Yuk, Kenali Penyakit Asam Lambung Dan Penyebabnya

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau terasa terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat.

Asam lambung sangat dibutuhkan untuk membantu pencernaan. Tanpa asam lambung makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat dicerna dengan baik, sehingga zat-zat gizi tidak bisa diserap secara baik oleh tubuh. Didalam tubuh sangat diperlukan jumlah asam lambung yang seimbang. Karena jika berlebihan akan menimbulkan penyakit. Karena itu, jadwal makan yang tidak teratur sering membuat lambung sulit beradaptasi. Bila hal ini berlangsung secara terus-menerus, akan terjadi kelebihan asam dan akan mengiritasi dinding mukosa lambung dan akan menyebabkan rasa perih dan mual pun muncul. Banyak orang menganggap remeh penyakit asam lambung. Padahal jika asam lambung ini naik ke tenggorokan atau kerongkongan akan mengakibatkan kerusakan saluran tenggorokan dan akan mengakibatkan kanker.

Gejala Dari Asam Lambung

Ada beberapa gejala asam lambung yang mirip dengan gejala sakit maag, namun demikian, naiknya asam lambung tidak sama dengan penyakit maag, walaupun memiliki penyebab dan gejala yang hampir sama. Berikut dibawah ini gejalanya:

1. Munculnya rasa terbakar pada bagian dada

Sesuai namanya, asam lambung memiliki gejala yang bernama reflux, yaitu kondisi dimana asam lambung akan naik dari daerah lambung menuju kerongkongan dan bahkan ke bagian mulut. Hal ini memiliki efek panas dan terbakar pada daerah yang dilewati oleh kenaikan asam lambung tersebut, antara lain adalah bagian dada dan rongga dada.

2. Perut terasa nyeri dan perih

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, asam lambung memiliki gejala yang mirip dengan sakit maag. Salah satu gejala yang mirip adalah sama – sama memberikan rasa perih dan nyeri pada bagian lambung. Namun bedanya adalah, rasa nyeri yang disebabkan oleh naiknya asam lambung biasanya akan muncul ketika anda mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung pada tubuh anda.

3. Perut terasa mual dan kembung

Salah satu efek lanjutan dari gejala naiknya asam lambung adalah terasa mual pada bagian lambung dan perut anda. rasa mual ini akan muncul karena adanya rasa perih dan nyeri pada bagian lambung anda, sehingga seolah – olah bagian lambung terasa begah dan kembung karena naiknya asam lambung. Biasanya mual – mual ini juga akan dirasakan setelah mengkonsumsi makanan yang bersifat asam.

4. Muntah – muntah

Salah satu gejala naiknya asam lambung adalah muntah – muntah. Berbeda dengan muntah biasa karena efek makanan atau efek dari penyakit lain, biasanya sebelum muntah akan diawali oleh gejala reflux atau naiknya asam lambung ke kerongkongan hingga mulut dan diikuti dengan lambung yang terasa mual dan kembung setelah mengkonsomsi makanan yang memiliki kadar asam yang tinggi.

5. Mulut terasa pahit

Selain bersendawa dan muntah muntah, gejala lain dari asam lambung, terutama merupakan lanjutan dari gejala reflux yang terjadi pada tubuh penderitanya adalah kondisi mulut yang terasa pahit. Mulut dapat terasa pahit karena efek dari asam lambung yang naik hingga ke mulut, sehingga zat asam akan menimbulkan efek pahit pada bagian mulut.

6. Sulit menelan makanan

Terkadang gejala lain yang muncul karena naiknya asam lambung seseorang adalah sulit menelan makanan. Hal ini terjadi karena terkadang asam lambung yang naik hingga ke tenggorokan menyebabkan saluran tersebut agak tersumbat dan membuat penderitanya merasa bahwa bagian tenggorokannya mengalami benjolan – benjolan yang menghalangi prosesetertelannya makanan menuju ke lambung.

7. Nafas menjadi bau

Sifat asam dapat merusak bau mulut. Asam lambung yang sudah naik hingga ke mulut, selain akan menyebabkan rasa pahit pada rongga mulut, akan menimbulkan efek bau mulut yang tidak sedap. Hal ini akan memmbuat anda menjadi tidak nyaman ketika berinteraksi dengan orang lain, sehingga akan membuat anda dijauhi orang karena bau mulut anda.

Penyebab Asam Lambung

Asam lambung memiliki fungsi yang sangat  penting untuk manusia. Beberapa orang bisa menghadapi kondisi asam lambung yang tidak seimbang. Hal ini akan menyebabkan tubuh menjadi tidak nyaman terutama sakit perut yang terjadi dalam waktu lama.

