Waspadai Bahaya Mandi Jika Kekurangan Tidur

Mandi merupakan aktivitas yang cukup mengasyikan bagi sebagian orang. Bertemu dengan air, sabun, shampo dan seperangkatnya. Bukan hanya membuat badan segar, juga akan membuat tubuh anda wangi. Makanya, jam berapa pun banyak orang yang akan tetap melaksanakan aktivitas ini. Tak masalah itu adalah waktu yang memang tepat untuk mandi. Tak masalah dilakukan saat sesudah menyelesaikan aktivitas atau sebelumnya. Karena mandi akan membuat tubuh anda sehat dan juga segar. Bahkan banyak yang menyebutkan bahwa mandi akan memberikan semangat baru. Kondisi tubuh yang segar dan fresh mampu memicu timbulnya mood atau perasaan senang dalam tubuh.

Namun tahukah anda, jika ada jenis mandi yang berbahaya? Mandi yang berbahaya adalah mandi yang dilakukan setelah anda begadang malam. Dampak dari kurang tidur yang anda lanjutkan dengan mandi ternyata teramat buruk bagi kesehatan tubuh anda.

Kenapa Mandi Berbahaya Jika Dilakukan Saat Kurang Tidur?

Perlu anda ketahui, bahwasannya tubuh manusia dibuat sedemikian rupa bukan hanya digunakan untuk bekerja semata melainkan juga perlu istirahat. Terutama pada malam hari, tubuh sebaiknya diistirahatkan setelah sebelumnya anda menggunakannya beraktivitas selama seharian penuh. Namun tidak menutup kemungkinan pada sebagian orang, istirahat malam dilakukan secara kurang maksimal. Kebiasaan begadang sendiri bisa dilakukan karena banyak alasan seperti insomnia atau mungkin karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan.

Bagaimana Maksudnya Dengan Jenis Mandi Yang Berbahaya ?

Mandi yang berbahaya adalah mandi yang dilakukan setelah anda begadang malam. Dampak dari kurang tidur yang anda lanjutkan dengan mandi ternyata teramat buruk bagi kesehatan tubuh anda. Mandi saat anda sendiri kurang tidur dapat menyebabkan beragam gangguan kesehatan seperti terkena angin duduk mematikan serta gejala paru- paru basah. Ibarat knalpot mesin motor yang baru digunakan untuk perjalanan jauh tiba-tiba disiram air panas, maka mesin motor akan cepat keropos. Begitu juga dengan tubuh kita. Ada beberapa kondisi dan juga waktu tertentu yang menganjurkan tubuh anda tidak dalam kondisi mandi, seperti bahaya mandi tanpa tidur.  Apakah saja bahayanya? Simak ulasan berikut:

Tubuh Akan Menggigil

Begadang menjadi suatu kebiasaan bagi mereka yang tengah di kejar deadline. Biasanya di alami oleh para remaja dan dewasa madya. Karena tugas dan pekerjaan yang tak kunjung selesai, maka ia terpaksa begadang. Sayangnya waktu yang kurang, tidak mampu di gunakan untuk tidur. Akhirnya agar tetap terjaga dan terlihat segar, mereka memutuskan untuk mandi. Apakah ini akan membahayakan tubuhnya jika ia mandi dalam kondisi pagi hari?

Ternyata ini akan berpotensi membuat tubuh mengalami kedinginan. Hal ini akan menjadikan kulit menjadi mengkerut. Akhirnya tubuh akan terasa menggigil. Hal terbaik yang bisa di lakukan adalah dengan menggerakan tubuh. Sebab mampu membuat tubuh akan terasa rasa hangat.

Beresiko Terjadinya Penyumbatan

Seperti yang sudah dijelaskan pada point di atas bahwa mandi dalam kondisi kedinginan mampu menyumbat pembuluh darah. Jika keadaan pembuluh darah seseorang sudah kecil, maka hal ini bukanlah berita yang baik. Apalagi jika pembuluh darah sudah berada dalam kondisi penyempitan. Entah ada di otak atau di jantung. Yang bahaya adalah jika terjadi serangan mendadak pada pasien yang memiliki masalah jantung dan otaknya. Kemungkinan besar, bisa terjadi episode pada saat pagi hari. Karena memang kebiasaan episode serangan itu berada pada pukul 9 malam sampai jam 6 pagi hari.

Malah Membuat Mengantuk

Sebenarnya harapan utama untuk mandi yang di lakukan setelah begadang adalah agar membuat tubuh terliat fresh dan segar. Meski pun begitu, masih ada beberapa orang yang berpendapat lain. Yakni kebiasaan mandi setelah melakukan begadang atau tidak tidur semalam malah akan membuat anda mengantuk. Sebab keadaan ini akan membuat tubuh anda segar, fresh, nyaman dan dingin. Jika anda tidak melakukan aktivitas, virus mengantuk akan menjangkiti diri anda. Mengapa? akibat jarang mandi

Kondisi ingin tidur juga bisa menjangkiti bagi mereka yang merasa nyaman sampai terlalu nyaman. Sebab rasa nyaman akan membuat manusia terlena. Sehingga hawa mengantuk akan menjangkiti anda. Sama halnya ketika usai mandi. Kondisi dingin malah membuat tubuh menggigil. Sayangnya tidur tidak bisa di lakukan karena adanya kewajiban lain. Akhirnya hanya akan membuat tubuh anda terus mengantuk.

Menyebabkan Kerja Tidak Maksimal

Mandi pada waktu dini hari atau pagi pagi sekali memang di pandang baik. Karena akan memberikan rasa segar pada tubuh anda. Namun rasa segar tadi malah akan membuat tubuh anda nyaman. Sehingga yang di harapkan adalah kembali ke kasur dan tidur kembali. Padahal ada kewajiban lain yang harus anda tunaikan. Misalnya sekolah, kuliah, ataupun bekerja. Namun kebutuhan tidur anda belum terpenuhi. Lalu apakah yang akan terjadi? Pekerjaan yang akan anda lakukan malah menjadi tidak efektif. Karena tubuh anda tidak beroperasi secara maksimal.

Munculnya Mata Panda

Mata panda seringkali terlihat pada mereka yang gemar begadang. Mata panda sendiri merupakan salah satu ciri fisik mereka yang gemar begadang di samping mata berkantung, wajah tidak cerah, mata terlihat sayu, pucat dan lain sebagainya. Selain itu, begadang juga membuat kerutan muncul lebih cepat terutama pada area sekitar mata. Dalam hal ini, jelas jika begadang ternyata dapat membuat kecantikan alami anda berkurang.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai Bahaya Mandi Saat Kurang Tidur, semoga artikel sederhana ini bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya.