Sering Merasa Telapak Kaki Dingin? Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda pernah mengalami telapak tangan dan kaki terasa dingin, padahal Anda tidak berada di tempat dingin? Ada banyak penyebab telapak tangan dan kaki terasa dingin. Umumnya memang karena udara dingin yang menerpa tubuh, namun bisa juga disebabkan oleh adanya berbagai penyakit tertentu. Setiap orang umumnya pernah mengalami telapak kaki dingin. Pada dasarnya, kondisi tersebut tidaklah berbahaya. Namun, telapak kaki dingin dapat menjadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius

Saat kita terkena suhu dingin, pembuluh darah di kaki dan daerah lainnya mengalami penyempitan sehingga menyebabkan bagian tubuh seperti tangan, kaki dan lainnya akan terasa dingin. Selain itu, penurunan aliran darah yang terjadi juga menyebabkan berkurangnya oksigen di bagian periferal tubuh Anda, sehingga membuat kulit menjadi warna kebiruan atau bahasa medisnya disebut Sianosis.

Nah kondisi ini akan memburuk saat Anda dalam posisi diam atau minim gerakan seperti tidur di malam hari, berada di ruangan ber-AC terlalu lama, ataupun hal lain yang menyebabkan tubuh terpapar udara dingin dalam waktu yang lama. Kaki dingin ini kadang-kadang diiringi dengan kram di kaki bagian bawah, kesemutan, sampai mati rasa. Kedinginan di bagian kaki ataupun tangan memang tidak perlu dikhawatirkan. Pasalnya, hal tersebut memang respon tubuh untuk mengantur suhu tubuh. Tapi jika Anda sering mengalami kedinginan di bagian kaki tanpa adanya alasan yang jelas, maka besar kemungkinan ini indikasi penyakit tertentu.

Berbagai Kondisi Penyebab Telapak Kaki Dingin

Sirkulasi darah yang tidak optimal, menjadi penyebab paling umum seseorang mengalami telapak kaki dingin. Hal tersebut mengakibatkan darah hangat kesulitan mengalir sampai ke kaki, sehingga telapak kaki terasa dingin. Sirkulasi buruk dapat terjadi akibat gangguan kerja jantung, sehingga mengalami kesulitan menyalurkan darah ke seluruh tubuh meski sudah berupaya keras. Selain itu juga dipengaruhi oleh oleh gaya hidup yang buruk, seperti kebiasaan merokok. Ada juga beberapa penyebab lain yang dapat memicu telapak kaki dingin, di antaranya:

1. Sindrom Raynaud

Sindrom Raynaud adalah gangguan Vasospastik, yaitu pembuluh darah terkecil di jari tangan dan kaki mulai mengerut. Hal ini pada gilirannya menyebabkan jari kaki dan tangan menghitamkan dan bahkan kuku berubah rapuh. Pembuluh darah mulai menyempit bila terkena suhu dingin yang ekstrim atau ketika orang menjadi emosional atau marah. Merokok dan bekerja dengan mesin bergetar kadang-kadang juga sering mengarah pada penyumbatan pembuluh darah.

2. Penyakit Peripheral Vascular

Penyakit peripheral vascular atau Peripheral Vascular Disease (PVD) adalah suatu kondisi yang mana sirkulasi yang buruk terjadi pada kaki dan tangan seseorang. Ini mungkin terjadi, terutama jika orang menderita diabetes. Arteri yang membawa darah berkonstraksi, sehingga mencegah aliran bebas dari sirkulasi darah berlangsung dan ini pada gilirannya menyebabkan kaki dingin dan bahkan tangan. Meskipun penderita diabetes menderita lebih dari masalah ini, orang-orang non diabetes juga dapat menderita kondisi ini.

3. Radang Dingin

Radang dingin atau dalam bahasa medisnya frostbite adalah kondisi yang mana sebagian organ tubuh mengalami pembekuan dan kerusakan akibat terpapar suhu dingin yang berlebihan. Forstbite umumnya terjadi pada bagian tangan, kaki, pipi, dagu telinga dan hidung. Tanda-tanda dan gejala frostbite adalah Anda mengalami kulit dingin, terasa seperti menusuk-nusuk, sensasi kesemutan, mati rasa dan kulit kemerahan. Jika tidak segera ditangani, frostbite bisa menjadi luka yang sangat serius seperti kehilangan kulit, jari dan kaki bahkan cacat.

4. Perubahan Suhu Udara

Penyebab kaki dingin yang sering terjadi adalah karena adanya perubahan suhu udara yang terlalu dingin dapat mempengaruhi kondisi pembuluh darah pada kaki dan menyebabkan radang dingin sehingga kaki menjadi terasa dingin. Cuaca yang dingin dapat menyebabkan reseptor sensorik dipermukaan kulit memberi pesan pada jaringan otak untuk segera mengecilkan pembuluh darah sehingga kaki bisa berubah menjadi dingin.

