Gejala Penyakit Jari Kaki

 

Kebanyakan orang sering menderita sakit di jari kaki dan masalah kaki yang paling sering terjadi disebabkan oleh ukuran  sepatu yang tidak pas. Jari kaki paling rentan terhadap kerusakan karena adanya tekanan yang dikenakan oleh sepatu yang tidak pas.

Anda mungkin tidak dapat mencegah semua jenis penyakit terhadap jari kaki karena beberapa dari penyakit tersebut dikarenakan oleh sepatu yang tidak pas.  Contohnya saja seperti asam urat, itu adalah masalah kesehatan yang sangat sering mempengaruhi jempol kaki serta sendi lain dalam tubuh dan termasuk salah satu kondisi menyakitkan yang sering mempengaruhi banyak orang. Asam urat terjadi ketika tubuh tidak dapat membuang kelebihan asam urat melalui ginjal.

Ketidakmampuan tubuh untuk mengeluarkan asam urat dapat menghasilkan sesuatu yang disebut kristal urat. Kristal urat tersebut itupun dapat menyebabkan nyeri pada sendi. Jika Anda sedang mengalami sakit kaki yang disebabkan oleh asam urat, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah serangan tersebut, Anda dapat memperhatikan beberapa hal dibawah ini.

Memeriksa kadar asam urat

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah cek ke dokter untuk mengetahui kadar asam urat Anda. Tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat asam di dalam tubuh. Karena dokter pasti dapat memberikan Anda petunjuk untuk menurunkan kadar asam urat.

Selain itu, ada juga beberapa makanan dan minuman yang dapat menyebabkan asam urat. Maka dari itu Anda harus meninggalkan minuman yang mengandung alkohol. Mungkin hal itu sangat sulit dilakukan, apalagi jika Anda seseorang yang suka menikmati bir dan minuman beralkohol lainnya. Tetapi, alkohol yang terkandung di dalam suatu minuman sangat memungkinkan kalian terkena serangan asam urat. Maka dari Anda harus menahan diri untuk mengkonsumsi minuman tersebut.

Ketika Anda mau makan, ada beberapa makanan yang harus Anda hindari seperti daging, sarden, makanan berlemak, ragi dan kerang. Dokter menyarankan orang-orang yang menderita asam urat untuk meninggalkan makanan tersebut agar terhindar dari penyakit kaki.

Penyebab jari kaki sakit

Meskipun asam urat merupakan salah satu hal yang paling sering menyebabkan sakit kaki, tetapi sebenarnya itu bukanlah penyebab utamanya. Ada beberapa penyebab lain yang menyebabkan sakit terhadap kaki, seperti sering memakai sepatu yang tidak pas sehingga menyebabkan masalah kaki. Masalah itu sering disebut hammertoe, itu adalah lengkungan menyamping permanen yang terjadi pada sendi jari tengah terhadap kaki.

Ada lagi kondisi kaki yang disebut cakar kaki yang juga dapat menyebabkan banyak rasa sakit. Contohnya saja seperti ketika Anda tidak dapat meluruskan kaki dengan benar. Sebagai akibatnya, jari kaki sering mengalami sakit. Cakar kaki disebabkan oleh kerusakan saraf yang sebagian besar ditemukan pada individu yang menderita diabetes. Untuk mencegah atau meringankan sakit kaki yang disebabkan oleh kerusakan saraf, Anda harus memakai beberapa jenis sepatu khusus.

Patah tulang pada kaki juga dapat berpengaruh terhadap jari kaki. Anda dapat menyembuhkannya dengan obat-obatan yang sederhana. Tetapi jika serius maka operasi adalah cara yang tepat untuk memperbaikinya.

Kuku kaki yang tumbuh ke dalam dapat juga menyebabkan jari kaki sakit. Itu adalah suatu kondisi di mana kulit sekitar kuku mencakup sebagian dari kuku. Jika tidak diobati, itu bisa menyebabkan infeksi dan mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Sebaiknya kuku kaki tidak boleh tumbuh sekitaran kulit kuku karena apabila tumbuh di antara kuku sekitaran kulit dapat mengakibatkan luka dan infeksi, infeksi tersebut dapat menyebar ke tulang kaki sehingga akan menyebabkan masalah yang lebih serius. Agar tidak terjadi masalah seperti itu, Anda dapat melakukan beberapa cara sebagai berikut:

  1.  Teraturlah mencuci kaki dengan sabun dan mengeringkannya. Kenakan alas kaki di area dan ganti secara teratur serta jaga kebersihan alas kaki, termasuk kaos kaki.
  2. Jangan potong kuku terlalu pendek. Potonglah kuku dengan lurus, jangan membentuk kurva pada kedua tepi, apalagi sampai terlampau pendek.
  3. Gunakanlah sepatu apabila melakukan pekerjaan atau kegiatan yang memiliki resiko tinggi, seperti masuknya pasir, tanah atau lumpur ke kuku.
  4. Sebagai salah satu bagian tubuh yang paling nampak, ada baiknya Anda menyediakan waktu tersendiri untuk merawat kebersihan dan kesehatan kuku. Selain mempercantik diri, perawatan ini juga berguna untuk melindungi diri dari risiko penyakit kuku.
  5. Makanlah makanan yang mengandung nutrisi untuk kuku, yaitu makanan yang mengandung kalsium, seperti; sayur-sayuran, ikan-ikanan, susu dan kacang kedelai.