Apa Betul Makan Buah Salak Susah BAB? Ini Penjelasannya

Snake fruit atau salak adalah buah yang populer di negara tropis. Di Indonesia, Banyak yang bilang, makan buah salak menyebabkan sembelit, alias susah buang air besar (BAB). Karena percaya mitos ini, akhirnya orang jadi ragu-ragu untuk makan salak. Padahal, salak mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan Anda.

Sejarah Singkat

Salak dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular. Daerah asal buah salak tidak jelas, diduga dari Thailand, Malaysia dan Indonesia. Tanaman ini banyak terdapat di Jawa bagian barat daya dan Sumatera Utara. Kemudian menyebar ke Mulucca, Papua New Guinea, Filipina, Queensland (Australia) dan Kepulauan Fiji.

Salak termasuk famili Palmae (palem-paleman),monokotil, daun-daunnya panjang dengan urat utama kuat seperti pada kelapa yang disebut lidi. Seluruh bagian daunnya berduri tajam Batangnya pendek, lama kelamaan meninggi sampai 3 m atau lebih, akhirnya roboh tidak mampu membawa beban mahkota daun terlalu berat (tidak sebanding dengan batangnya yang kecil). Buah salak dapat dimakan segar atau dibuat manisan dan asinan. Batangnya tidak dapat digunakan untuk bahan bangunan atau kayu bakar. Namun, tanaman salak baik untuk batas kebun sekaligus sebagai pengaman kebun. Daunnya rapat sekali dan berduri tajam.

Apakah Buah Salak Bikin Sembelit?

Makan buah salak bersama dengan kulit arinya sekalipun tidak menyebabkan sembelit atau gangguan pencernaan. Makan salak justru bisa melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan Anda. Jadi, jangan takut makan salak. Menurut ahli gizi dan olahraga Jansen Ongko, M.Sc., RD. Anda justru sebaiknya mengonsumsi salak bersama dengan kulit arinya. Pasalnya, baik daging dan kulit ari salak sama-sama mengandung nutrisi yang baik buat pencernaan.

Sembelit sendiri tidak disebabkan oleh konsumsi buah-buahan. Yang bisa menyebabkan sembelit antara lain susu dan produk olahannya, makanan yang tinggi lemak dan gula, kurang serat, kurang minum air, serta minuman beralkohol dan berkafein. Bukannya menyebabkan sembelit, salak justru baik untuk melancarkan pencernaan. Ini karena daging buah dan kulit air salak tinggi akan kandungan serat dan tanin.

Serat dari tumbuhan akan mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa, racun, dan kandungan lainnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh Anda. Jadi, salak justru bisa jadi penyelamat saat Anda mengalami sembelit. Kandungan tanin, yaitu senyawa polifenol dari tumbuhan, berfungsi sebagai antimikroba alami dalam usus. Inilah mengapa tanin bisa dimanfaatkan sebagai obat diare alami.

Buah Salak Banyak Mengadung Serat

Bukannya menyebabkan sembelit, salak justru baik untuk melancarkan pencernaan. Ini karena daging buah dan kulit air salak tinggi akan kandungan Serat dan Tanin. Serat dari tumbuhan akan mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa, racun dan kandungan lainnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh Anda. Jadi, salak justru bisa jadi penyelamat saat Anda mengalami sembelit. Kandungan Tanin, yaitu senyawa Polifenol dari tumbuhan, berfungsi sebagai Antimikroba alami dalam Usus. Inilah mengapa tanin bisa dimanfaatkan sebagai obat diare alami.

Selain tidak menyebabkan susah buang air besar, salak juga menyimpan segudang khasiat baik buat kesehatan Anda. Anda pun bisa makan buah salak dengan tenang sekarang. Yuk, simak berbagai manfaat salak berikut ini.

A. Sumber Antioksidan

Menurut berbagai penelitian, salak ternyata mengandung Antioksidan. Antioksidan berperan sangat penting dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan sel-sel dalam tubuh. Misalnya kanker, penyakit autoimun atau berbagai jenis infeksi. Antioksidan juga penting untuk memelihara kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, serta menjaga berbagai fungsi organ tubuh seperti jantung dan mata.

B. Kaya Zat Besi Dan Kalsium

Buah salak mengandung mineral penting seperti zat besi dan kalsium. Kedua mineral ini baik untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang, memperkuat otot dan sendi, mengatur kekentalan darah, serta meningkatkan fungsi saraf di seluruh tubuh.

C. Mengandung Vitamin C

Salak juga bisa menjadi sumber vitamin C alami. Tubuh Anda membutuhkan asupan vitamin C dari makanan dan minuman karena tubuh tidak bisa memproduksi sendiri jenis vitamin ini. Fungsinya adalah memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak. Vitamin C juga penting untuk memicu produksi kolagen, yaitu jenis protein yang menjaga kulit senantiasa kenyal dan lembut serta agar otot-otot Anda tetap lentur.

D. Membantu Progran Diet

Kandungan serat yang tinggi pada buah salak akan membantu Anda merasakan kenyang lebih lama, sehingga dapat menghindarkan Anda untuk makan porsi yang lebih besar. Buah salak baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

E. Baik Untuk Kesehatan Mata

Ternyata buah salak juga mengandung Betakaroten yang sangat baik untuk kesehatan mata Anda. Berdasarkan penelitian pada buah salak ternyata kandungan Betakarotennya lebih besar 5,5 kali lebih besar dari buah mangga dan 5 kali lebih besar dari buah semangka. Jadi untuk mempertajam penglihatan Anda tidak selalu harus mengkonsumsi jus wortel, dengan membuat jus salak pun merupakan alternatif lain untuk mata Anda.

Itulah sedikit ulasan tentang manfaat dan kandungan gizi pada buah salak untuk kesehatan tubuh kita. Semoga ulasan ini dapat memberi informasi dan manfaat untuk kita semua. Tetaplah menjaga kesehatan tubuh kita agar bisa beraktifitas dan terus berkarya.