Ketombe, Penyebab Dan Gejala Serta Cara Mengatasinya

Salah satu masalah pada rambut yang sangat menyebalkan adalah ketombe. Selain terlihat jorok, terkadang kerap sekali membuat jengkel, terlebih lagi jika ketombe sampai bertebaran dibahu tentu akan membuat anda semakin geram. Ketombe yang sangat parah pasti sampai bertebaran dibaju anda yang membuat anda tampil tidak percaya diri.

Pada umumnya ketombe disebabkan karena serangan jamur yang tumbuh subur dikulit kepala anda. Mungkin anda pernah melakukan cara untuk menghilangkan ketombe dengan menggunakan shampo anti ketombe namun ketombe tetap tak hilang bahkan cenderung lebih parah. Apa sebenarnya penyebab ketombe pada kulit kepala seseorang?

Penyebab Munculnya Ketombe

Tubuh secara teratur akan merontokkan sel kulit mati setelah membentuk sel kulit baru. Yang menjadi masalah adalah sel-sel kulit yang tumbuh dan mati dengan terlalu cepat. Kematian sel kulit yang lebih cepat akhirnya menyebabkan munculnya ketombe. Penyebab percepatan pertumbuhan dan juga kematian sel kulit ini masih belum diketahui.

Penelitian yang dilakukan oleh Jiao Tong University kepada 59 partisipan berusia antara 18 hingga 60 mengungkapkan, bahwa keberadaan jamur pada kulit kepala adalah penyebab yang paling sering menimbulkan ketombe pada permukaan kulit kepala. Dalam melindungi kulit dari bakteri dan melembapkan kulit, kelenjar keringat memproduksi keringat atau yang dikenal dengan sebutan Sebum. Namun ternyata, jamur yang berada pada kulit kepala manusia yang bernama Malassezia adalah tipikal jamur yang memakan substansi lemak yang terkandung dalam sebum.

Malassezia yang memakan sebum lalu menghasilkan sisa pencernaan berupa asam lemak yang justru dapat membuat kulit kepala iritasi hingga akhirnya menghambat metabolisme dan pertumbuhan sel kulit kepala yang baru. Pertumbuhan sel kulit kepala yang terganggu akan menimbulkan pengelupasan kulit kepala, yang ditandai dengan serpihan kulit mati berwarna putih yang gatal. Ketombe bahkan bisa menyebabkan infeksi yang bisa sangat berbahaya bagi kulit, rambut dan akhirnya ke seluruh tubuh manusia. Sebagian besar efek samping dari meluruhnya kulit mati di kepala ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan masalah serius. Berikut ini merupakan beberapa penyebab ketombe pada kulit kepala, diantaranya yaitu :

1. Faktor Jenis Kulit Kepala

Setiap orang memiliki jenis kulit kepala yang berbeda-beda, sehingga cara mengatasinya pun berbeda. Untuk itu, sangat disarankan mengkonsultasikan dan memeriksakan kulit kepala anda sehingga dapat diketahui bagaimana cara yang baik untuk mengatasinya.

2. Mengalami Kepanasan Pada Kulit Kepala

Kulit kepala yang mengalami kepanasan dapat memicu timbulnya ketombe, ini dapat disebabkan rambut terlalu lama kepanasan dibawah terik matahari, penggunaan hair dryer yang keseringan setiap setelah mandi dan juga dapat disebabkan oleh penggunaan penutup kepala dalam keadaan rambut yang masih basah. Maka saat menggunakan penutup kepala seperti kerudung, topi, helm tunggulah sampai rambut anda kering dengan sendirinya untuk mencegah pertumbuhan ketombe.

3. Usia

Jika anda berusia antara 15 sampai 35 tahun, jangan heran jika anda lebih sering ketombean. Penyebab ketombe ini didukung oleh suatu penelitian mengungkapkan bahwa produksi sebum mengalami peningkatan pada usia 15 hingga 35 tahun. Meningkatnya sebum tentu akan meningkatkan keberadaan asam lemak pada permukaan kulit kepala.

4. Jarang Keramas

Jarang keramas pun bisa menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe. Pasalnya, saat anda tidak keramas dalam waktu yang lama kulit kepala akan berminyak dan sel-sel kulit dari kepala anda akan muncul jamur yang menyebabkan timbulnya ketombe.

5. Sensitif Terhadap Produk Perawatan Rambut

Tidak semua orang cocok dengan produk rambut tertentu. Setiap kepala mempunyai tipe kulit kepala dan rambut yang berbeda. Nah, terkadang seseorang memiliki kepekaan terhadap bahan atau produk tertentu dari perawatan rambut, misalnya seperti pewarna rambut. Khususnya Paraphenylenediamine yang dapat menyebabkan kulit kepala merah, gatal dan bersisik. Selain itu, terlalu sering keramas dan menggunakan produk styling pun dapat membuat kulit kepala iritasi yang menimbulkan ketombe.

6. Faktor Makanan

Faktor makanan pun dapat menyebabkan timbulnya masalah si putih ini, ini dikarenakan jika kekurangan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi dan vitamin B dapat beresiko mengalami masalah si putih.

7. Stres

Seseorang yang sering mengalami stres tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan seseorang, tetapi juga sangat rentan memiliki masalah ketombe. Hal ini dkarenakan adanya perubahan hormon di dalam tubuh, sehingga mengakibatkan perubahan pada kondisi kulit kepala anda.

Berikut Ini Efek Buruk Yang Disebabkan Ketombe Berlebihan

  • Infeksi Mata

Penelitian yang diterbitkan dalam The Indian Journal of Dermatology, Blepharitis adalah infeksi mata yang sering disebabkan oleh ketombe. Infeksi ini ditandai dengan mata merah, muncul rasa gatal dan iritasi pada kelopak mata. Selain itu muncul seperti serpihan kulit kepala yang mati pada bulu mata.

  • Asma Dan Infeksi Paru-Paru

Asma salah satu efek samping dari ketombe. Saat kulit-kluit mati itu berjatuhan ke bahu dan sering kali mungkin anda akan menghirup secara tidak sengaja sehingga menyebabkan infeksi paru–paru.

  • Rambut Rontok

Ketombe akan menghancurkan bahan-bahan alami dari kulit kepala, sehingga rambut menjadi rontok. Anda harus siap menghadapi risiko rambut rambut rontok saat terjebak dalam serangan penyakit ini di rambut. Meskipun produsen minyak rambut mengklaim berhasil mengatasi keringnya kulit kepala, tetapi tetap saja ketombe tidak bisa tersingkir dari rambut selamanya.

Gejala Ketombe

Pada umunya gejala ketombe mudah dilihat yaitu serbuk putih, serpihan kulit mati pada kepala yang berminyak berupa titik-titik pada rambut dan pundak dan terasa gatal. Jenis ketombe yang disebut Cradle Cap dapat terkena pada bayi. Penyakit ini, yang menyebabkan kerontokan kulit kepala, adalah yang paling umum terjadi pada bayi yang baru lahir, tetapi dapat terjadi setiap waktu sampai pada masa kanak-kanak. Meskipun menjadi peringatan bagi orang tua, cradle cap tidak berbahaya dan biasanya hilang seiring dengan waktu. Ketombe memiliki gejala seperti berikut ini

1. Adanya Serpihan

Inilah tanda yang paling mudah dilihat dan paling memalukan. serpihan tersebut adalah tanda bahwa kulit di kepala anda rontok dan waktu pergantian sel-sel pada kulit kepala menjadi lebih cepat. Serpihan-serpihan atau sisik berwarna putih dengan berbagai ukuran dan bentuk yang terdapat di kulit kepala, rambut, dapat juga melekat pada baju berwarna hitam favorit anda. Pergantian sel kulit kepala biasanya tidak terdeteksi oleh mata. Namun dengan dipercepatnye proses pergantian ini, menyebabkan timbul ketombe. Jadi, setiap butir serpihan atau sisik yang anda lihat sebetulnya adalah kumpulan dari sejumlah sel sel kulit kepala yang mati.

2. Gatal

Satu tanda lagi bahwa anda ber ketombe adalah gatal pada kulit kepala. Gatal tersebut terjadi karena timbul peradangan pada kulit kepala yang disebabkan oleh jamur P.Ovale. Jamur inilah yang menyebabkan timbulnya ketombe dan gatal pada kulit kepala.

3. Kemerahan

Tanda ketiga dari ketombe dikenal dengan seborrhea. Dalam kondisi ini, terlihat kemerahan di sekitar kulit kepala. Dapat juga terlihat di sekitar alis mata, pipi, belakang telinga atau bagian dada.

