Misteri Gloomy Sunday, Lagu Pengatar Kematian

Musik adalah ekspresi jiwa. Musik adalah ungkapan isi hati yang terdalam dari si penulis lagu yang menciptakannya. Itulah mengapa musik dapat memberikan dampak yang mendalam pada jiwa manusia dan emosi para pendengarnya. Namun, apakah benar jika sebuah lagu dapat menjadi penyebab dari seratus lebih kematian akibat bunuh diri?

Sebuah lagu yang berjudul Gloomy Sunday. Dalam Bahasa Indonesianya berarti “Minggu Kelabu” Lagu ini konon dikaitkan dengan berbagai peristiwa bunuh diri yang terjadi baik di negara asalnya, maupun di negara lain. Semua kasus bunuh diri itu berhubungan dengan pemutaran lagu tersebut. Lalu, kenapa lagu ini bisa memicu seseorang untuk bunuh diri? Unsur apa sebenarnya yang terkandung dalam alunan musik pada lagu tersebut sehingga mampu mempengaruhi jiwa seseorang yang mendengarnya? Siapa juga pencipta dibalik lahirnya lagu tersebut? Yuk, imak ulasannya.

Sejarah Lagu Gloomy Sunday

Lagu Gloomy Sunday merupakan sebuah lagu karangan seorang penyair asal HungariaLaszlo Javor pada tahun 1935. Kemudian karangan syair yang dibuat oleh Laszlo Javortersebut diubah dan dijadikan irama musik oleh Rezsoe Seress. Setelah dilakukan perubahan itulah, lagu Gloomy Sunday meledak di pasaran dan disukai oleh banyak orang. Namun hanya selang beberapa hari sejak peluncuran perdana lagu tersebut, sebuah peristiwa memilukan terjadi.

Lagu Gloomy Sunday yang awalnya dibuat oleh Laszlo Javor untuk kekasih hatinya tersebut, justru membuat sang wanita bunuh diri. Sebelum mengakhiri hidupnya, kekasih Laszlo Javor tersebut menuliskan sebuah surat terakhir yang berisi niatannya untuk mengakhiri hidup yang berbunyi Gloomy Sunday. Peristiwa ini membuat Laszlo Javor sangat terpukul. Karena lagu yang Ia ciptakan sebenarnya untuk sang kekasih tetapi wanita tersebut malah mengakhiri hidupnya. Kejadian bunuh diri ini tidak hanya sampai disini, karena beberapa waktu kemudian kabar mengejutkan juga datang dari seorang pegawai negeri Hungaria yang mengakhiri hidup dengan menembak diri sendiri dan mayatnya ditemukan dalam posisi menelungkup di atas kopi lirik lagu Gloomy Sunday.

Kejadian ini terus berlanjut yaitu dimana ada seorang gadis yang nekat minum racun ketika sedang mendengarkan lagu Gloomy Sunday. Bahkan yang lebih mengerikan lagi yaitu kisah yang terjadi di sebuah restoran di Budapest yaitu dimana seorang pemuda menembak dirinya sendiri setelah band musik di restoran tersebut menyanyikan lagu Gloomy Sunday.

Seorang wanita asal New York yang berprofesi sebagai sekretaris ditemukan tak bernyawa setelah mendengar lagu ini. Ia memutuskan untuk bunuh diri dan meninggalkan surat wasiat agar lagu Gloomy Sunday diputar di pemakamannya. Warga New York lainnya yang telah berusia 82 tahun juga ditemukan meninggal dunia setelah melompat dari jendela apartemennya di lantai tujuh. Sebelum kejadian, ia terlihat memainkan lagu Gloomy Sunday dengan pianonya.

Melihat kekacauan yang terjadi akibat lagu ini dan ditambah situasi pemerintah Hungaria pada saat itu sedang tak terkendali maka pemutaran lagu Gloomy Sunday dilarang diputar ditempat-tempat umum. Namun ketenaran lagu ini tidak bisa dihentikan dan telah menyebar ke Negara lain, bahkan Di Inggris lagu ini juga banyak memakan korban sehingga dilarang diputar di BBC (British Broadcasting Channel). Tak hanya Inggris, Amerika juga melarang pemutaran lagu ini di negaranya. Tidak tanggung-tanggung bahkan telah ada sekitar 200 laporan percobaan bunuh diri akibat lagu ini.

