Waspada, Ini Beberapa Penyakit Akibat Menahan Bersin

Bersin merupakan kegiatan positif karena berfungsi membersihkan rongga antara mulut, hidung tenggorokan yang biasa disebut dengan faring. Ketika bersin, kuman dan bakteri juga ikut keluar dari dalam tubuh yang membuat kondisi hidung tetap akan bersin. Maka jangan heran ada kalanya kita bersin berulang-ulang. Namun dalam suatu kondisi kita sering menahan bersin baik dengan menekan hidung sehingga keinginan bersin menjadi hilang. Hal ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan mimisan hingga vertigo.

Menurut kecepatan sekali bersin adalah 161 km/jam. Jika anda menahan bersin, itu sama artinya anda menahan kecepatan sebuah benda dengan laju tersebut. Bisa dibayangkan bagaimana tekanan yang akan terjadi karena tubuh harus menahan kecepatan tersebut secara tiba-tiba. Menahan bersin bisa menghasilkan tekanan lebih dari 38 kali lipat dari bersin normal. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi fungsi tubuh dan menyebabkan kuman yang seharusnya dikeluarkan malah masuk kembali. Berikut ini akibat bahaya menahan bersin:

Apa Saja Yang Membuat Anda Bersin?

Ketika ada sesuatu yang mengganggu di dalam rongga hidung, maka anda akan bersin. Ya, cara ini memang digunakan tubuh untuk mengeluarkan hal-hal yang mengganggu pada hidung. Secara ilmiah, bersin dimulai dari sistem saraf dan semua orang memiliki cara kerja sistem saraf yang sama. Namun sinyal perjalanan saraf tiap manusia berbeda-beda sehingga menghasilkan cerita bersin yang berbeda bagi tiap orang. Jadi ketika ada sesuatu yang mengganggu hidung, sebuah pesan akan dikirim ke bagian otak.

Berikut Faktor Yang Membuat Bersin:

  • Bersin karena alergi disebabkan oleh kutu, tungau, ketombe dan debu.
  • Bersin merupakan tanda-tanda anda terkena pilek.
  • Mencabut bulu alis bisa memicu saraf pada wajah kepada reaksi bersin.
  • Saat berolahraga, anda akan bernapas secara berlebihan (hiperventilasi). Hasilnya hidung dan mulut akan mulai mengering. Hal itu membuat hidung lebih sensitif.
  • Menghirup lada. Saat menghirup lada, seketika kita akan bersin. Hal itu terjadi karena dua alasan. Yang pertama adalah ketika lada ditumbuk halus hingga menyerupai debu atau partikel kecil di udara sehingga memudahkannya merangsang sel-sel saraf di dalam hidung dan memicu bersin secara paksa. Yang kedua, lada mengandung piperin, senyawa kimia yang menghasilkan rasa pedas pada tanaman. Piperin bisa mengiritasi hidung dan menyebabkan anda bersin.
  • Berhubungan seks. Saat menikmati hubungan seks, orgasme dan mengakhirinya
  • Sinar matahari, satu dari tiga orang akan bersin ketika terpajan sinar matahari. Sebutan untuk kalangan ini adalah photics. Jika anda bersin ketika tersengat matahari, orang yang bisa anda salahkan adalah orang tua karena photics bersifat turunan.

Bahaya Menahan Bersin

Dalam kasus ekstrim, menahan bersin dapat berakibat mematikan dan memiliki efek yang sama seperti menahan tembakan senjata api, dimana tenaga yang dikeluarkan akan merusak senjata api itu sendiri. Untuk lebih jelasnya akan diuraikan sebagai berikut:

Patahnya Tulang Rawan Yang Berada Di Dalam Hidung

Menahan bersin dapat menjadi berbahaya karena besarnya tekanan yang ditahan. Jika menahan bersin, tenaga yang seharusnya dikeluarkan oleh mulut dan hidung akan tertahan dan akan merusak bagian dalam tubuh. Efek pertama adalah patahnya tulang rawan dalam hidung.

Mimisan

Jika tekanan yang dihasilkan bersin tidak dapat keluar melalui hidung atau mulut, maka tekanan tersebut akan mendesak pembuluh darah sehingga pecah dan mengeluarkan darah dari hidung atau yang biasa dikenal sebagai mimisan.

Pecahnya Gendang Telinga

Hidung dan telinga memiliki relasi yang erat dan memiliki saluran yang menghubungkan satu sama lain. Ketika menahan bersin, tekanan yang tertahan dapat memaksa keluar melalui telinga dan menembus gendang telinga yang tentunya tidak akan mampu menahan kekuatan dan kecepatan bersin sehingga gendang telinga tersebut akan pecah dan pendengaran pun rusak.

Gangguan Pendengaran

Memiliki efek serupa dengan pecahnya gendang telinga karena adanya relasi antara telinga dengan hidung. Akan tetapi jika berada dalam kondisi yang tidak sepenuhnya menahan bersin (sebagian bersin masih keluar melalui hidung dan mulut), maka dapat mengalami gangguan pendengaran karena tekanan bersin akan mempengaruhi gendang telinga namun tidak sepenuhnya merusak gendang telinga tersebut.

Stroke

Stroke adalah tersumbatnya pembuluh darah di sekitar kepala sehingga menyumbat suplai oksigen ke otak. Stroke disebabkan oleh berbagai faktor seperti kegemukan, terlalu banyak lemak, penyempitan pembuluh darah dan salah satunya adalah usaha menahan bersin. Menahan bersin akan memberikan tekanan pada bagian leher dan kepala. Pembuluh darah adalah organ yang paling umum terpengaruh guncangan akibat menahan bersin. Guncangan akibat menahan bersin dapat menekan dan menyempitkan pembuluh darah sehingga suplai oksigen ke otak akan terhambat karena sumbatan darah di pembuluh darah yang menyempit.

Emfisema

Emfisema adalah gangguan pernapasan dimana saluran pernapasan menyempit dan menghambat suplai oksigen ke otak. Menahan bersin dapat menyebabkan trauma pada saluran pernapasan dan menyebabkan kram yang menyempitkan saluran pernapasan tersebut.

Gangguan Penglihatan

Mitos mengenai mata yang akan lepas dari kepala jika menahan bersin sama sekali tidak benar. Namun menahan bersin memang memiliki efek pada penglihatan. Jika menahan bersin terlalu kuat, retina mata dapat mengalami kerusakan sehingga menyebabkan kebutaan. Selain itu, bersin dapat merusak jaringan yang menghubungkan mata dengan otak sehingga menyebabkan efek yang serupa yaitu kebutaan.

Intinya, bersin bisa menjaga tubuh agar tetap sehat karena aktivitas ini merupakan bagian penting dari proses kekebalan tubuh. Jika anda bersin, maka anda akan membersihkan hidung dari bakteri dan virus. Jadi ketika ada tanda-tanda anda ingin bersin, segera sediakan tisu dan lepaskan saja secara alami. Tidak perlu malu karena semua orang pasti pernah bersin. Gunakan sapu tangan atau tisu untuk menutupi mulut anda sekaligus meredam suaranya. Jika merasa tidak enak untuk mengeluarkan ‘hachiiimm’, anda bisa langsung mengambil langkah seribu demi menghindari bersin di hadapan banyak orang.