Betulkah Makan Telur Bisa Bikin Bisulan? Ini Penjelasannya

“Tiada hari tanpa telor” mungkin itulah keseharian kebanyakan orang di Indonesia atau bahkan mungkin juga di seluruh belahan penjuru Dunia. Telor yang dimaksud disini, telur ayam tentunya. Sebagian besar makanan yang kita santap sehari-hari pun tidak terlepas dari bahan yang berasal dari telur ini dan telur sudah menjadi salah satu bahan makanan pokok yang pastinya selalu tersedia di setiap rumah. Selain dapat dikonsumsi dengan cara digoreng atau direbus, telur juga dapat dijadikan campuran dengan bahan masakan lainnya.

Selain mudah untuk dikonsumsi, seperti kita ketahui telur juga mengandung banyak zat gizi seperti protein, lemak dan berbagai vitamin yang menyehatkan bagi tubuh. Namun, meski menyehatkan, tidak sedikit mitos yang beredar di masyarakat menyebutkan bahwa terlalu banyak makan telur dapat menyebabkan bisulan. Benarkah hal ini? Mari kita ungkap kebenarannya disini, sebelum itu kita simak kandungan didalam telur.

Kandungan Yang Ada Dalam Telur

Telur merupakan makanan yang diperlukan tubuh, karena kandungan zat gizi didalamnya memiliki peran penting bagi tubuh. Telur memiliki kandungan protein, lemak dan berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Telur juga diperlukan untuk menjaga berbagai fungsi tubuh, mulai dari otak sampai pertumbuhan otot. Telur ayam merupakan alergen yang penting pada anak, terutama pada anak yang menderita Dermatitis Atopik (Eksema). Kuning telur dianggap kurang alergenik dibandingkan dengan putih telur.

Gejala yang timbul akibat alergi telur dapat berupa bengkak dan gatal di bibir maupun di lidah. Selain itu, juga menimbulkan muntah dan diare. Alergi makanan dapat melewati saluran cerna masuk ke dalam sirkulasi, selanjutnya mencetuskan reaksi pada organ lain. Tetapi Anda juga harus mengetahui kalau telur juga dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang paling sering menimbulkan alergi. Sama seperti susu sapi atau kambing, kacang-kacangan, ikan laut atau kedelai.

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Telur Antara Lain:

  • 165 kalori per 100 g
  • Protein 12,8 g
  • Lemak 11,5 g
  • Zat kapur (Ca) 54 mg
  • Zat besi 2,7 mg
  • Vitamin B1 0,1 mg
  • Zat besi 8 mg

Benarkah Telur Menyebabkan Bisul?

Makan telur sebabkan bisul ialah salah satu mitos jaman dahulu alias jadul. Hingga kini tetap banyak orang yang mempercayai hal tersebut apalagi para orang tua. Padahal hingga kini belum ada penelitian ataupun studi yang betul-betul membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi telur bisa memunculkan bisul di tubuh. Lalu gimana sebetulnya bisul tersebut bisa muncul?

Tidak adak kaitannya sama sekali antara makan telur dengan kulit yang berbisul. Pada sebagian orang bisul dapat terjadi setelah makan telur, tapi sebenarnya hal ini terjadi karena orang tersebut memiliki alergi terhadap telur atau kandungan didalam telur. Namun secara umum, makan telur tidak menyebabkan bisul. Jadi informasi yang banyak beredar bahwa telur bisa menyebabkan bisulan adalah MITOS!

Pakar kesehatan dr. Melyawati Hermawan, SpKK menjelaskan bahwa bisulan kerap kali disebabkan oleh kebiasaan kita yang kurang baik dalam menjaga kebersihan. Sebagai contoh, kita kerap anggap enteng duduk di tempat yang kotor dan saat kita merasa gatal, kita tidak segan-segan untuk menggaruk bagian kulit yang gatal ini hingga lecet. Bagian kulit yang lecet inilah yang akhirnya menjadi pintu masuk bagi bakteri-bakteri yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk bisul.

Lebih lanjut sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, diungkapkan bahwa orang yang alergi telur mempunyai gejala-gejala mual, sakit kepala dan timbul ruam-ruam kemerahan di kulit mereka, bukannya bisul seperti yang kita percayai selama ini. Bahkan hingga kini pun belum ada penelitian yang membuktikan adanya hubungan antara mengonsumsi telur dengan timbulnya bisul pada tubuh.

Bisul atau yang dalam dunia medis disebut dengan Furunkel sebenarnya merupakan sebuah penyakit yang timbul karena adanya infeksi pada kulit. Ciri-ciri bisul yang timbul di kulit kita ialah timbulnya benjolan berwarna kemerahan yang lalu membesar dan ada mata nanah berwarna putih di tengah-tengah. Bisul ini sering timbul di tempat yang berbulu misal pantat, ketiak, selangkangan, paha, bahu, tengkuk dan tempat lainnya. Bisul mungkin bisa meninggalkan bekas luka di kulit dab untuk menanggulangi bisul hanya bisa dengan pemberian obat.

Munculnya nanah ini diakibatkan karena adanya perlawanan yang dilakukan oleh sel darah putih dengan bakteri penyebab bisul. Bakteri penyebab bisul yang paling sering ditemukan adalah bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini umumnya ditemukan di kulit dan bagian dalam hidung. Selain itu, bisul juga dapat berkembang pada bagian kulit yang terluka atau terkena gigitan serangga, yang menjadi jalan masuk bagi bakteri.

Manfaat Telur Ayam:

  • Kesehatan Mata: Bagi Anda yang ingin menjaga Anda tetap sehat, maka sebaiknya Anda bisa memulai untuk mengonsumsi setiap hari. Karena kadungan karetoroid yang terdapat di dalam kandungan gizi telur ayam ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata.
  • Menjaga Kehamilan: Kandungan kolin yang terdapat dalam telur ayam juga memiliki manfaat untuk menjaga kondisi kehamilan seseorang. Diantaranya memberikan kontribusi untuk perkembangan otak janin, dan membantu mencegah cacat lahir. Maka sangat direkomendasikan bagi wanita hamil dan ibu menyusui untuk mengonsumsi telur ayam satu butir setiap hari.
  • Membantu Perkembangan Otak: Kuning telur merupakan salah satu sumber vitamin B-kompleks dan kolin yang sangat dikenal sebagai salah satu zat gizi yang dapat membantu fungsi sistem syaraf. Selain itu juga sangat bermanfaat untuk perkembangan otak pada janin ketika dikonsumsi wanita hamil.

Nah, setelah membaca penjelasannya, kini Anda sudah paham kan bahwa mengonsumsi telur dapat menyebabkan bisulan itu ternyata hanyalah mitos belaka. Tidak ada korelasi antara konsumsi telur dengan kemunculan bisul pada tubuh. Jadi, mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir dan takut lagi ya untuk mengonsumsi telur. Ingat, telur punya manfaat yang baik juga lho bagi kesehatan tubuh Anda