Bahkan pada tahun 1968, Rezsoe Seress yaitu orang yang mengubah Gloomy Sunday menjadi musik meninggal dengan melompat bunuh diri dari lantai delapan disebuah bangunan. Bukan itu saja semenjak Ia mengubah lagu Gloomy Sunday menjadi musik, ia tidak bisa merilis lagu laris lainnya. Sebelum meninggal, Resz pernah mengungkapkan bahwa lagu yang sempat menjadi hits ini mewakilkan kepedihan hatinya karena entah mengapa dia tahu bahwa dia tidak akan pernah lagi membuat hits kedua. Lagu itu sudah menambah keputusasaan nya tentang hidup. Namun, dia meninggalkan kita dengan pikirannya:

“Aku berdiri di tengah-tengah kesuksesan yang mematikan ini sebagai pria yang dituduh. Ketenaran fatal menyakitkanku. Aku menangisi semua kekecewaan hatiku ke dalam lagu ini dan tampaknya bahwa orang lain dengan perasaan sepertiku telah menemukan luka mereka sendiri di dalamnya.”

Apa yang bisa kita ambil dari pemikiran seorang Seress di atas? Sebenarnya, banyak sekali lagu-lagu sedih yang telah ditulis. Banyak juga lagu-lagu yang tidak sedih yang mungkin ditulis oleh penulisnya sebelum ia bunuh diri. Namun, mengapa banyak yang menyalahkan lagu Gloomy Sunday sebagai pemicu dari berbagai kasus bunuh diri?

Kemudian Lagu ini dinyanyikan kembali oleh Bllie Holiday dan menjadi hits besar sehingga banyak diputar diberbagai stasiun radio dan yang lebih mencengangkan angka bunuh diri meningkat pesat ketika lagu ini diputar. Bahkan penyanyi yang mengcover lagu Gloomy Sunday versi Billie Holiday mengakhiri hidupnya di rumah ayahnya di Dundee pada tahun 1968.

Penjelasan Teori Ilmiah Tentang Gloomy Sunday

Misteri di balik lagu Gloomy Sunday ada teorinya. Teori yang dibawa oleh Hawkson adalah tentang bagaimana dulunya dunia yang dihuni oleh banyak manusia yang berasal dari suku yang berbeda-beda, begitu juga dengan agama dan budaya mereka di masa lalu. Ritual nyanyian dan tarian merupakan hal yang sama yang kita bakal temukan pada setiap suku di dunia ini yang tentunya dimiliki oleh mereka. Biasanya tarian dan nyanyian khas yang mereka miliki adalah untuk memuji dewa atau tuhan mereka dan bisa jadi nyanyian pun dijadikan ritual persembahan oleh sebagian tokoh-tokoh agama pada masing-masing suku tersebut.

Gloomy Sunday lagu pembawa kematian bukanlah lalu merupakan lagu yang semata-mata akan menimbulkan rasa ingin bunuh diri begitu saja. Satu hal yang mungkin tidak disadari oleh diri kita di sini adalah sisa-sisa pengalaman masa lalu yang disebutkan sebelumnya dan sebuah memori bisa saja datang ketika kita sedang dalam keadaan sedih, galau, gundah dan bimbang. Orang yang tengah galau dan sedih apabila mendengarkan lagu yang juga bersifat sama justru akan membuat emosi kesedihan tersebut meningkat dan memori akan memori pengorbanan kepada dewa pun terbuka.

Mungkin pertanyaannya di sini jika memang memori masa lalu datang, bukankah biasanya kita akan mengorbankan orang lain? Pada zaman dulu, pengorbanan diri sendiri dianggap menjadi hal yang suci dan membawa berkah oleh beberapa kebudayaan sehingga pengorbanan dilakukan dengan hati sukacita. Semoga apa yang dijelaskan di sini dapat menjawab rasa penasaran soal misteri lagu kematian Gloomy Sunday.