Cara Mengatasi Ketombe

Ketombe dapat dihilangkan dengan beberapa cara, baik secara medikamentosa, non-medikamentosa dan juga secara tradisional. Berikut ini ada beberapa obat ketombe alami yang biasa digunakan, bahkan bahan-bahan berikut ini juga dapat menghilangkan gatal di kepala, menyehatkan rambut, menghitamkan rambut dan menghaluskan rambut. Lantas, bahan-bahan alami apa saja yang dapat membantu mengatasi ketombe? simak ulasan dibawah ini:

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat mudah kita beli pada minimarket terdekat. Cara pengggunaanya juga sangat mudah. oleskan minyak zaitun pada rambut, usahakan untuk mengenai kulit kepala. Karena memang dibagian inilah yang bermasalah. Jangan lupa berikan pijatan lembut agar mudah meresap. DIamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih seperti biasnya. Untuk lebih mudahnya lakukan 30 menit sebelum mandi.

2. Gunakan Cuka Untuk Obat Ketombe

Gunakan cuka apel sebagai obat ketombe ampuh.Caranya gunakan cuka apel denagn air bersih takarannya sama. Oleskan air campuran cuka apel pada kulit kepala secara merata. Diamkan selama beberapa menit kemudian cuci sampai bersih. Selain bisa menghilangkan ketombe cuka apel juga bisa menghilangkan gatal-gatal pada kulit kepala.

3. Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya adalah tanaman yang memliki segudang manfaat seperti menghilangkan jerawat dan mengatasi ketombe pada kulit kepala. Aloe vera dapat mengangkat sel kulit kepala yang telah mati dan juga dapat membunuh jamur yang mungkin bersarang pada kulit kepala anda. Selain itu, gel lidah buaya memiliki efek dingin yang dapat meredakan gatal dan peradangan pada kulit kepala.

4. Kuning Telur

Biasanya, bagian telur yang paling banyak dimanfaatkan untuk kesehatan adalah bagian putih telurnya. Hal tersebut tidaklah mengejutkan karena putih telur mengandung banyak protein yang mampu menunjang kesehatan, terutama kesehatan kulit. Atas alasan itulah, putih telur banyak digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat. Namun, ternyata bagian kuning telur-nya juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatanmu lho, terutama untuk menghilangkan ketombe. Ya, kuning telur mengandung biotin yang akan sangat bermanfaat untuk mengatasi ketombe dan memberikan nutrisi bagi rambutmu.

5. Minyak Bayi

Minyak bayi atau yang biasa disebut minyak telon ini memang memiliki fungsi utama untuk menghangatkan tubuh bayi. Namun, minyak bayi ini ternyata juga sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe membandel di kulit kepala. Hal ini dikarenakan minyak bayi tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh jamur untuk tumbuh. Justru, minyak bayi ini akan membasmi jamur dan mencegah timbulnya ketombe di kemudian hari.

6. Daun Pandan

Daun pandan biasanya digunakan untuk pewarna hijau alami atau untuk menyedapkan makanan. Namun kali ini kita akan menggunakan daun pandan untuk mengatasi ketombe secara alami. Haluskan daun panda, jika perlu kita bisa tumbuk hingga halus. Jangan menggunakan blender, cukup dengan ditumbuk. kemudian tambahkan sedikit air hangat dan bilas kepala dengan perasan daun pandan ini.

7. Kangkung

Kangkung merupakan salah satu bahan makanan yang biasa dimanfaatkan untuk memasak. Namun ternyata kangkung juga bisa dimanfaatkan untuk membuat obat ketombe. Rebus daun kangkung dengan 2 gelas air, gunakan air rebusan ini untuk mencuci rambut dan kepala.

Beberapa cara dan tips menghilangkan ketombe secara alami telah dijelaskan di atas. Jagalah kulit kepala dan rambut Anda selalu dalam kondisi sehat dan semoga rambut Anda bebas dari ketombe yang membandel. Berdasarkan uraian-uraian yang ada di atas tadi, sedikit banyak kita telah mengetahui mengapa ketombe bisa tumbuh, bisa mengganggu kita. Dan apa yang menjadi penyebab utama timbulnya ketombe. Jadi ketombe adalah sel-sel kulit mati yang tumbuh di permukaan kulit kepala.