Kutil, Penyebab Dan Jenis Serta Pengobatan

Mendengar nama kutil, mungkin sudah cukup familiar dengan nama penyakit ini. Tetapi apakah anda mengerti jenis penyakit apakah ini? Jika belum, maka anda di tempat yang tepat untuk menemukan jawabannya, Anda dapat menemukan informasi terkait tentang kutil di sini. Simak ulasan berikut ini

Penyebab Kutil

Kutil (Veruka) atau istilah medisnya Papilloma yaitu sejenis tumor kecil yang terinfeksi oleh Human Papilloma Virus (HPV) di bagian lapisan atas kulit atau selaput lender yang bisa menyerang berbagai kulit seperti kulit kaki, kulit tangan, kulit siku, jari, lutut dan bahkan kulit wajah dan alat kelamin. Penyakit yang timbul dibagian kulit dengan munculnya benjolan kecil seperti terdapat rongga akar didalamnya ini, adalah sebuah penyakit kulit yang mengganggu. Bukan karena tingkat kesakitannya yang besar yang dapat dirasakan oleh si penderita, karena pada dasarnya gangguan kulit yang satu ini tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebihan seperti pada penyakit kulit lainnnya.

Penularan kutil cukup mengkhawatirkan karena penyebarannya dapat berasal dari orang ke orang lain melalui kontak mulut, melalui hubungan intim, melalui benda yang dipakai penderita kutil. Kutil biasanya muncul karena kulit yang terkelupas dan tersentuh oleh seseorang termasuk Anda sendiir. Munculnya kutil juga dapat disebabkan oleh berbagi barang-barang perawatan pribadi seperti pisau cukur, gunting kuku, handuk dan sejenisnya. Anak-anak dan remaja paling umum terserang oleh kutil. Tapi orang dewasa pun memiliki risiko yang sama, sebab jika sistem kekebalan tubuh melemah, maka tubuh tidak bisa melawan virus yang menyebabkan kutil.

Human papillomavirus yang menyebabkan kutil, tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab. Banyak orang terinfeksi kutil penyebab HPV di daerah kolam renang, kamar mandi umum, dan kamar ganti. Namun, sekali Anda terinfeksi dengan human papillomavirus, tidak berarti akan segera tumbuh kutil. Ada juga kasus di mana kutil tidak tumbuh sama sekali, terutama karena orang tidak rentan terhadap kutil. Kutil yang paling umum terdapat di antara:

Ada lebih dari 1.000 jenis Papilloma virus, dan sebenarnya Papilloma Human Virus ini bisa menyerang seluruh bagian tubuh manusia, Kulit, rongga mulut, anus dan alat genital. Virus tersebut merupakan virus yang menjadi penyebab kanker serviks (leher rahim) pada wanita, namun tidak termasuk kategori kanker. Virus tersebut menyebabkan timbulnya keratin yaitu semacam protein keras pada lapisan epidermis (lapisan atas kulit) yang pertumbuhannya sangat cepat. Sebab lain adalah berasal dari kontak langsung dengan penderita kutil melalui fisik atau benda-benda yang digunakan penderita.

Penyakit kutil bisa menular kepada orang lain melalui kontak fisik sebabkan oleh virus,. Meskipun penyebab kutil adalah virus yang boleh dikatakan cukup ganas, namun ada beberapa orang yang secara alamiah kebal terhadap penyakit kutil sehingga meskipun melakukan kontak fisik, dia tidak tertular kutil dari penderita. Beberapa kutil tidak menimbulkan nyeri, sedangkan kutil yang lainnya menyebabkan nyeri karena mengiritasi saraf. Ukuran dan bentuk kutil tergantung kepada virus penyebabnya dan lokasinya di tubuh. Beberapa kutil tumbuh sendiri dan terpisah, kutil lainnya tumbuh bersama-sama dan membentuk kelompok kutil (kutil mosaik)

Macam – Macam Kutil

Kutil juga memiliki macam-macam yang sering dialami oleh banyak orang. Berikut ini adalah macam-macamnya;

  • Veruka Vulgaris

Kutil yang biasa disebut veruka vulgaris, memiliki ciri-ciri memiliki permukaan yang kasar, bentuknya bundar atau tidak beraturan, berwarna keabuan, kuning atau coklat dan biasanya memiliki garis tengah kurang dari 1 cm. veruka vulgaris tumbuh di bagian tubuh yang sering mengalami cedera, seperti jari tangan, lutut, wajah, di sekitar kuku( disebut kutil periungual) dan kulit kepala. Kutil ini bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya tetapi tidak pernah berubah menjadi keganasan. Berbeda dengan kapalan,

  • Verrucas

Muncul pada tumit, jari kaki dan terkadang di telapak kaki. Jenis kutil yang satu ini menyakitkan serta umumnya tumbuh pada bagian dalam kulit disebabkan oleh tekanan telapak kaki. Ciri khas dari kutil Verrucas ini yaitu mempunyai titik hitam pada tengah dan daerah putih pada sekitar kutilnya, sifatnya mengeras

  • Plane Warts

Kutil jenis ini biasanya berbentuk bulat, datar, mulus dan umumnya berwarna kekuningan, kecoklatan atau menyesuaikan warna kulit penderitanya. Lebih umum biasanya terjadi pada anak-anak dan ditemukan pada tangan, kaki serta wajah.

  • Filiform Warts

Ciri-ciri kutil jenis ini memiliki bentuk panjang dan biasanya ditemukan pada kelopak mata, leher dan ketiak.

Sebagian besar kutil memang tidak membutuhkan perawatan medis secara khusus, karena kebanyakan kutil bisa hilang dengan sendirinya. Namun demikian, jika ternyata kutil tersebut menimbulkan rasa nyeri, mudah berdarah, mengubah penampilan, menyebar ke daerah lain atau tumbuh kembali setelah hilang, maka sebaiknya anda segera memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang tepat.

Gejala-Gejala Kutil

Sama halnya dengan penyakit lainnya yang menyerang tubuh, sebuah penyakit akan timbul dan menyerang dengan munculnya tanda-tanda sebelum penyakit tersebut berubah menjadi penyakit berbahaya yang harus segera mendapatkan pertolongan. Begitu pula halnya dengan kutil, gejala yang akan timbul saat terkenal kutil pada kulit dapat dideteksi seperti terdapat bintik kecil pada bagian tubuh yang keras dan berakar dan secara periodik akan membesar jika tanpa pengobatan. Gejala lain yang muncul adalah terasa nyeri jika tumbuh membesar serta dapat mengeluarkan darah meskipun tidak terasa sakit jika disentuh. Lalu, dampak lain terasa sakit karena dalam lapisan kulit mengandung bakteri, jamur dan berbagai kuman.

Diameter kutil umumya bisa berkisar antara 0,1 sampai dengan 1 sentimeter dan terletak pada bagian-bagian tubuh tertentu seperti halnya kaki, jari, wajah dan juga bagian tangan. Ada kutil yang menimbulkan perasaan sakit dan adapula kutil yang tidak menimbulkan perasaan sakit yang berlebihan. Kutil merupakan sebuah kondisi gangguan kulit yang tidak bersifat kanker dan mudah dikenali hanya dengan melihatnya secara langsung. Hal tersebut dikarenakan tampilannya yang khas. Dengan demikian akan cukup mudah untuk seseorang mengenali timbulnya kutil pada bagian kulitnya.

Pengobatan Kutil

Pengobatan kutil bisa dilakukan melalui pengobatan secara medis ataupun secara tradisional dengan bahan-bahan alami. Perawatan atau pengobatan kutil secara medis mungkin akan membutuhkan biaya yang cukup banyak. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana menghilangkan kutil secara medis dan tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami. Pengobatan kutil secara tradisional bisa dibilang sangat murah dan aman serta tidak beresiko.

Cara Menghilangkan Kutil secara Medis

  • Bedah Laser untuk Menghilangkan Kutil

Salah satu metode yang digunakan untuk menghilangkan kutil adalah dengan bedah laser. Memang metode ini termasuk jenis metode yang mahal harganya untuk dilakukan. Prosedur yang dipakai untuk menghilangkan kutil adalah dengan energi laser. Metode ini merupakan metode akhir yang dapat anda pilih apabila metode yang lainnya tidak berhasil. Biasanya menghilangkan kutil yang menggunakan bedah laser adalah untuk kutil yang tumbuh di area kulit yang cukup terpencil. Tentunya bedah laser memiliki efek samping, adapun efek samping yang akan dirasakan yakni rasa nyeri dan iritasi hingga beberapa minggu.

