Telapak Kaki Sering Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Berbicara mengenai keluhan medis memang tidak akan ada habisnya terutama yang berhubungan dengan kesehatan kaki. Bagimana tidak. Jika kaki mengalami gangguan, maka bisa dipastikan bahwa Anda akan menemui banyak kendala ketika beraktivitas sehari-hari. Telapak kaki sakit dan pegal adalah salah satu kondisi yang sering dialami oleh hampir setiap orang. Maka jangan heran jika banyak orang yang menanyakan bagaimana cara yang tepat mengatasi telapak kaki yang pegal dan sakit.

Untuk mengetahui hal ini, kita harus mengetahui bagian-bagian mana saja dari telapak kaki yang sering terasa sakit, misalnya terasa sakit pada bagian tumit, telapak kaki tengah, pada bagian telapak kaki depan dekat dengan jari-jari kaki. Apabila kita mengetahui penyebab-penyebabnya, kita pun akan terasa lebih mudah dalam melakukan pengobatan pada penyakit tersebut. Mungkin dari kalian belum banyak yang mengetahui tentang apa saja penyebab terjadinya sakit pada bagian telapak kaki? Untuk informasi yang lebih jelas lagi maka simaklah penyebab telapak kaki sakit yang harus kita ketahui sebagai berikut ini.

1. Gouty Arthritis

Sakit yang terasa pada bagian telapak kaki juga bisa disebabkan oleh penumpukan-penumpukan kristal asam urat yang menumpuk pada bagian sendi-sendi yang mengakibatkan peradangan atau pembengkakan pada kaki. Sakit yang disebabkan oleh keadaan seperti ini kerap sekali menyerang secara mendadak dengan rasa sakit yang amat-amat sakit sekali rasanya. Apabil sendi-sendi terkena penyakit tersebut, maka akan terasa panas dan akan membengkak dengan sendirinya.

Biasanya kondisi seperti ini tidak baik, bahkan ketika sedang beristirahat pun akan terasa sakit terus menerus sehingga dapat mengganggu pada kenyamanan tubuh kalian. Gouty arthritis ini perlu diatasi dengan obat pereda rasa sakit dan di kompres dengan es. Keadaan seperti ini lebih kerap menimpa pada kaum laki-laki dibandingkan kaum wanita, tetapi masal ini bukan berarti gout tidak bisa menyerang kaum wanita. Para perempuan akan terasa rentan apabila mereka sudah mengalami atau mendapati menopause.

2. Metatarsalgia

Rasa sakit seperti terbakar atau nyeri pada bagian depan kaki secara medis biasa disebut metatarsalgia. Jenis gangguan ini akan memburuk jika penderitanya berjalan. Keadaan akan semakin memburuk jika penderitanya kelebihan berat badan, melakukan olahraga berat dan memakai sepatu ketat dalam jangka waktu yang lama. Gangguan ini patut diwaspadai oleh para orangtua karena kelompok umur mereka rentan akan metatarsalgia. Kebanyakan kasus metatarsalga dapat dengan mudah ditangani dengan obat pereda sakit, istirahat, kompres dengan es dan dengan menggunakan sepatu yang menopang secara khusus.

3. Kapalan

Bahasa kapalan dalam bahasa kedokteran itu disebut dengan sebutan Cullus, yang mana cullus ini suatu keadaan pada kulit yang mengalami penebalan akibat adanya gesekan-gesekan atau penekan yang terjadi secara terus menerus. Walaupun bukan salah satu penyakit serius, tetapi adanya kapalan pada telapak kaki ini menjadi penyebab rasa sakit pada telapak kaki, karena dapat mengakibatkan pecah-pecah. Selain yang sudah disebutkan pada tulisan diatas, mungkin masih banyak penyebab-penyebab sakit pada telapak kaki. Tetapi apapun penyebabnya, rasa sakit pada telapak kaki ini harus segera ditangani dengan benar, supaya tidak akan mengganggu aktivitas dalam keseharian kalian.

4. Plantar Facilitas

Rasa sakit pada telapak kaki bisa jadi akibat plantar facilitas, yakni adanya peradanggan yang terdapat pada lapisan tebal di sepanjang telapak kaki yang disebut plantar fasia. Gejala yang dirasakan, antara lain nyeri dan sakit pada telapak kaki, terutama di area tumit. Rasa yang muncul seperti tertusuk besi atau kadang terasa panas atau terbakar. Penyebab plantar facilitas sendiri, antara lain obesitas, usia diatas 40 tahun, hamil tua, suka berlari, pekerjaan yang banyak berjalan atau berdiri dan lain sebagainya

5. Memakai Hak Tinggi

Ketidak sesuaian antara bentuk kaki dengan bentuk sepatu yang dipakai akan mengakibatkan kaki akan lebih cepat terasa sakit atau cidera. Biasanya kaum wanita yang suka menggunakan sepatu hak tinggi menaruh tekanan-tekanan besar pada jari-jari kaki. Selain dari penggunaan jenis sepatu yang tidak tepat atau salah, melakukan kegiatan olahraga yang memakai kaki dalam intensitas tinggi dapat mengakibatkan telapak kaki terasa sakit.

Maka dari itu, ketika sedang melakukan kegiatan olahraga lakukanlah kegiatan olahraga dengan benar, agar bisa menghindari dari kecideraan pada kaki. Keadaan-keadaan yang mengakibatkan telapak kaki sakit ini harus sangat diwaspadai. Apabila sudah merasa terganggu dengan telapak kaki yang sakit, maka segeralah mencari atau menjumpai ahli medis untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan sebelum kaki kalian tidak dapat berjalan atau digerakan.

Bagaimana Cara Menanganinya?

Sebenarnya, terdapat beberapa cara untuk menangani telapak kaki sakit. Pertama, adalah dengan mengompresnya menggunakan es atau handuk yang dicelupkan ke air dingin. Cara ini dianggap ampuh untuk meredakan nyeri sekaligus merelaksasi otot. Selain itu, Anda juga dapat memijat pelan telapak kaki dengan menggunakan minyak kayu putih atau minyak kelapa. Terakhir, jika cara diatas tetap tidak berhasil, maka Anda dianjurkan untuk segera menghubungi dokter sebab bisa saja telapak kaki yang sakit merupakan pertanda adanya keluhan medis lain.

Demikan pembahasan tentang telapak kaki sakit, mudah-mudahan adanya pembahasan tentang penyabab telapak kaki sakit ini bisa bermanfaat untuk kesehatan bagi kita semua dan nantikan artikel terbarunya:)