Sangat Fatal, Akibat Kurang Minum Air Putih

Setiap orang harus minum air putih dengan cukup, karena setiap saat pula tubuh kita membutuhkan air dan sebagian air itu dibuang seperti ketika berkeringat dan buang air kecil. Air putih memiliki peran vital bagi tubuh kita, kalian bisa saja hidup selama beberapa hari tanpa mengkonsumsi makanan tetapi Anda tidak akan bisa bertahan hidup lebih dari 3 hari tanpa mengkonsumsi air putih. Untuk perlu diketahui, air adalah komposisi utama pada tubuh manusia bahkan sekitar 80 % kandungan yang terdapat didalam tubuh kita adalah air. Maka dari itu tak heran apabila tubuh kita kekurangan sedikit saja air maka bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan pada tubuh kita.

Dan salah satu fungsi dari air untuk menjaga kesehatan tubuh yaitu untuk meringankan kinerja ginjal, melarutkan mineral yang ada di dalam tubuh, melancarkan proses dari metabolisme, mengatur suhu badan kita serta membawa sejumlah nutrisi juga oksigen untuk menuju saluran tubuh. Oleh karena itu, setiap orang diwajibkan untuk memenuhi asupan air, setidaknya 8 gelas dalam satu hari.

Jika tubuh kita kekurangan asupan cairan, maka pastinya hal ini akan memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan kita. Karena, keadaan tubuh yang kekurangan asupan cairan, umumnya akan memberikan gejala yang tidak mengenakkan, seperti sakit kepala, keadaan kulit yang kering, lemas, depresi, bahkan bisa menyebabkan tidak fokusnya dalam melakukan segala bentuk aktifitas. Nah, agar lebih jelas lagi, di bawah ini ada beberapa bahaya akibat kurang minum air putih, terutama untuk kesehatan tubuh, yaitu sebagai berikut:

Bahaya Akibat Kurang Minum Air Putih

Jika kamu adalah orang yang masih malas dan sepele untuk mengkonsumsi air putih, maka kamu harus tau apa itu bahayanya.

1. Tubuh Mudah Lelah

Akibat kurang minum air putih dapat menyebabkan seseorang mudah lelah. Jadi jika tubuh Anda kekurangan air putih badan terasa lemah, letih, lesu, kurang bersemangat dan mudah sekali capek walaupun tidak melakukan aktifitas yang berat. Hal ini terjadi karena air berfungsi membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Jika tubuh kekurangan air maka otomatis badan pun akan terasa mudah lelah

Selain itu jika kekurangan air maka proses metabolisme tubuh juga ikut terganggu. Hal ini tentunya sel-sel maupun jaringan tubuh tidak dapat bekerja secara optimal. Kekurangan cairan juga dapat menghambat pembentukan sel darah merah sehingga seseorang mudah menderita anemia. Jika menderita anemia, maka orang tersebut akan merasa mudah capek, muka tampak pucat, jantung berdebar-debar, sering pusing kepala, bahkan dapat menyebabkan pingsan.

2. Gangguan Pengaturan Suhu

Salah satu peran air dalam tubuh yaitu mengatur suhu tubuh, tujuannya agar tubuh memiliki suhu yang tetap stabil, sehingga enzim dalam sel-sel dapat berfungsi dengan baik. Air juga menyerap dan membuang panas yang terbentuk sebagai efek samping metabolisme dan kelenjar keringat juga akan mengeluarkan cairan ke kulit ketika lingkungan panas, hal ini untuk mengurangi suhu tubuh. Dehidrasi atau kurang cairan akibat kurang minum air putih dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk mendinginkan diri. Apabila dehidrasi dikombinasikan dengan lingkungan yang panas (misal di terik matahari), maka akan terjadi panas berlebih. Overheating ini dapat menyebabkan kelemahan, sakit kepala atau pusing, kejang atau bahkan kematian.

3. Dehidrasi

Dehidrasi diakibatkan karena kondisi tubuh yang kekurangan cairan, beberapa hal yang mengakibatkan dehidrasi ialah. Kurangnya pasokan air pada tubuh dalam waktu yang lama. Bisa juga di akibatkan karena melakukan kegiatan olahraga atau bekerja, tidak menyeimbangkan kebutuhan cairan tubuh yang keluar. Karena saat tubuh dalam kondisi kerja berat, maka tubuh akan mengeluarkan keringat sehingga tubuh butuh cairan pengganti dan jika kurang minum air putih, akan mengakibatkan kurangnya cairan yang dibutuhkan tubuh sehingga mengakibatkan dehidrasi.

