Waspada, Tipes Bisa Menyebabkan Kematian

Penyakit Tipes atau dalam istilah kedokteran disebut Typhoid Fever atau Demam Tifoidmerupakan infeksi bakteri yang dapat menyebar ke seluruh tubuh dan mempengaruhi banyak organ tubuh. Sangat penting mengetahui gejala tipes karena jika lambat ditangani atau tanpa pengobatan yang tepat dapat menimbulkan komplikasi serius dan bisa berakibat fatal.

Pengertian Penyakit Tipes (Tifus)

Secara umum, penyakit yang satu ini diindikasikan sebagai infeksi yang terjadi pada usus yang diakibatkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi dengan bakteri bernama Salmonella Typhi. Setelah masuk ke dalam tubuh, bakteri ini akan berkembangbiak di dalam usus dan darah. Penyakit ini bisa menjangkit semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Anda akan mudah terkena penyakit ini jika kurang menjaga kebersihan diri atau lingkungan, terutama berkaitan dengan makanan dan minuman. Kebiasaan jajan sembarangan juga meningkatkan resiko terkena sakit tipes ini.

Selain disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi yang paling sering ditemukan di Indonesia, ada juga penyakit tipes yang disebabkan oleh hal lain. Penyebab lain tersebut adalah kutu badan yang bisa mengakibatkan tipes epidemik. Penyakit ini diakibatkan oleh bakteri yang bernama Ricketsia Typhi yang dibawa dan disebarkan oleh kutu. Biasanya penyakit ini disebarkan oleh tungau dan caplak. Bukan hanya itu, tetapi ternyata ada juga beberapa jenis penyakit tipes yang lainnya seperti demam berbintik gunung Rocky, demam Boutonneuse, tipes caplak Siberia, tipes caplak Australia dan sebagainya.

Secara umum seseorang bisa diketahui terkena tipes apabila ketika dilakukan pemeriksaan laboratorium ditemukan beberapa hal. Pertama, sel darah putih di dalam tubuh jumlahnya menurun. Hal ini menyebabkan perdarahan yang terjadi pada usus. Selain itu jumlah trombosit akan menurun. Ketika dilakukan pemeriksaan darah, jika seseorang benar terkena tipus maka darah, kotoran serta urin biasanya terdapat bakteri Salmonella Typhi.

Penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja termasuk anak-anak dan bayi. Penyakit ini juga seringkali tidak disadari oleh penderitanya karena memiliki gejala yang khas di antaranya memiliki kadar panas yang tidak menentu seperti pagi panasnya menurun akan tetapi ketika malam hari panas bisa naik dengan tiba-tiba. Selain gejala tersebut biasanya penderita juga akan disertai gejala lainnya yaitu akan merasa sering pusing, mual, sakit perut, susah buang air besar atau diare, sakit tenggorokan hingga bisa menyebabkan penderita mengalami kehilangan kesadaran.

Penularan Tipes

Penularan penyakit tipes juga dapat terjadi melalui makanan yang dicuci menggunakan air yang telah terkontaminasi, kondisi ini disebabkan oleh karena buruknya sanitasi dan juga akses untuk mendapatkan air bersih. Bakteri ini juga bisa menyebar dengan cepat ketika seseorang yang telah terinfeksi bakteri menyetuh makanan atau mengolah makanan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, begitu pun dengan orang yang menyatap olahan makanan dari orang yang terinfeksi dengan bakteri atau sebelumnya telah dipakai orang yang telah terinfeksi tipes.

Jika penyakit ini tidak segera di obati maka bakteri salmonella typhi akan cepat menyebar ke seluruh tubuh melalui saluran pembuluh darah. Kondisi kesehatan akan semakin memburuk jika bakteri tersebut telah menyebar ke bagin luar dari sitem pencernaan. Parahnya lagi bakteri yang telah menyebar keluar pencernaan bisa menyebabkan kerusakan organ dan menyebabkan komplikasi kasus yang sering terjadi pada pengidap tipes yaitu terjadinya pendarahan internal dan usus bocor.

Penyebab

Penyakit tipes menjadi sebuah penyakit yang sudah biasa dan sering terjadi di negara – negara tidak berkembang dan sulit ditemukan di negara – negara maju. Manusia juga bisa menjadi pembawa penyakit tipes melalui kotoran yang bertahun – tahun tidak terbuang. Bakteri penyebab sakit tipes ini mudah sekali untuk berkembang dan masuk kedalam tubuh manusia. Maka dari itu jika anda tidak ingin terkena penayit tipes sebaiknya anda menjaga kesehatan dan pola makan anda. Anda juga diwajibakan untuk mengenali Gejala, ciri-ciri dan penyebab tipes karena ini menjadi hal yang sangat penting untuk anda ketika tau gejala tipes dan ciri – cirinya anda bisa segera tanggap untuk menanganinya dan anda juga bisa menghindari hal tersebut.

