Cleopatra, Berikut Fakta Tersembunyi Yang Jarang Diketahui

Jika berbicara mengenai Mesir, tentunya kebudayan dan juga cerita mistisnya yang sangat berkaitan dengan mumi dan juga kepemimpinan Fir’aun ini adalah hal yang sangat menarik untuk diketahui bukan? Namun tidak hanya itu, Mesir ini juga sangat dikaitkan dengan adanya seorang wanita yang terkenal dan berhubungan erat dengan Mesir yaitu Cleopatra.

Ratu Cleopatra pernah menjalin hubungan dengan Julius Caesar dan Mark Antony. Dia juga pernah terlibat dalam perebutan kekuasaan bersama saudaranya serta berjuang melawan kaisar Romawi. Si Ratu yang pintar dan memikat ini ternyata mempunyai fakta yang jarang diketahui. Berikut fakta mengejutkan tentang Cleopatra yang jarang diketahui.

1. Aset Terbesar Cleopatra Bukan Kecantikan

Bangsa Romawi menggambarkan Cleopatra sebagai wanita yang suka menggoda laki-laki dengan daya tarik dan kecantikannya untuk dijadikan senjata politik. Tapi, sebenarnya Cleopatra lebih menggunakan kecerdasannya daripada penampilannya. Cleopatra menguasai beberapa bahasa dan sangat pandai di ilmu matematika, berpidato, filsafat dan astronomi. Beberapa sumber Mesir dan para sejarawan berpendapat bahwa Cleopatra digambarkan maskulin demi menampilkan kekuatannya. Ada juga beberapa bukti bahwa Cleopatra tidak mencolok secara fisik yang diyakini selama ini.

2. Dia Terlibat Atas Kematian Tiga Saudara Kandungnya

Layaknya pernikahan keluarga, perebutan kekuasaan dan pembunuhan berencana adalah tradisi dari Ptolomeus. Setelah berhasil menguasai tahta, Cleopatra yang bekerja sama dengan Julis Caesar mengusir dan menjauhkan Suami pertamanya. Ptolemy kalah dalam pertempuran dan tenggelam di Sungai Nil. Kemudian, Cleopatra menikah lagi dengan adik laki-lakinya Ptolemy XIV. Demi menjadikan anaknya sebagai penerus tahta, Cleopatra juga telah membunuhnya. Kemudian, dia juga merancang pembunuhan terhadap Arsinoe, adiknya yang dianggap merupakan saingan dari tahtanya.

3. Alasan Kematian Cleopatra karena Kekasihnya 

Sudah kita ketahui bahwa di dalam kehidupan Cleopatra ini, akan ada kisah cintanya bersama dengan Marc Antonius yang cukup romantis dan hal ini juga membuat antara Cleopatra dan juga kekasihnya ini menang beberapa perang karena bersatu. Namun kita juga mengetahui bahwa Cleopatra ini bunuh diri sesaat setelah Marc meninggal dunia. Hal ini dikatakan karena alasan Cleopatra ingin menyusul sang kekasih dan tidak bisa hidup tanpa kekasihnya tersebut. Namun hal ini adalah hal yang salah karena sesungguhnya Cleopatra tidaklah seromantis itu, wanita ini memilih jalan bunuh diri karena dia tidak ingin dipermalukan oleh seorang pimpinan perang saingannya yaitu Oktavianus yang akan mengaraknya ke seluruh Mesir dengan dimasukkan dalam kurungan.

4. Cleopatra Bukan Wanita Mesir

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa Cleopatra ini adalah seorang yang merupakan wanita Mesir dan erat kaitannya dengan Mesir bukan? Namun sepertinya persepsi tersebut adalah sebuah hal yang salah dan harus anda rubah, hal ini karena diketahui menurut sejarah bahwa Cleopatra ini adalah seorang wanita yang berasal dari keturunan Yunani yaitu dinasti Ptolemy. Karena beberapa perang yang dilakukan oleh Yunani ini akhirnya bisa menguasai Mesir dan Cleopatra akhirnya dikirim ke Mesir untuk menjadi penguasa disana. Meskipun erat kaitannya dengan Mesir namun warga Mesir jaman dahulu tetap menganggapnya sebagai keturunan Yunani yang menjajah Mesir.

5. Rambut Berponi Milik Cleopatra

Hal berikutnya yang juga menjadi fakta salah mengenai Cleopatra ini adalah rambut berponi yang dimiliki oleh tokoh Ratu Mesir ini. Hal ini adalah hal yang salah karena sebenarnya Cleopatra ini adalah seorang wanita tomboy yang memiliki rambut ikal pendek bahkan dicukur hampiri habis. Namun hal ini adalah hal yang biasa kita lihat di dalam film Mesir bahwa Cleopatra ini digambarkan memiliki rambut pendek dengan poni yang lucu. Ternyata rambut poni ini dibentuk di awal film Cleopatra dimana rambut berponi ini adalah selera yang dituangkan oleh para sutradara kepada sosok ini agar terlihat lebih menarik.

6 Julius Cesar Jatuh Cinta Pada Cleopatra

Film Hollywood menggambarkan cinta segitiga antara Julius Cesar, Cleopatra dan Marc Anthonius. Yang sebenarnya adalah diragukan bahwa Julius Cesar tertarik pada Cleopatra, lalu Cleopatra dan Marc Anthonius terjadi setelah Julius Cesar dibunuh oleh Brutus didepan gedung senat.

Yang sebenarnya adalah Julius Cesar tertarik pada uang Cleopatra. Mesir adalah negara yang kaya dan perang sipil yang harus dihadapi oleh Julius Cesar harus menghabiskan banyak uang dimana ia harus menghadapi bekas sekutunya di Roma yakni Pompei. Tentu saja Julius Cesar mengklaim bahwa uang tersebut adalah pembayaran hutang Mesir pada Roma dimana ayah Cleopatra memiliki hutang yang cukup besar.

7. Mandi Dan Berendam Dengan Parfum

Aroma tubuh pun menjadi salah satu hal yang penting dalam kecantikan. Seseorang yang cantik tentu tidak lengkap tanpa aroma tubuh yang wangi. Maka dari itu banyak orang yang selalu menyemprotkan parfum untuk menjaga aroma tubuhnya. Lain halnya dengan Cleopatra. Ia memilih untuk mandi dan berendam dengan parfum itu sendiri di dalam bak mandinya. Tak heran jika menurut cerita, Cleopatra memiliki aroma tubuh yang sangat wangi dan bertahan sepanjang hari. Adapun aroma-aroma yang disukainya antara lain lavender, rosemary, air mawar, thyme, bahkan hingga cedar.

Itulah beberapa fakta tentang Ratu Cleopatra yang jarang diketahui. Semoga menambah wawasan anda.