6 Gejala Kanker Pankreas

Kanker pankreas adalah penyakit yang disebabkan oleh tumbuhnya tumor di dalam pankreas. Pankreas adalah sebuah kelenjar besar yang merupakan bagian dari sistem pencernaan dan memiliki panjang sekitar 15 cm. Kanker pankreas bisa dialami oleh pria maupun wanita dan biasanya terjadi pada orang-orang yang berusia lanjut atau di atas 75 tahun.

Pankreas memiliki fungsi yang penting bagi tubuh karena memproduksi enzim pencernaan yang berfungsi menguraikan makanan agar dapat diserap oleh tubuh. Selain itu, pankreas juga memproduksi hormon, termasuk insulin yang berfungsi menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh.

Ada beberapa tanda-tanda utama yang dapat membantu Anda memahami apakah Anda menderita kanker pankreas atau tidak. Kadang-kadang pasien tidak tahu bahwa ia menderita kanker pankreas. Stadium lanjut kanker sulit untuk diobati. Jika Anda menduga bahwa ada sesuatu salah dengan Anda, Anda harus berkonsultasi dengan seorang spesialis. Berikut adalah beberapa gejala kanker pankreas.

1. Penyakit Kuning

Orang-orang yang menderita penyakit kuning memiliki kulit dan mata kuning. Ini adalah salah satu gejala khas dari mereka yang memiliki kanker pankreas. Penyakit kuning berkembang ketika tingkat bilirubin dalam tubuh terlalu tinggi. Itu bisa juga terjadi jika saluran empedu diblokir. Penyakit kuning mugkin tidak menyebabkan ketidaknyamanan fisik. Namun, kalian harus berkonsultasi dengan dokter jika sakit kuning terjadi. Penyakit kuning mungkin tanda masalah kesehatan yang berbeda. Untuk mengetahui alasan sebenarnya Anda harus periksan ke dokter

2. Sakit Perut

Pasien yang memiliki kanker pankreas biasanya menderita sakit perut. Lebih dari 80% pasien menggambarkan rasa sakit seperti membosankan. Sakit atau nyeri dirasakan di bagian atas perut. Itulah dimana tumor biasanya membentuk. Rasa sakit dapat juga dirasakan di tubuh dan bahkan bagian belakang. Sakit perut sering terjadi pada malam hari. Rasa sakitnya bisa parah atau sedang. Kadang-kadang ini meningkat dan dapat berlangsung selama seminggu atau sebulan. Mintalah dokter Anda untuk memeriksa daerah perut Anda dan melihat apakah Anda memiliki jenis tumor atau tidak.

3. Berat Badan Turun

Jika berat badan Anda terus mencair tanpa terlalu banyak usaha, ini mungkin merupakan tanda kanker pankreas. Dalam kebanyakan kasus pasien tidak dapat menjelaskan mengapa mereka bisa  menurunkan berat badan tanpa latihan dan olahraga. Berat badan mungkin disertai malas atau dengan kata lain perasaan tidak sehat.

4. Perut Kembung

Saluran pencernaan dari orang-orang yang menderita kanker pankreas mungkin sensitif. Pasien mengklaim mereka memiliki peradangan dan mengembangkan gas tepat setelah makan. Orang-orang yang menderita kanker pangkreas tersebut mengatakan bahwa mereka memiliki selera makan yang berkurang.

5. Hilangnya Nafsu Makan

Banyak kondisi kesehatan dapat disertai oleh hilangnya nafsu makan. Ini termasuk kanker pankreas juga. Hal ini dapat menjadi virus atau masalah yang lebih serius seperti menjadi tumor. Diagnosis yang akurat dapat dilakukan hanya oleh dokter. Hilangnya nafsu makan juga mungkin berarti Anda memiliki masalah dengan kelenjar tiroid. Hati rusak dan ginjal juga dapat menjadi alasan mengapa hilangnya nafsu makan.

6 Tinja Berwarna Pucat

Warna tinja pucat juga merupakan salah tanda penyakit pankreas. Saluran dari hati ke usus akan mengering dan menyebabkan warna tinja menjadi pucat dan tidak berwarna kecoklatan seperti pada kondisi normal. Di samping itu, warna urin dapat berubah menjadi lebih gelap.

Itulah beberapa gejala yang dapat terjadi apabila kalian mengalami kanker pankreas.