Inilah Manfaat Makan Dengan Tangan

Di era serba modern ini, umumnya orang-orang menganggap makan dengan menggunakan tangan dikatakan kurang bersih. Apalagi jika berada disituasi resmi seperti acara-acara pesta pernikahan atau sejenisnya, maka sudah pasti mereka akan menjadi pusat perhatian, bahkan tidak sedikit dari mereka mengatakannya kampungan atau kurang gaul. Padahal makan dengan menggunakan tangan lebih sehat dibanding dengan harus menggunakan sendok atau garpu. Ini telah dibuktikan lewat penemuan oleh para ahli dibidang kedokteran

Selain itu, makan dengan tangan juga dapat mencairkan suasana bersantap karena lebih merakyat. Inilah salah satu alasan mengapa banyak restoran di negara-negara Barat mulai mempromosikan makan dengan tangan. Meskipun beberapa orang menganggap makan dengan tangan tidak higienis dan hal yang jorok, kenyataannya makan dengan tangan memberi kesan santai dan kenikmatan tersendiri.

Makan melibatkan semua indera manusia ( penglihatan, penciuman, pendengaran, perasa dan peraba) yang dapat membuat aktivitas makan semakin memuaskan. Makan dengan menggunakan tangan akan menambah koneksi taktil antara makanan dengan tubuh, pikiran dan jiwa Anda sehingga dapat menambah kenikmatan makanan.

Alasan Makan Menggunakan Tangan

Makan menggunakan tangan ternyata lebih bermanfaat dari segi medis daripada sendok. Mengapa demikian? Tangan kita mengandung enzim yang disebut RNase yang bertugas menghambat perkembangan bakteri dalam makanan. Saat makan dengan tangan, enzim tersebut bercampur dengan makanan yang masuk ke mulut kita sehingga makanan tersebut bersih dari kuman penyakit. Berbeda dengan sendok yang terbuat dari logam. Meskipun bersih, belum tentu dapat meminimalkan bakteri dalam makanan.

Enzim RNase ini juga berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh kita terhadap serangan bakteri patogen. Saat tangan kita kotor, enzim tersebut banyak dikeluarkan untuk mengurangi aktivitas bakteri, begitu pula saat kita makan. Enzim RNase ini akan terus diproduksi selama kita mengambil makanan dan masuk ke dalam tubuh sehingga kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Enzim RNase ini lebih banyak diproduksi di tangan kanan, utamanya jari tengah, telunjuk dan ibu jari.

Sendok yang digunakan untuk makan memang terlihat lebih bersih. Namun, benarkah faktanya demikian? Sebenarnya kuman ada di udara terbuka. Jika ingin sendok yang digunakan bebas dari kuman, maka kita harus meletakkannya di tempat yang steril dengan proses pencucian steril pula. Nah, apa mungkin rumah selalu dalam keadaan steril? Artinya, sendok yang kita gunakan untuk makan pun mengandung banyak bakteri karena terkontaminasi dengan udara luar.

Selain bakteri, bisa saja alat yang kita gunakan berkarat. Sendok yang berkarat lebih berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit tetanus. Lebih menakutkan, bukan? Apalagi sendok yang kita pakai terletak di tempatnya selama berhari-hari tanpa dicuci kembali. Berarti, sudah banyak bakteri yang menghuni. Padahal sendok tidak dapat mengeluarkan enzim RNase yang dapat mengurangi jumlah bakteri beserta aktivitasnya.

Manfaat Makan Dengan Tangan

Berikut adalah beberapa manfaat makan dengan tangan secara langsung:

1. Meningkatkan Kinerja Sistem Pencernaan

Hal ini mungkin terdengar aneh, namun penelitian dalam ilmu kedokteran membuktikan bahwa, makan dengan jari-jari tangan bisa meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Ketika Anda mencuci tangan dengan sabun, semua bakteri jahat akan hilang, sedangkan bakteri baik tetap ada di tangan, yang bisa sangat sehat untuk usus Anda.