5. Penyakit Anemia

Anemia akut dapat menghambat penyebaran darah ke seluruh tubuh, akibatnya pembuluh darah kehilangan kemampuannya untuk menyebarkan darah yang dipompa oleh jantung karena persediaan sel darah merah sangat sedikit didalam tubuh. Kondisi ini dapat menjadi penyebab kaki dingin.

6. Sindrom Carpal Tunnel

Seseorang yang selalu beraktivitas rutin mengangkat beban berat atau sering melakukan kegiatan yang membutuhkan energi lebih dapat menyebabkan aliran darah disekitar kaki menjadi tersendat sendat. Akibatnya akan terjadi penekanan saraf kaki yang dimana kondisi tersebut adalah penyebab kaki dingin.

7. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok secara berlebihan selama bertahun tahun dapat memicu munculnya penyakit buerger’s disease yaitu penyakit yang berhubungan dengan penyempitan pembuluh darah sekitar kaki, yang mengakibatkan kondisi kaki senantiasa terasa dingin.

8. Pengaruh Obat

Ada banyak obat yang dapat menyempitkan pembuluh darah, termasuk beta-blocker yang diresepkan untuk mengatur tekanan darah, beberapa obat kanker, obat migrain dan OTC dekongestan. Obat-obatan ini juga dapat menyebabkan tangan dingin, untuk itu selalu tanyakan efek samping obat pada dokter Anda.

Gejala Kaki Dingin

Kaki dingin adalah kondisi normal yang bisa dialami siapa saja pada lokasi yang bersuhu dingin namun adakalanya perlu diwaspadai karena kaki yang berasa dingin terus menerus bisa saja mengindikasikan bahwa tubuh sedang terjangkit suatu penyakit tertentu.

Tanda tanda kaki dingin yang perlu diwaspadai adalah:

  • Rasa dingin yang terus menerus menyerang bagian kaki kendati kaki telah direndam dalam air hangat.
  • Bagian telapak kaki menderita kebas dan mati rasa atau terasa permukaan seperti menebal
  • Terasa geli jika tersentuh tangan atau benda lain tanpa sengaja
  • Cenderung ada luka tetapi tidak terasa sakit
  • Elastisitas kulit meningkat yaitu kulit jadi mengencang dan seolah olah menebal.
  • Warna kulit berubah menjadi pucat dan bahkan ada yang kebiruan.

Cara Mengobati

Apabila Anda yang mengalami hal ini bisa mencoba salah satu cara alami mengobati kaki dingin pada pembahasan berikut.

1. Pijat Minyak Hangat Untuk Mengatasi Kaki Dingin

Memijat kakimu adalah cara yang sederhana dan terapi untuk mengembalikan kehangatannya. Hal ini merangsang aliran darah ke ekstremitasmu. Ditambah, pijat kaki secara teratur akan membantu kakimu tetap sehat dan bebas dari berbagai jenis masalah kaki.

  • Hangatkan beberapa minyak zaitun, kelapa atau wijen ke dalam microwave selama beberapa detik.
  • Oleskan minyak hangat ini pada salah satu kaki dinginmu.
  • Gunakan secara lembut tapi tekanannya tegas dengan jari-jarimu untuk memijat dari ujung kaki sampai mata kaki selama 10 menit.
  • Ulangi dengan kaki yang lain.
  • Setelah memijat, gunakan kaus kaki katun.
  • Lakukan hal ini setiap hari sebelum tidur dan jika diperlukan, lakukan sekali lagi pada siang hari.

2. Mengatasi Kaki Dingin Dengan Hidroterapi

Hidroterapi adalah salah satu pilihan paling sederhana yang bisa kamu coba di rumah untuk mengembalikan kehangatan kakimu. Hidroterapi menggunakan kedua rendaman air dingin dan hangat. Rendaman air hangat membantu meningkatkan sirkulasi, sedangkan rendaman air dingin membantu mengurangi gejala.

  • Isi 2 bak kaki atau baskom – satunya dengan air dingin dan yang lain dengan air hangat.
  • Duduklah di posisi yang nyaman, dan rendam kakimu ke dalam air dingin selama 2 menit.
  • Kemudian, beralihlah ke baskom air hangat selama 1 menit.
  • Lanjutkan bergantian antara dua baskom selama 15 sampai 20 menit.
  • Tepuk-tepuk kering dengan segera dan gunakan kaus kaki hangat.
  • Ulangi beberapa kali sehari sampai kamu mendapatkan kelegaan.

Note: Kamu dapat mencampur beberapa tetes minyak esensial jahe, rosemary, peppermint atau cypress ke dalam air.

3. Melakukan Latihan Kaki Untuk Mengatasi Kaki Dingin

Melatih kakimu adalah hal yang penting untuk tetap menjaga darah mengalir terus-menerus dan menjaga kakimu hangat. Latihan kaki juga membantu memperkuat pembuluh darah. Misalnya, kamu bisa berjalan secara bergantian dengan jari-jari kakimu dan kemudian dengan tumitmu selama 10 sampai 15 menit. Beberapa latihan yang lebih adalah:

  • Latihan kaki 1

Berdiri tegak di ujung jari-jari kakimu selama 1 menit, kemudian perlahan-lahan turunkan tumitmu. Ulangi prosedur tersebut selama 10 menit.

