Waspada, Inilah Kanker Paling Mematikan 

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak ditakuti karena memiliki efek kesehatan yang sangat buruk, salah satunya adalah menyebabkan komplikasi dan juga menyebabkan kematian. Kanker sendiri dapat muncul karena berbagai macam infeksi zat-zat yang bersifat karsinogenik masuk ke dalam tubuh. Kemudian hal ini akan memunculkan tumor yang berpotensi menjadi kanker apabila tidak terdeteksi dan dicegah dengan baik. Ada lebih dari 100 jenis kanker beserta berbagai macam penyebabnya, mulai dari radiasi, bahan kimia, hingga virus. Tapi kesamaannya, kanker ditandai dengan pertumbuhan sel yang abnormal.

Penyakit kanker adalah penyebab kematian nomor dua di dunia setelah penyakit jantung. Bahkan ketika telah didiagnosis sejak dini dan ditanggulangi dengan perawatan mutakhir, kanker masih memiliki kekuatan untuk membunuh. Memang telah ada banyak perawatan yang berhasil saat ini dan tidak dijumpai beberapa puluh tahun yang lalu. Namun pengobatan kanker masih tetap sulit dipahami karena banyak faktor. Pertumbuhan sel kanker tetap tak terduga dan masih misterius dalam beberapa kasus. Bahkan setelah melalui pengobatan yang tampaknya efektif, sel-sel kanker mampu bersembunyi pada beberapa pasien dan muncul kembali.

Berikut ini adalah daftar beberapa jenis kanker yang dianggap paling mematikan di dunia.

1. Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang paling umum pada wanita, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Human papillomavirus adalah virus penyebab kanker serviks, tapi tidak semua virus ini menyebabkan kanker. Beberapa dari mereka ada yang dapat menyebabkan kutil kelamin dan beberapa lainnya bahkan tidak menimbulkan gejala apapun. Itulah mengapa penting bagi wanita untuk melakukan tes Pap Smear secara teratur. Tes Pap dapat menemukan perubahan pada sel leher rahim sebelum mereka berubah menjadi kanker.

Jika Anda melakukan perawatan pada perubahan sel ini dari awal, Anda dapat mencegah kanker serviks. Jika Anda terkena stadium lanjut, Anda bahkan masih memiliki kesempatan hidup sebesar 70% selama 5 tahun ke depan. Namun ketika kanker telah menyebar, kesempatan hidup itu akan menurun hingga di bawah 20%. Kanker serviks yang berulang bahkan membawa kesempatan yang lebih rendah untuk bertahan hidup.

2. Kanker Payudara

Kanker payudara juga menjadi salah satu kanker yang mematikan. Kanker ini tidak hanya menyerang perempuan, namun juga laki-laki. Kanker payudara bisa terjadi karna adanya sel ganas yang terdapat pada payudara yang berasal dari komponen pada kalenjarnya antara lain seperti jaringan lemak, pembuluh darah dan saraf pada jaringan payudara. Kanker payudara ini menyebabkan sel dan jaringan payudara menjadi berubah bentuk menjadi tidak seperti payudara normal dan menjadi bertambah banyak secara tak terkendali.

Hal paling penting yang diperhatikan pada perkembangan kanker payudara adalah perubahan kulit dan tekstur payudara, adanya benjolan yang terasa berbeda dan biasanya gejala paling umun yang ditemukan, kemudian perlu diperhatikan juga gejala lainnya seperti perubahan ukuran, bentuk, tekstur payudara dan putingnya. Pada kanker payudara biasanya penderita juga mengalami munculnya cairan bening atau darah yang keluar dari puting susu.

Ada dua jenis kanker payudara yang telah diketahui, yakni kanker payudara invasif yang dapat menyebar diluar payudara dan kanker payudara non-invasif yang sifatnya jinak dan ditemukan di dalam saluran payudara, serta belum menyebar.

