10 Manfaat Pisang Merah Bagi Kesehatan Kita

Indonesia merupakan negara agararia. Dimana sebagian besar penduduk Indonesia adalah bertani. Banyak hasil pertanian tumbuh subur di negara beriklim tropis ini. Sangkin suburnya segala jenis flora bisa tumbuh dengan baik.

Pertanian yang paling banyak ditanam di Indonesia diantaranya adalah pisang. Pisang merupakan buah yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya sebagai sumber vitamin C. Banyak jenis pisang yang dapat tumbuh di Indonesia, tetapi ada sepupu pisang yang berwarna merah. Berbeda dari pisang yang lain. Umumnya kita melihat pisang berwarna kuning dan sangat jarang kita temukan pisang yang berwarna merah selain kuning.

Pisang merah merupakan pisang yang sangat efektif dan baik untuk siapa saja yang ingin diet dan juga dapat mencegah penyakit jantung serta obesitas. Sama halnya dengan beras merah yang rendah nilai glukosanya. Peneilti menyelidiki pisang merah ini kaya akan serat sehingga sangat pas bagi wanita ataupun para orangtua yang ingin diet dan mencegah penyakit jantung. Inilah 10 maanfaat pisang merah buat kesehatan kita.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Pisang merah ini kaya beta-karoten, vitamin C dan  Antioksida. Antioksida dapat membantu meningkatkan sistem imun dan berguna untuk melawan bakteri, virus dan mikroorganisme berbahaya lainnya.

2. Meningkatkan tingkat energi

Pisang merah mengandung tiga macam gula alami, yaitu fruktosa, sukrosa dan glukosa. Karena sebagian besar gula ini akan memberikan Anda semburan energi cepat dan menyediakan sumber energi secara instan.

3. Meningkatkan pencernaan

Karena begitu kaya serat, pisang merah juga dapat dijadikan sebagai obat pilihan jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti sembelit. Serat pisang merah juga membantu untuk meningkatkan fungsi pencernaan dan lebih efisien untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan saat mempunyai penyakit sembelit.

4. Meningkatkan ketajaman mata

Khasiat pisang merah juga bagus untuk membuat penglihatan Anda lebih tajam. Buah pisang ini bermanfaat untuk menyehatkan mata karena mengandung vitamin A. Anda juga bisa mengandalkannya sebagai makanan anti rabun.

5.  Mencegah penyakit pembuluh darah

Buah pisang merah tidak hanya dapat melancarkan peredaran darah, namun juga menyehatkan pembuluh darah. Peredaran darah yang lancar akan membuat tubuh Anda jauh lebih sehat.

6. Sangat baik untuk jantung

Pisang merah ini juga pilihan yang cocok untuk memiliki jantung yang sehat. Ini adalah pisang yang banyak mengandung kalium, yang dapat melawan efek negatif dari natrium dan menurunkan tekanan darah tinggi.

7.  Obat alami anemia

Anemia merupakan kondisi yang serius di mana tubuh kita kekurangan zat besi untuk membuat hemoglobin. Hemoglobin merupakan bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh lainnya. Pisang merah dapat membantu mengobati anemia karena mereka kaya akan vitamin B-6 yang dibutuhkan tubuh untuk membangun hemoglobin di tempat pertama.

8. Berhenti Merokok

Berhenti merokok adalah pilihan gaya hidup sehat, tetapi sangat susah untuk berhenti merokok. Akan tetapi pisang merah  dapat membantu proses ini. Mereka kaya kalium dan magnesium yang membantu tubuh untuk menangani dampak nikotindan membuatnya lebih mudah untuk mematahkan siklus kecanduan.

9. Membantu menurunkan berat badan

Ada beberapa alasan mengapa pisang merah baik untuk menurunkan berat badan. Karena pisang merah rendah kalori sehingga akan memberikan Anda rasa kenyang.

10. Meningkatkan metabolisme

Pisang merah juga dapat berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Pisang merah merupakan sumber yang kaya vitamin B-6 yang membantu mendukung fungsi metabolisme yang sehat. Dan jika metabolisme Anda berfungsi dengan baik, ini berarti tidak hanya untuk menurunkan berat badan tetapi juga untuk menjaga tingkat energi yang stabil sepanjang hari.

Itulah beberapa manfaat dari pisang merah, semoga Anda dapat menerapkannya untuk menghasilkan kondisi yang sehat.