Selain itu, makan dengan jari-jari tangan bisa mengirimkan sinyal ke otak mengenai makanan yang Anda makan, apakah itu padat atau lembut, panas atau dingin, sehingga bisa lebih mempersiapkan sistem pencernaan untuk mencerna makanan tersebut.

2. Mencegah Makan Terlalu Banyak

Mereka yang makan dengan jari tangan memiliki berat badan yang ideal karena mereka tidak makan terlalu banyak. Makan dengan menggunakan jari tangan sangat baik untuk dilakukan, terutama oleh anak-anak, karena orang-orang yang makan sambil melakukan sesuatu yang lain, seperti menonton TV, akan makan lebih banyak daripada mereka yang fokus makan.

Sewaktu Anda makan menggunakan jari-jari tangan, tentu Anda tak dapat melakukan aktifitas lain karena tangan Anda tidak bersih karena sibuk mengambil makanan. Oleh karena itu, Anda hanya akan terfokus pada aktifitas makan dan Anda akan tahu berapa banyak makanan yang Anda makan dan kapan saatnya untuk berhenti.

3. Sebagai Proses Sensorik

Makan adalah aktivitas indera yang bisa membangkitkan emosi dan gairah. Ditinjau dari sudut pandang meditasi, setiap jari tangan merupakan perwakilan dari lima elemen meditasi. Secara detailnya:

  • Ibu Jari berhubungan dengan ruang kosong.
  • Jari Telunjuk berhubungan dengan udara.
  • Jari Tengah berhubungan dengan api.
  • Jari Manis berhubungan dengan air.
  • Jari Kelingking berhubungan dengan bumi.

Bila kita menikmati makan dengan tangan, maka keseluruhan proses akan merangsang kelima elemen tersebut sehingga dapat membantu memberi energi pada makanan yang akan dimakan. Hal ini penting untuk menjaga agar semua elemen tetap seimbang dan tetap sehat. Selain itu, indra peraba, penciuman, pendengaran, penglihatan dan perasa menjadi lebih aktif. Stimulasi kelima indera membuat kita lebih sadar akan rasa, tekstur dan aroma makanan.

4. Lebih Higienis

Meskipun ada orang-orang tertentu yang menganggap bahwa makan dengan tangan adalah kebiasaan yang jorok dan tidak higienis, kenyataannya justru sebaliknya. Orang yang terbiasa makan dengan tangan mereka akan selalu mencuci tangan sebelum menikmati makanan. Secara langsung pun kita akan lebih mudah mengetahui kualitas kehigienisan tangan kita dibanding peralatan makan seperti sendok dan garpu yang akan kita pakai. Apalagi kita tidak tahu bagaimana sendok-sendok tersebut dicuci. Selain itu, kita akan lebih memperhatikan kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan beberapa kali dalam sehari. Kebersihan tangan ini jika dipraktikkan secara rutin akan membasmi bakteri jahat yang ada di tangan. Tapi lain halnya dengan sendok, garpu dan peralatan lainnya, yang seringkali dicuci dengan cepat dan tidak selalu dibersihkan dengan seksama.

Tips Tambahan

Berikut tips tambahan untuk Anda supaya manfaat makan dengan tangan lebih dirasakan, yaitu:

  • Sebelum dan sesudah makan, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan saksama dengan sabun cuci tangan.
  • Potong makanan yang besar sesuai dengan kebutuhan, sehingga Anda bisa mengambil makanan dengan mudah dengan tangan Anda.
  • Saat makan dengan tangan, hindari duduk membungkuk. Usahakan untuk duduk tegak dan jangan sampai siku Anda di atas meja.
  • Saat makan dengan tangan, ambillah porsi makan secukupnya untuk menghindari kelebihan makan.

Demikianlah manfaat makan dengan tangan yang tidak banyak diketahui. Semoga pembaca dapat menerapkan makan dengan tangan dalam kehidupan sehari-hari dan mulai merasakan manfaat makan dengan tangan ini dan hidup dengan lebih sehat.