Inilah Mitos Tentang Ayam Cemani

Kokok ayam bersahut-sahutan. Sebagian ayam berkeliaran. Ada jantan tengah mengejar betina, ada yang asyik makan. Ada pula yang mengeruk tanah mungkin mencari cacing. Ada yang menarik dari ayam-ayam ini. Seluruh bulu berwarna hitam. Jengger, lidah, mata, paruh, sayap, sepasang kaki, cakar dan kuku semua hitam. Mereka ini disebut ayam cemani.

Asal Usul Ayam Cemani

Ayam Selasih (Cemani ) berasal dari Indonesia yakni pulau Jawa, kata Cemani berasal dari bahasa Jawa kuno dengan arti hitam legam, dimana ayam jenis Ayam Cemani merupakan ayam lokal asli Indonesia, warna hitam legam menyelimuti seluruh bagian tubuh ayam ini, mulai dari jengger, pial, paruh, bola mata, lidah, rongga mulut, bulu, lubang dubur, kaki dan cakar. Yah, semuanya serba hitam.

Ayam Cemani menurut cerita merupakan koleksi para raja dan juga keluarga ningrat yang melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Konon ayam Cemani asli ini memiliki persentase warna hitam 100 persen dari warna darah, daging dan tulang, tetapi hingga sekarang belum ada fakta 100 persen tentang warna. Kabarnya selama warna hitam yang menyelimuti tubuh luar, lidah dan rongga mulut sudah nampak, dapat dikatakan ayam Cemani murni.

Mitos Seputar Ayam Cemani

Ukuran tubuh ayam Cemani sedikit lebih besar dibandingkan ayam kampung. Ayam Cemani jantan dewasa, pada waktu berdiri normal, mencapai tinggi sekitar 60cm dengan lingkar dada mencapai 34cm dan panjang sayap 25cm. Sedangkan ayam Cemani betina dewasa lebih pendek dengan tinggi 50cm, lingkar dada 27cm dan panjang sayap 21cm.

Mengapa Warna Ayam Cemani Hitam Sedangkan Telurnya Berwarna Putih ?

Mungkin sebagian orang masih bertanya-tanya mengapa warna ayam Cemani bisa hitam. Namun pada penelitian dikatakan warna hitam pada ayam Cemani terjadi akibat kondisi genetik unik yang disebut dengan Fibromelanosis. Dan yang paling mengherankan dari ayam Cemani adalah telurnya yang berwarna putih. Telur ayam Cemani memiliki warna dan bentuk yang sama dengan telur pada umumnya, yaitu berwarna putih tulang atau krem dengan bintik bintik merah muda.

Ketika ditelusuri dengan melihat bagian dalam dari telur tersebut pun tetap sama dengan telur ayam pada umumnya. Warna hitam baru muncul setelah embrio ayam Cemani muncul. Menurut penelitian warna telur putih disebabkan karena proses Fibromelanosisyang terjadi pada sel ayam dan tidak menular ke cangkang telur. Hal ini disebabkan cangkang telur terdiri dari kristal kalsium karbonat yang pada dasarnya sama di semua jenis ayam.

A. Ayam Cemani Membawa Sial

Tidak hanya karena keunikan fisik, mitos juga jadi hal yang membuat ayam ini terkenal. Katanya nih, ayam satu ini identik dengan anggapan membawa sial. Alasannya sendiri lantaran ayam ini katanya sangat disukai oleh jin dan setan karena memiliki tubuh serba hitam. Mitos ini mungkin tidak masuk akal ya, tapi masih banyak dipercaya orang Indonesia. Lantaran jadi hewan favorit setan, ayam satu ini pun kerap dijadikan persembahan, sesajen dan semacamnya. Bahkan ada juga yang bilang jika ingin menguasai ilmu-ilmu hitam, ayam Cemani ini jadi salah satu syarat sesajen yang harus dipenuhi.

B. Syarat Keperluan Khadam Dalam Ritual Ghaib

Ayam Selasih atau Ayam Cemani banyak dicari orang sebagai syarat keperluan khadam dalam ritual ghaib seperti: ritual penggalian harta karun (sajen khodam) perubatan, rawatan bangunan, gedung, mall, plaza, hotel, toko, pejabat, rumah, dll, untuk rawatan pelaris perniagaan di kantin, toko, kios, pasar dll. untuk ritual pembangunan projek-projek besar seperti: pembangunan jambatan, empangan, terowong, pembangunan jalan tol, terminal, pelabuhan serta projek-projek besar lain yang berhubungan dengan Alam. Selain itu Ayam Selasih atau Cemani boleh juga di gunakan untuk rawatan syukuran bumi, laut, gunung atau kawah, memandikan benda pusaka, serta buang sial, sulit jodoh, pemikat lawan jenis bagi seseorang.

C. Memperolehi Ilmu Kesaktian

Dahulu kala Ayam Cemani sering digunakan oleh para Raja, Jawara, ahli tarikat sebagai syarat sajian untuk penguasaan ilmu tertentu agar tercapai ilmu kesaktian-nya. Tapi sekarang ayam Selasih atau Cemani sukar dicari dan boleh dikatakan ayam hitam satu ini adalah Ayam termahal di dunia.

E. Penangkal Sihir Dan Keberuntungan

Di satu sisi cemani lekat dengan identitas pembawa sial, tapi di sisi lain ayam satu ini juga dikenal sebagai hewan simbol keberuntungan. Banyak yang percaya jika kehadiran ayam ini di sebuah rumah akan membuat penghuninya dibanjiri banyak rezeki serta aman dari gangguan sihir. Termasuk santet, diganggu jin dan semacamnya.

Mungkin karena punya sisi keberuntungan ini akhirnya cemani pun banyak dipelihara oleh orang-orang Indonesia. Meskipun soal keberuntungan itu hanya mitos, tapi faktanya ayam satu ini memang memberikan keuntungan besar. Ya, apalagi kalau bukan lewat banderol harganya yang bikin geleng-geleng kepala itu.

Keberadaan Ayam Cemani memang sering dicari walaupun harga yang ditawarkan kepada konsumen juga tak murah, bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Namun, tetap saja banyak orang yang berminat dan mampu dan berani membelinya, apalagi bagi orang-orang yang benar-benar sangat membutuhkan, seperti orang-orang yang sedang punya kepentingan dan hajat yang mengharuskan adanya ayam hitam ini.