3. Kanker Hati

Risiko mengidap kanker hati primer dua kali lipat lebih besar pada pria dan wanita dengan usia rata-rata 67 tahun. Penyebab kanker hati biasanya dari cacat lahir, penyalahgunaan alkohol atau infeksi kronis dengan penyakit seperti hepatitis B dan C, hemochromatosis (penyakit keturunan yang terkait dengan terlalu banyak zat besi dalam hati) dan sirosis. Lebih dari setengah seluruh pengidap kanker hati primer memiliki sirosis. Kanker hati juga dapat dikaitkan dengan penyakit liver obesitas dan berlemak (fatty liver).

Karena hati terdiri dari beberapa jenis sel, maka beberapa jenis tumor dapat terbentuk di sana. Beberapa merupakan tumor jinak (bukan kanker) dan beberapa adalah kanker dan dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Prospek untuk kesehatan atau pemulihan tergantung pada jenis tumor yang Anda miliki. Pasien dengan tumor stadium awal yang dapat diangkat dengan pembedahan akan memiliki kesempatan untuk hidup dalam jangka panjang. Sayangnya, sebagian besar kanker hati tidak dapat dioperasi ketika didiagnosis, baik karena kanker terlalu ganas atau hati terlalu sakit untuk menerima operasi.

4. Kanker Usus

Umur adalah salah satu alasannya. Kesempatan Anda untuk mendapatkan risiko kanker usus semakin besar seiring bertambahnya usia. Anda akan lebih besar untuk mengidap jenis kanker ini jika Anda memiliki bawaan, sering meminum alkohol, merokok atau obesitas. Anda harus mengambil tes screening lebih awal sehingga kemungkinan untuk bertahan hidup lebih baik. Tetapi banyak orang tidak melakukan tes tersebut. Oleh karena itu, kanker dini ditemukan kurang dari setengah pengidap kanker usus. Kebanyakan orang (lebih dari 90%) hidup setidaknya 5 tahun setelah mengetahui bahwa mereka memiliki kanker kolorektal yang ada di tahap awal.

5. Kanker Paru-Paru

Kanker Paru-Paru merupakan jenis penyakit kanker yang paling banyak diketemukan pada pria, meskipun sebagian wanita ada juga yang memiliki penyakit kanker paru-paru. Beberapa orang yang mempunyai kemungkinan besar terserang penyakit ini yaitu perokok aktif, lantaran penyakit kanker paru-paru senantiasa dihubungkan dengan rutinitas merokok. Tidak cuma itu, perokok pasif juga mempunyai kemungkinan terserang kanker paru-paru walau peluangnya kecil. Pola hidup yang tidak sehat dengan biasanya konsumsi alkohol juga dapat juga jadi penyebabnya kanker ini.

Tanda-tanda dari penyakit kanker paru-paru pada umumnya yaitu terjadinya rasa sakit di bagian tulang, serta mereka alami sesak nafas serta terjadinya pendarahan di bagian paru-parunya. Tanda-tanda yang lain yaitu sakit kuning, yang dapat berlangsung jika pasien alami penyakit kanker paru-paru yang telah menebar hingga ke sisi hati, anemia, berkurangnya system imunitas pada badan dan ada pergantian system syaraf.

6. Kanker Pankreas

Pada kanker pankreas ada pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam jaringan pankreas yang membantu pencernaan dan regulasi metabolisme. Kanker pankreas merupakan kanker yang sangat mematikan yang sulit untuk dikenali pada tahap awal. Tanda-tanda dan gejala sulit untuk dideteksi bahkan kanker ini bisa menyebar dengan sangat cepat yang mungkin saja bisa memberi waktu hidup hanya untuk beberapa minggu atau satu bulan.

Kanker jenis ini tidak memiliki metode deteksi sejak dini dan tidak ada rencana pengobatan jangka panjang yang efektif. Salah satu cara untuk menyembuhkan kanker pankreas yaitu dengan melakukan pembedahan pada tahap awal. Kanker pankreas menempati urutan keempat sebagai kanker pembunuh tertinggi di dunia.

Itulah kanker paling mematikan di dunia yang sudah banyak mengambil nyawa banyak orang. Memang kanker bisa menyerang siapa saja, namun alangkah baiknya Anda mulai rutin memperhatikan dan menyayangi tubuh Anda. angan sampai kanker menjadi benalu dan membuat Anda lupa bahwa hidup itu nikmat.