Dehidrasi cukup berbahaya, kerena dehidrasi dapat mengakibatkan kematian jika berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Beberapa pemicu dehidrasi ialah muntah, diare dan terjadinnya pendarahan. Dan beberapa gejala dehidrasi yaitu menurunya nafsu makan, secara tidak wajar, sakit kepala, terasa lemas serta jiwa mudah cemas. Maka dari itu penting minum air dengan cukup, supaya dapat terhindar dari bahaya dehidrasi kekurangan cairan pada tubuh.

4. Gangguan Pada Sistem Pencernaan

Akibat kurang minum air putih juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Dalam proses pencernaan makanan di dalam tubuh kita, sangat membutuhkan bantuan air, baik dalam proses mencerna maupun penyerapan nutrisi dari makanan yang kita makan sehari-hari. Jika kurang minum air putih maka Anda akan mudah sekali mengalami sembelit/konstipasi dan memicu berbagai penyakit pencernaan, seperti ulkus peptikum, ambeien, bahkan dalam jangka waktu yang panjang dapat memudahkan terjadinya kanker usus.

Selain itu, kurangnya asupan air putih juga dapat mengakibatkan lambung dan usus mengalami penurunan lapisan yang melindungi pada bagian luarnya serta elastisitasnya menjadi berkurang. Hal ini dapat menyebabkan sistem pencernaan mudah terserang asam lambung dan juga perlukaan pada usus.

5. Gangguan Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh manusia yang berperan sebagai filtrasi cairan, di mana zat yang berguna akan diserap oleh tubuh melalui peredaran darah dan zat yang tidak berguna dan bersifat racun akan dibuang keluar tubuh melalui urine. Proses filtrasi di dalam ginjal sangat membutuhkan air agar bekerja dengan baik. Jika mengalami kekurangan cairan maka ginjal akan bekerja lebih keras dan kotoran atau zat-zat beracun tidak dapat dikeluarkan secara sempurna keluar tubuh.

Hal tersebut tentunya sangat membahayakan tubuh kita. Jika ginjal dipaksa untuk bekerja ekstra keras secara terus-menerus maka ginjal akan cepat rusak/aus. Penumpukan zat racun berbahaya dalam tubuh kita akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang dapat mengancam nyawa seseorang.

Jika proses filtrasi dalam ginjal terganggu maka seseorang rentan mengalami penyakit batu ginjal, infeksi bakteri di dalam ginjal, bahkan dalam jangka waktu yang lama dapat memperbesar risiko seseorang mengalami gagal ginjal baik akut maupun kronis. Selain pada ginjal, jika kekurangan asupan air putih juga dapat memicu infeksi pada saluran kecing. Kondisi ini biasanya ditandai dengan nyeri ketika buang air kecil, air kencing keruh dan bahkan bercampur darah, sakit pinggang, dan mengalami demam.

6. Radang Sendi

Jangan heran apabila Anda kurang minum maka akan muncul berbagai macam keluhan pada sendi-sendi tubuh Anda. Air sangat diperlukan untuk melumasi sendi sehingga ketika Anda bergerak maka tulang rawan akan selalu terlindungi. Bayangkan apabila Anda kurang minum air putih, maka sendi Anda tidak terlindungi dengan baik sehingga apabila banyak gerak maka akan terasa nyeri serta sakit.

7. Kematian

Dan untuk yang terakhir, akibat dari kurang minum air putih ini yaitu bisa menyebabkan kematian. Meskipun hal ini sangat jarang terdengar tetapi tetap saja kita harus selalu waspada karena kurang minum tidak akan membuat Anda langsung meninggal pada hari itu juga. Tetapi akan membunuh Anda secara perlahan, penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kurang minum hampir semuanya adalah penyakit berbahaya dan mematikan

Bagaimana Cara Agar Tidak Kekurangan Cairan

 

Orang dewasa rata-rata membutuhkan air putih sekitar 2 liter perhari atau setara dengan 8 gelas air putih. Namun ini hanya taksiran kasar, karena kebutuhan air akan meningkat ketika badan demam, banyak aktifitas, lingkungan yang panas dan banyak berkeringat. Dan akan menurun ketika di cuaca dingin. Selain air putih, asupan cairan harian juga dapat berasal dari makanan, terkhusus makanan yang kaya air, seperti buah-buahan dan sayuran.