Gejala

Tipes selalu memiliki gejala awal yang terlihat seperti penyakit influenza. Terkadang penderita juga mengalami radang tenggorokan, flu, demam, sakit kepala dan demam. Kondisi awal ini memang lebih mirip seperti gejala influenza. Namun kondisi penyakit akan lebih parah setelah lebih dari satu minggu dan gejala tipes akan terlihat jelas. Berikut ini beberapa gejala yang terjadi sesuai fase perkembangan infeksi bakteri dalam tubuh.

A. Demam

Gejala tipes ringan diawali dengan demam ringan. Demam ini semakin lama akan semakin meninggi seiring dengan semakin parahnya sakit tipes, bisa mencapai 39 sampai 40 derajat Celcius di malam hari. Demam ini pada saat menjelang pagi hari dan di siang hari panasnya akan menurun dan akan terulang lagi di malam hari. Kondisi naik turunnya suhu tubuh ini biasanya akan terjadi selama kurang lebih 3 minggu pertama ketika seseorang mengalami tipes.

B. Tidak Nafsu Makan

Penderita tipes biasanya cenderung akan kehilangan berat badannya karena biasanya seseorang akan kehilangan nafsu makannya saat terjangkit tipes. Akibatnya berat badan menurun dan kondisi tubuh pun semakin lemas. Hal inilah yang harus diwaspadai supaya tidak terjadi kepada anda.

C. Bibir Pecah-Pecah

Ciri-ciri gejala tipes yang selanjutnya adalah kondisi bibir pecah-pecah dan cenderung sangat kering. Bahkan bukan hanya itu, karena biasanya seseorang yang terjangkit penyakit tipes ini juga akan mengalami peradangan di dalam tenggorokannya. Mulut pun akan mengeluarkan bau yang kurang sedap.

D. Lidah Berwarna Putih

Rasa pahit di lidah ketika makan atau minum mungkin menjadi gejala yang sudah biasa dialami oleh kebanyakan orang ketika sedang sakit. Akan tetapi bagi para penderita tipes, biasanya gejala ini diikuti dengan bagian tengah lidah yang berwarna putih. Sedangkan jika anda perhatikan pada bagian tepi lidah anda, warnanya akan tetap merah.

E. Otot Nyeri

Gejala tipes lainnya yang biasa terjadi pada penderita tipes adalah otot-otot tubuh yang terasa nyeri. Bahkan bukan hanya itu, ketika mengalami tipes kepala anda juga akan terasa pusing dan terasa berat. Jika sudah demikian, segera lakukan pemeriksaan darah untuk memastikan apakah gejala yang anda alami benar-benar gejala tipes atau bukan.

F. Diare Atau Sulit BAB

Pada beberapa kasus, biasanya orang yang terjangkit tipes akan mengalami diare. Akan tetapi tak jarang justru ada juga orang yang mengalami kondisi sulit buang air besar. Bagian perut pun akan terasa sakit yang diakibatkan oleh limfa dan hati yang bengkak. Maka dari itu tak heran jika biasanya penderita tipes akan merasa mual dan sering muntah. Ciri-ciri gejala tipes juga bisa anda lihat jika muncul bercak merah kecil pada bagian perut dan juga dada.

Cara Mengatasi Penyakit Tipes

Penyakit tipes yang tak kunjung diatasi akan mengakibatkan terjadinya kebocoran usus yang tentunya akan berakibat fatal, yaitu kematian. Maka dari itu jika anda sudah mengalami ciri-ciri gejala tipes, anda harus segera melakukan langkah penanganan supaya penyakit anda bisa segera teratasi. Cara mudah yang bisa anda lakukan adalah memeriksakan diri ke dokter supaya anda mendapatkan perawatan yang sesuai. Bagi para penderita tipes, biasanya anda akan diberikan obat antibiotik dan analgesic atau bisa juga disalurkan menggunakan infus. Selain itu anda disarankan untuk mengistirahatkan tubuh anda secara total.

Saat mengalami tipes, anda sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang lunak dan mudah dicerna. Konsumsilah bubur atau jenis-jenis makanan halus lainnya. Sedangkan pantangan makanannya adalah dilarang untuk mengonsumsi makanan yang pedas dan terlalu asam.

Penyakit tipes memang bisa menjadi penyakit yang berbahaya, namun dengan perawatan dan pengobatan sejak dini penyakit ini bisa segera disembuhkan. Sangat penting untuk mewaspadai hal-hal yang terjadi pada tubuh anda karena bisa jadi itu merupakan gejala suatu penyakit. Selain itu untuk melakukan pencegahan penyakit tipes, anda disarankan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, terutama yang berkaitan dengan yang anda konsumsi.

Obat Tradisional Yang Bisa Dibuat Sendiri

Apakah anda tahu apa penyebab penyakit tipes? Seperti yang tadi sudah kami sampaikan, tipes disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri yang bernama Salmonella Typhi ini bisa masuk ke dalam tubuh lewat mulut dan menuju ke seluran pencernaan. Bakteri tersebut kemudian berkembang biak dan melakukan aktivitas yang menimbulkan beberapa gejala sakit tipes yang khas, mulai dari demam tinggi hingga diare. Jadi kalau suatu saat anda atau orang di sekitar anda terkena tipes, cobalah beberapa obat alami penyakit tipes berikut ini.

