7 Manfaat Menakjubkan Dari Mengkonsumsi Nasi

Makanan yang selalu kita makan sehari-hari ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan termasuk menyediakan energi yang cepat dan instan, mengatur dan memperbaiki pergerakan usus, menstabilkan kadar gula darah, dan memperlambat proses penuaan, serta mampu menyediakan sumber terbaik seperti vitamin B1 terhadap tubuh anda.

Beberapa manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari nasi dimulai dari meningkatkan kesehatan kulit, meningkatkan metabolisme, membantu pencernaan, mengurangi tekanan darah tinggi, membantu usaha anda dalam menurunkan berat badan, memperbaiki sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah anda terkena penyakit tertentu seperti disentri, kanker, dan penyakit jantung.

Selain dari manfaat-manfaat yang sudah disebutkan di atas, terdapat manfaat lainnya yang wajib untuk anda dapatkan setiap harinya, dan berikut adalah daftarnya.

Sumber Terbaik Dari Energi

Karena nasi sangat dipenuhi dengan karbohidrat, sehingga bisa digunakan sebagai bahan bakar untuk tubuh anda dan membantu fungsi otak yang normal. Karbohidrat merupakan makanan yang penting untuk dimetabolisme oleh tubuh dan mengubahnya menjadi energi yang bermanfaat. Vitamin, mineral dan berbagai komponen organik yang terdapat di dalamnya mampu meningkatkan fungsi dan aktivitas metabolisme untuk semua sistem organ anda.

Bebas Kolesterol

Mengkonsumsi nasi sangatlah penting untuk kesehatan anda secara keseluruhan, hal ini karena nasi tidak mengandung lemak, kolesterol, maupun sodium yang berbahaya. Makanan ini merupakan bagian penting dari pola makan yang seimbang. Makanan yang rendah lemak, kolesterol dan sodium akan membantu anda mengurangi obesitas dan kondisi kesehatan yang berkaitan dengan kelebihan berat badan.

Mengontrol Tekanan Darah

Nasi sangatlah rendah akan sodium, sehingga dianggap sebagai salah satu makanan terbaik bagi mereka yang tengah menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sodium dapat menyebabkan pembuluh darah atau arteri anda menyempit, sehingga dapat meningkatkan tekanan dan ketegangan terhadap sistem kardiovaskular saat tekanan darah anda meningkat. Kondisi ini juga telah dihubungkan dengan beberapa gangguan kesehatan jantung seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Mencegah Kanker

Jenis nasi tertentu seperti beras merah sangat kaya akan serat tak larut yang bisa melindungi anda dari berbagai macam jenis kanker. Banyak para peneliti dan ilmuwan percaya bahwa serat tak larut sangat penting dalam menjaga tubuh anda dari perkembangan sel kanker. Serat tersebut khususnya sangat bermanfaat dalam melindungi tubuh anda dari kanker kolorektal dan kanker usus.

Selain serat, beras merah juga mengandung antioksidan alami seperti vitamin C, vitamin A, senyawa fenolik dan flavonoid yang juga bertindak sebagai perangsang antioksidan yang bertugas menyingkirkan radikal bebas. Radikal bebas sendiri dikenal sebagai produk sampingan dari metabolisme sel yang dapat merusak sistem organ dan menyebabkan mutasi sel sehat menjadi kanker. Sehingga, dengan meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh anda merupakan keputusan yang bijak untuk dilakukan.

Perawatan Kulit

Para pakar medis mengatakan bahwa bubuk nasi dapat dioleskan ke atas kulit untuk mengobati penyakit tertentu. Di negara India sendiri, air beras sering digunakan sebagai salep untuk mendinginkan peradangan pada permukaan kulit. Senyawa fenolik yang ditemukan di dalamnya, terutama dalam beras merah dikenal memiliki sifat anti-radang sehingga dapat menenangkan iritasi dan kemerahan.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Beras merah dikenal mengandung kadar nutrisi tinggi yang dapat merangsang pertumbuhan dan aktivitas neurotransmitter, yang kemudian dikenal mampu mencegah penyakit alzheimer sampai batas tertentu. Berbagai macam jenis padi liar juga telah terbukti dapat merangsang enzim neuroprotektif di otak anda, dimana berfungsi sebagai penghambat efek radikal bebas dan racun berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan anda terkena demensia dan penyakit alzheimer.

Kaya Akan Vitamin

Nasi juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin dan mineral seperti niasin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, tiamin, dan riboflavin. Vitamin-vitamin tersebut menyediakan fondasi untuk metabolisme tubuh, sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan fungsi umum dari sistem organ anda.