1. Taruh Segelas Air Di Meja Tidur

Triknya, tuang air dalam segelas besar sebelum Anda beranjak tidur dan taruh di meja kamar atau dekat Anda menaruh handphone. Dan begitu terbangun oleh suara alarm, Anda bisa segera meneguk air sambil cek timeline Facebook. Tidak percaya trik ini ampuh? Coba dulu lakukan ini selama empat hari dan Anda akan mulai menyadari bahwa tangan Anda mulai otomatis meraih gelas setelahnya.

2. Bikin Alarm Minum

Ada banyak aplikasi pintar di luaran sana yang bisa membantu untuk melacak asupan air Anda, jika Anda orang yang butuh untuk selalu diingatkan. Coba unduh Daily Water Free (untuk iPhone dan Android), Waterlogged (untuk Android dan iPhone), atau Water Alert (untuk iPhone). Pilihan lainnya, Anda bisa mengatur alarm ponsel per dua jam sekali (atau lebih) guna mengingatkan Anda untuk lebih banyak minum air putih.

3. Simpan Botol Minum Di Dekat Anda

Akan lebih mudah untuk mengingat agar banyak minum air putih jika sumber airnya dekat. Ketika Anda terjebak oleh tumpukan pekerjaan di kantor, barang berjalan sepuluh meter ke pantry belakang untuk isi gelas seperti ribuan kilometer jauhnya. Begitu sampai kantor pagi-pagi, isi botol air besar hingga penuh dan taruh di atas meja, di depan mata, sehingga Anda bisa dengan mudah melihat dan meraihnya.

4. Minum Air Sebelum Makan

Minum segelas air putih sebelum makan dapat memangkas asupan kalori dengan membuat Anda lebih cepat kenyang. Hanya dengan mengetahui bahwa lebih banyak minum air putih dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, harusnya ini lebih cukup untuk memotivasi Anda minum air putih.

5. Campur Minuman Manis Dengan Air Putih Dan Es Batu

Jika kebiasaan minum jus, soda atau es teh manis tidak bisa dipisahkan dari Anda, cairkan minuman manis favorit Anda dengan air putih dan es batu yang banyak. Anda masih dapat tetap mendapatkan rasa manis segarnya, namun juga sekaligus minum lebih banyak air putih untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Bahaya Minum Air Putih Terlalu Banyak


Walaupun meminum banyak air putih sangat bermanfaat bagi tubuh seperti mampu mencegah penyakit jantung, menjaga berat badan, berpikir lebih baik, melancarkan sistem pencernaan dan dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, namun meminum air putih dengan takaran yang berlebihan juga bisa menyebabkan hal-hal yang cukup membahayakan. Adapun hal-hal bahaya yang bisa terjadi jika mengkonsumsi air putih secara berlebihan adalah:

  • Merusak komposisi darah karena kadar kekentalan darah dalam tubuh mengalami gangguan.
  • Mengganggu peredaran darah karena gangguan ini berbanding lurus dengan gangguan yang terjadi akibat kadar kekentalan darah yang bermasalah.
  • Membengkaknya sel pada tubuh karena sodium dalam tubuh yang menurun.
  • Meningkatnya volume darah sehingga memaksa ginjal bekerja keras untuk mengurangi kadar air dalam tubuh.
  • Membuat seseorang pingsan, kejang-kejang hingga kematian karena hal ini merupakan resiko paling buruk yang bisa terjadi jika sel-sel pada tubuh mengalami pembengkakan. Menurut Exercise Associated Hyponatraemia, kurang lebih ada 1600 kasus kematian yang terjadi akibat mengkonsumsi air putih secara berlebihan.
  • Bahaya ini lebih meningkat jika air yang dikonsumsi adalah tidak higienis dan isi ulang. Bahaya air isi ulang cukup mematikan karena banyak kuman. Minum air putih terlalu banyak juga akan menjadi penyebab sering buang air kecil, walau tidak berbahaya tapi bisa mengganggu aktivitas. Nah bahaya akibat kurang minum juga sangat banyak, namun bahaya minum air putih terlalu banyak juga banyak, jadi ambil jalan tengahnya yah. Konsumsi air sesuai takaran yaitu 2-4 litter per hari untuk orang dewasa.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan betapa besarnya manfaat air putih bagi tubuh kita. Dengan minum air putih yang cukup berarti Anda telah menjaga jaringan dan organ tubuh Anda agar senantiasa berfungsi secar optimal. Dengan minum air putih juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya