkan efek panas pada tubuh. Hal ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan oleh udara yang semakin lembab saat melakukan sauna dapat menimbulkan keluarnya yang nantinya bisa mengurangi kemampuan kulit untuk mendinginkan tubuh. Selain itu, hal tersebut akan menimbulkan penurunan tekanan darah, dehidrasi berat serta kelelahan yang pada akhirnya akan memicu lemahnya asupan oksigen dalam tubuh dan sering disebut kelelahan otot.

5. Memicu syok hipovolemik

Hal ini merupakan kombinasi dari dehidrasi dan penurunan tekanan darah. Ini terjadi ketika tekanan darah dan volume darah menjadi begitu rendah sehingga jaringan tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen yang mereka butuhkan. Mual dan pusing menjadi gejala pertama gangguan ini, dan hanya dengan jalan meninggalkan sauna dan melakukan pendinginan serta Rehidrasi yang akan mencegah risiko komplikasi.

6. Memicu gangguan pada jantung

Hanya dibutuhkan beberapa menit saja untuk membuat kulit untuk memperoleh suhu pabas keika sedang melakukan sauna. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Health Publications, menyatakan bahwa sauna dapat mengakibatkan peningkatan denyut nadi, memaksa jantung untuk memompa lebih banyak darah, yang sebagian besar dikirim ke kulit. Hal ini dapat berpotensi untuk mempengaruhi tekanan darah dalam tubuh. Seseorang dengan kondisi jantung memungkinkan terjadinya masalah jantung lebih lanjut saat melakukan sauna.

7. Peningkatan suhu tubuh

Tubuh memiliki sistem pendingin internal untuk menjaga suhu inti tubuh pada tingkat yang aman. Saat tubuh mengalami suhu panas yang ekstrim seperti sauna, akan membuat sistem pendingin tubuh kelebihan beban, terutama jika terjadi selama yang terlalu lama. Pada saat tubuh gagal dalam mempertahankan suhu tubuh, akan berdampak bahaya bagi tubuh. Hal tersebut diungkapkan oleh Columbia Kesehatan.

Saat melakukan berbagai aktivitas pekerjaan, memang sangatlah melelahkan. Terkadang kita lupa tidak memperhatikan kesehatan tubuh yang bisa mempengaruhi kesehatan mental dan pikiran. Tubuh membutuhkan respon yang sangat lembut untuk kembali bugar dan sehat. Sauna menjadi cara yang sangat bijak untuk memanjakan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Melakukan sauna bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan dan menyehatkan untuk tubuh. Namun perhatikan semua peringatan saat mandi sauna, agar bisa mendapatkan manfaat yang sangat besar.

Sekian informasi tentang mandi sauna dan dampak nya semoga bermanfaat ya guys. trima kasih