  • Latihan kaki 2

Ketika duduk, putar masing-masing kaki searah jarum jam dan kemudian berlawanan arah jarum jam pada pergelangan kaki 10 sampai 20 kali.

  • Latihan kaki 3

Gunakan jari-jari kakimu untuk mengambil sepotong kain atau objek lain dari lantai. Ulangi beberapa kali.

Lakukan salah satu latihan ini untuk mengembalikan kehangatan ketika kamu merasa kakimu menjadi dingin.

4. Gunakan Garam Epsom Untuk Mengatasi Kaki Dingin

Cara sederhana lainnya untuk membuat kakimu hangat adalah rendaman garam epsom. Panas dari air hangat akan memberi efek menghangatkan, sedangkan adanya magnesium sulfat di dalam garam epsom akan menyediakan magnesium bagi tubuh. Kekurangan magnesium merupakan salah satu penyebab kaki serta tangan dingin.

  • Campurkan setengah cangkir garam epsom ke dalam bak kecil yang terisi dengan air hangat.
  • Aduk sampai garam larut.
  • Rendam kakimu ke dalamnya selama 15 sampai 20 menit.
  • Ulangi pengobatan ini dua kali seminggu.

5. Jahe Efektif Mengatasi Kaki Dingin

Jahe meningkatkan sirkulasi darah dan dapat membantu memerangi ekstremitas dingin. Hal ini mengandung senyawa seperti gingerol dan zingerone yang memiliki efek menghangatkan tubuh. Ditambah, dapat mengurangi risiko pembekuan darah.

  • Didihkan dengan apai kecil 1 sendok makan irisan jahe ke dalam 2 cangkir air selama 10 menit. Saring, tambahkan sedikit madu mentah dan minum 2 atau 3 kali sehari.
  • Rebus sepanci air dengan segenggam irisan jahe. Biarkan itu dingin, kemudian rendam kakimu ke dalam larutan tersebut selama 15 menit, dua kali sehari.
  • Pilihan lain adalah dengan mengonsumsi suplemen jahe, setelah berkonsultasi ke doktermu.

6. Manfaatkan Teh Hijau Untuk Mengatasi Kaki Dingin

Teh hijau dianggap sebagai obat alami yang berharga untuk kaki dingin. Meminum teh hijau meningkatkan fungsi pembuluh yang membawa darah ke seluruh tubuh, termasuk kakimu.

  • Minum 2 sampai 3 cangkir teh hijau sepanjang hari. Untuk membuat teh hijau, tambahkan 1 sendok teh daun teh hijau ke secangkir air panas, tutup dan rendam selama 5 menit. Saring, permanis dengan madu dan minum.
  • Kamu juga bisa merendam 3 atau 4 kantung teh hijau ke dalam sepanci besar air panas selama 10 menit. Buang kantung tehnya dan rendam kakimu ke dalamnya selama 10 menit. Ulangi dua kali sehari.

7. Mengatasi Kaki Dingin Dengan Cabe Rawit

Cabe rawit mengandung senyawa yang disebut capsaicin yang membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk kakimu. Hal itu akan membantu menjaga kakimu hangat dan memberi bantuan dari gejala seperti pembengkakan dan sensasi kesemutan di kaki.

  • Sebar secara merata 1 sendok teh cabe rawit ke dalam sepasang kaus kaki tebal. Pakailah sepasang kaus kaki tipis, kemudian pakai kaus kaki tebal yang sudah disebari dengan cabe rawit ke atasnya.
  • Kamu juga bisa memijat telapak kakimu dengan krim over-the-counter(obat yang bisa dibeli tanpa resep) yang mengandung capsaicin.
  • Pilihan lain adalah dengan mengonsumsi suplemen, setelah konsultasi ke doktermu.

8. Mengatasi Kaki Dingin Dengan Berjalan di Atas Rumput

Berjalan tanpa alas kaki di atas rumput di pagi hari adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan sirkulasi pada kakimu. Latihan sederhana ini sangat baik untuk mengobati kaki dingin. Selain itu, berjalan memperkuat dan meregangkan otot-otot, tendon dan ligamen di kakimu, pergelangan kaki dan betis.

Ditambah, ketika kamu berjalan tanpa alas kaki di atas rumput di bawah sinar matahari pagi, tubuhmu memproduksi vitamin D. Memilliki vitamin D yang rendah meningkatkan kemungkinan terjadinya anemia dan memiliki tangan dan kaki dingin. Mulailah harimu dengan berjalan tanpa alas kaki di atas rumput selama 30 menit untuk menikmati sirkulasi yang baik dan kesehatan secara menyeluruh.

Itulah ulasan singkat yang dapat kami sampaikan untuk menambah wawasan anda, Semoga ulasan di atas bermanfaat dan sampai jumpa nanti