Itulah sedikit sejarah Gloomy Sunday yaitu lagu kematian yang menyedihkan. Anda mau dengar lagunya ? Silahkan simak video dibawah ini

Bagaimana menurut kalian ? Jika Anda penasaran dengan artinya ini berikut terjemahan lirik lagu Gloomy Sunday versi Indonesia

Minggu yang suram
Tanpa jam tidur yang nyenyak
Tersayang,bayanganku hanya tinggal dengan jumlahnya
Bunga putih kecil Tidak akan pernah membangunkan kamu
Tidak dimana pelatih hitam
Kesedihan telah bersama kamu
Malaikat tidak pernah berpikir untuk kembalikan kamu
Apa mereka akan marah,jika aku memikirkan bergabung dengan kamu?

Minggu yang suram
Minggu yang suram,dengan bayang-bayang
Aku menghabiskan itu semua
Hatiku dan aku
Telah memutuskan untuk mengakhiri semuanya
Segera akan ada lilin
Dan doa yang menyedihkan aku tahu
Biarkan mereka tidak menangis
Biarkan mereka tahu
Bahwa aku senang pergi
Kematian adalah mimpi
Kematian,aku membelaimu
Dengan jiwa terakhir dari jiwaku
Aku akan memberkatimu

Minggu yang suram
Bermimpi,aku hanya bermimpi
Aku bangun,dan aku menemukanmu sedang tertidur
Didalam hatiku,disini
Sayang,aku berharap bahwa mimpiku
Pernah menghantuimu
Hatiku untuk kamu
Betapa kuinginkan kamu

Mungkin orang Indonesia menganggap lagu ini tidak serem karena tidak tahu arti nya, jika di artikan dengan baik jadilah seperti diatas. “Tanpa jam tidur yang nyenyak” maksud nya adalah tidur tidak nyaman lalu suka memikirkan seorang kekasih yang sudah meninggal, “Bunga putih kecil,tidak akan pernah membangunkan kamu” maksud nya adalah bunga yang selalu ada di pemakaman dan bunga ini tidak akan pernah membangunkan orang yg sudah mati.

“Malaikat tidak pernah berpikir untuk kembalikan kamu. Apa mereka akan marah,jika aku memikirkan bergabung dengan kamu?” maksud dari bait ini adalah orang yang sudah mati tidak akan bisa di hidupkan lagi lalu sang penulis pun marah dan ingin menyusul nya untuk pergi ke alam sana, tetapi penulis pun pikiran nya jadi kacau dan mungkin tidak bisa berpikir karena dia ingin bunuh diri tetapi takut malaikat memarahinya dan ini akan membuat otak kita kacau.

“Hatiku dan aku. Telah memutuskan untuk mengakhiri semuanya. Segera akan ada lilin” maksud nya adalah hati nya sudah memutuskan untuk bunuh diri dan lilin itu adalah sebuah upacara kematian. “Aku bangun dan aku menemukanmu sedang tertidur” Penulis terbangun dari mimpinya dan menemukan kekasih yang sangat di cintainya telah meninggal atau tertidur untuk selama lama nya.

“Hatiku untuk kamu Betapa kuinginkan kamu Minggu yang suram” Penulis di cirikan adalah orang yang setia terhadap kekasih nya dan menginginkan kekasih nya kembali ke pelukan nya tetapi dia sudah tidak ada. Lalu pada hari minggu itu dia bunuh diri dan ingin segera bertemu dengan kekasih nya.

Jika dibaca lirik nya berulang ulang dengan sepenuh hati maka kalian akan mendapatkan kesedihan-kesedihan dulu yang pernah kalian alami pada saat hidup dan itu akan membuat otak anda menjadi pusing, sedih, galau semua rasa itu campur aduk. Dan kalian mungkin akan bilang “Lebih baik mati daripada harus hidup disini dengan penuh masalah” Jangan di baca jika anda dalam keadaan sedih.

Itulah artikel misteri tentang lagu gloomy sunday. Semoga apa yang dijelaskan di sini bisa menjawab rasa penasaran soal misteri lagu kematian Gloomy Sunday.