  • Bedah Listrik untuk Menghilangkan Kutil

Selain bedah laser, juga ada bedah listrik. Prosedur bedah listrik dikombinasikan bersama eksisi. Sesudah eksisi memotong daerah permukaan kutil, sisa jaringan kutil akan dibakar menggunakan kawat panas. Kawat tersebut dialiri oleh listrik, prosedur ini umumnya digunakan untuk menghilangkan kutil pada daerah anus dan vulva.

Cara Menghilangkan Kutil dengan Obat Alami

  • Cuka Apel

Cuka apel mengandung zat dan bahan yang cukup efektif untuk mengatasi dan menghilangkan kutil. Caranya juga cukup mudah, teteskan cuka apel pada kapas lalu sempelkan pada kulit layaknya mengobati luka. Biar tidak mudah lepas, rekatkan dengan menggunakan isolasi biar kandungan cuka apel bekerja secara efektif. Ganti kapas yang diolesi cuka apel jika kapas lama telah mongering. Lakukan berulang hingga beberapa hari sampai kulil hilang dengan sendirinya.

  • Bawang putih

Bawang putih yang merupakan bahan bumbu masakan telah dipercaya berkhasiat dalam menghilangkan kutil, bisul dan lain sebagainya. Cara penggunaanya adalah ambil beberapa siung bawang putih, iris kecil-kecil, lalu ditumbuk hingga halus. Setelah itu dioleskan pada kutil dan dibalut perban. Lakukan cara ini secara rutin hingga kutil menghilang.

  • Kapur Sirih

Kapur sirih juga cukup ampuh untuk menghilangkan kutil secara alami. Caranya, campurkan kapur sirih dengan deterjen dan oleskan pada kulit. Biarkan beberapa jam hingga mengering lalu ulangi lagi hingga beberapa hari sampai kutil terkelupas dari jaringan kulit.

  • Kulit pisang

Kulit pisang bagian dalam ternyata juga memiliki khasiat untuk mengatasi kutil. Caranya, kerok kulit pisang bagian dalam dengan sendok lalu lembutkan hingga seperti bubur. Setelah itu oleskan pada kutil dan biarkan hingga mengering. Lakukan secara berulang cara menghilangkan kutil ini selama beberapa hari hingga kutil lenyap dengan sendirinya.

  • Bawang Merah

Bumbu yang biasa dijadikan sebagai bahan memasak ini mengandung zat yang bisa membunuh dan mencegah kembalinya kuman atau virus yang menyebabkan kutil. Cara menghilangkan kutil dengan menggunakan bawang merah sangat mudah, iris bawang merah kemudian tempelkan pada bagian yang terdapat kutilnya. Anda juga bisa menghaluskan bawang merah terlebih dahulu kemudian ditempelkan pada kutil. Untuk mempermudahkan anda perlu menutupinya dengan kain kemudian di plester.

Tips Penderita Kutil

Bagi para penderita kutil baik yang masih terlihat kecil maupun menjadi semakin membesar tetap perlu menghindari faktor pemicu adanya virus atau munculnya kutil di bagian tubuh. Bagi anda yang sering saling kontak dengan orang lain dengan tidak memakai pakaian yang sudah digunakan orang lain sebab pakaian tersebut adalah sumber penyebaran virus HPV.

Kemudian tidak sembarangan mandi di WC Umum atau sungai, tidak sembarangan menggunakan sabun mandi dan utamanya memperhatikan perawatan yang berbahan alami. Kutil juga tumbuh pada area kelamin, maka sangat dianjurkan untuk menghindari hubungan intim (seks bebas).

Hal yang paling utama selain pantangan diatas adalah dengan memperhatikan lingkungan yang sehat dan bersih, dengan kata lain mengupayakan tidak timbulnya virus HPV sebagai penyebab penyakit kutil. Selain itu, karena kutil menimbulkan gatal maka dianjurkan tidak menggaruknya agar tidak terjadi peradangan dan penularan.

Gangguan kulit berupa kutil ini jangan dianggap remeh. Walaupun kecil tapi bisa menyebar dan mengganggu jaringan pada kulit. Benjolan yang disebabkan oleh kutil juga sangat mengganggu pemandangan tubuh apalagi jika kutil tumbuh di wajah. Itulah tadi pengertian singkat dari penyakit kutil mulai dari penyebab, jenis pencegahan dan pengobatan. Semoga bermanfaat