A. Buah Sawo Muda

Obat sakit tipes tradisional yang pertama bisa dibuat menggunakan bahan alami buah sawo muda. Jika biasanya anda lebih suka menikmati sawo yang matang, buah sawo yang masih muda ternyata bisa digunakan untuk mengobati sakit tipes. Sebelum mulai membuat obat tradisionalnya, anda siapkan dulu lima buah sawo muda yang sudah dicuci sampai bersih. Setelah itu anda parut buah sawonya sampai benar-benar halus. Kemudian peras parutan sawonya dengan campuran air matang dan di seduh. Bagaimana? Mudah sekali, bukan? Untuk penggunaannya, anak-anak bisa minum satu kali sehari selama dua hari. Sedangkan untuk orang dewasa, takarannya satu kali sehari selama empat hari.

B. Mentimun Segar

Selama ini mentimun mungkin lebih dikenal sebagai obat tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun siapa sangka, kalau makanan sehat yang biasa dijadikan menu lalapan ini juga bisa menjadi obat sakit tipes. Dengan bahan alami ini anda bisa membuat ramuan tradisional yang bisa dikonsumsi selama beberapa hari. Sebelumnya persiapkan dulu dua buah timun segar yang sudah diparut sampai lembut. Kemudian anda peras parutan timunnya dan saring airnya. Untuk obat alami penyakit tipes yang satu ini bisa diminum tiga kali dalam sehari oleh orang dewasa dan anak-anak. Minum obat tradisional ini secara rutin sampai demam turun.

C. Kunyit

Selain bisa dijadikan bumbu dapur, kunyit ternyata bisa juga menjadi obat sakit tipes yang cukup manjur. Bahkan kunyit juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Cara pembuatan ramuan tradisional dari bumbu dapur kunyit ini juga tidak sulit. Adapun yang sebelumnya harus anda siapkan adalah dua ruas jari kunyit, 20 lembar daun pegagan dan 11 lembar daun sambiloto. Pertama cuci kunyitnya sampai bersih, lalu iris tipis-tipis. Begitu pula dengan daun pegagan dan daun sambilotonya, cuci sampai bersih. Rebus semua bahan-bahan tersebut dengan empat gelas air sampai mendidih menjadi tiga gelas air. Minum ramuan ini sebanyak tiga kali sehari sampai sembuh.

D. Cacing Tanah

Mendengar dari namanya saja mungkin anda sudah geli dan jijik. Meskipun demikian, obat-obatan tipes yang diolah secara modern pun banyak yang memanfaatkan cacing tanah sebagai bahan dasarnya. Hanya saja obat tersebut sudah diolah sedemikian rupa sehingga bentuk dan rasanya tidak lagi menjijikkan. Untuk obat sakit tipes tradisional, yang perlu anda siapkan adalah 10 ekor cacing tanah yang sudah dicuci bersih dan dibuang isi perutnya. Rebus cacing-cacing tersebut dengan 500 cc air selama 10 menit sampai airnya mendidih. Biarkan sampai hangat dan minum obat alami penyakit tipes tersebut tiga kali sehari.

E. Buah Pepaya

Buah pepaya mengandung serat tinggi dan sangat baik untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan. Selain rasanya yang manis, ternyata buah yang dagingnya berwarna oranye ini juga bisa dijadikan obat sakit tipes. Bahan yang anda perlukan adalah pepaya muda atau yang masih setengah matang. Parut daging buahnya sampai halus, lalu peras dan ambil airnya. Konsumsi ramuan tradisional ini setiap hari sampai gejala sakit tipes yang anda rasakan mulai menghilang. Tapi jangan lupa juga untuk tetap mengontrol kondisi anda ke dokter untuk mengetahui apakah kondisi anda sudah membaik atau belum.

Makanan Untuk Penderita Penyakit Tipes

Hal yang perlu diperhatikan selama proses penyembuhan penyakit tipes adalah asupan makanan bagi si penderita. Biasanya penderita penyakit tipes disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang lunak seperti bubur agar mudah dicerna. Selain itu, bagi penderita penyakit tipes disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan segar.

Penyakit tipes yang menyerang sistem pencernaan membuat organ pencernaan tubuh kita seperti usus sangat rentan terhadap makanan yang keras, oleh karena itu makanan lunak merupakan pilihan utama yang baik dalam proses penyembuhan penyakit tipes. Ada beberapa orang yang bilang dengan mengkonsumsi jus jambu akan membantu pemulihan dan pengobatan penyakit tipes. Jus jambu akan membantu meningkatkan sel darah putih dalam darah sehingga tubuh akan kembali bugar.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai penyebab penyakit tifus dan pencegahannya yang harus anda ketahui. Semoga menambah wawasan anda.