1. Hormon

Salah satu faktor penyebab asam lambung naik yaitu hormon, perubahan hormon pada tubuh bisa menjadi faktor penyebab asam lambung naik. Hormon bisa menyebabkan asam lambung naik karena di sebabkan oleh perubahan hormon akan membuat otot penutup lambung akan lemah sehingga bisa mengakibatkan naik nya asam lambung. Maka dari itu banyak wanita yang sering mengalami asam lambung,karena wanita yang paling sering mengalami perubahan hormon, terlebih pada wanita hamil.

2. Makanan

Pada bagian otot lambung juga bisa lemah dikarenakan oleh makanan. faktor penyebab asam lambung yang paling sering pun juga banyak karena kandungan makanan yang sering di konsumsi. makanan yang terlalu banyak mengandung alkohol,dan kafein bisa menyebabkan bagian otot lambung lemah atau pun rileks, maka dari itu mengkonsumsi minuman beralkohol, kopi, dan juga coklat yang terlalu sering akan menyebabkan naik nya asam lambung karena permasalahan pada bagian otot lambung dari zat makanan tersebut. Selain itu juga faktor penyebab asam lambung bisa karena tidak mengontrol makanan dengan baik, dan menyebabkan obesitas atau berat badan berlebih juga pada penderita penyakit asam lambung.

3. Rokok

Faktor penyebab asam lambung juga bisa karena rokok, penggunaan rokok yang terlalu sering maka akan mengakibatkan bagian otot lambung juga akan lemah, maka dari itu penderita penyakit asam lambung juga banyak dari kalangan perokok aktif. Karena rokok terkandung oleh zat yang akan menyebabkan bagian lambung melemah.

4. Efek samping obat

Faktor penyebab asam lambung naik yang akan menyebabkan mual dan muntah bahkan rasa panas pada bagian tenggorokan pun juga bisa karena efek samping. penggunaan efek samping obat berbahan kimia akan menyebabkan bagian otot lambung pun bermasalah dan biasa nya jenis obat untuk penyakit hipertensi yang akan menyebabkan otot pada lambung melemah.

5. Susah menelan

Saat penyakit asam lambung sedang naik juga akan merakan kesulitan untuk menelan sesuatu, sama hal nya jika sedang menderita penyakit radang tenggorokan. Susah menelan makanan atau minuman yang terjadi juga akan menyiksa sehingga akan sangat mengganggu.

Pengobatan Penyakit Asam Lambung

Pengobatan penyakit asam lambung ada berbagai macam. Dimulai dari penanganan sendiri oleh penderita, penggunaan obat-obatan khusus, hingga melalui prosedur operasi sebagai langkah terakhir.

1. Mengatasi Asam Lambung adalah dengan minum air putih yang cukup sehari 8-10 gelas. Namun, jangan terlalu banyak minum air putih karena hal ini malah akan membuat lambung menjadi leb ih cepat penuh dan pada akhirnya akan menyebabkan produksi pada asam lambung semakin meningkat. Oleh sebab itulah, kita harus tetap mengonrol asupan air putih dalam setiap harinya.

2. Mengatasi Asam Lambung dengan menggunakan bahan alami yaitu Lidah buaya merupakan salah satu tanaman herbal alami lainnya yang bisa bermanfaat untuk membantu mengobati asam lambung dan penyakit maag. Kandungan aloenin dan magnesium laktat tang ada di dalam daun lidah buaya yang sudah diidentifikasi bisa membantu menghambat terjadinya sekresi asam lambung. Cara membuat ramuan ini adalah gel segar lidah buaya diambil, kemudian diminum untuk sekali minum. Anda bisa meminumnya sehari 2 kali secara teratur. Untuk membantu memperbaiki rasa gel tadi, maka Anda bisa menambahkan madu mursni. Untuk ibu hamil, sebaiknya jangan meminum ramuan alami ini.

3. Mengatasi Asam Lambung dengan cara mengurangi berat badan Karena salah satu penyebab dari asam lambung adalah akibat berat badan yang berlebihan. Oleh sebab itulah mengobati asam lambung naik akibat dari masalah ini adalah dengan melakukan diet serat tinggi dan juga mengonsumsi asupan karbohidrat yang kompleks yang bisa membantu mengontrol gula darah dan membantu membakar lemak di dalam tubuh.

Demikianlah artikel tentang  gejala terkena penyakit asam lambung. Sebelum penyakit dalam tubuh bertambah parah karena gaya hidup sehat yang tidak dijaga ada baiknya segera memberikan perhatian pada tubuh Anda dengan melakukan gaya hidup sehat seperti dengan berolahraga secara teratur dan juga menjaga asupan gizi seimbang. Semoga bermanfaat dan untuk mengetahui lebih lengkap tentang penyakit peningkatan asam lambung ini bisa langsung mengkonsultasikannya dengan dokter ahli.