10 Buah Eksotis Dari Indonesia

Manfaat buah untuk kesehatan tubuh kita sangatlah penting dan buah juga dapat menjadi bagian terpenting untuk kesehatan tubuh. Berbagai manfaat buah untuk tubuh diantaranya adalah sebagai antibodi dan menjadi sumber vitamin terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Buah menjadi salah satu makanan sehat yang sangat dibutuhkan untuk membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar, baik disaat usia muda maupun disaat usia tua.

Dengan mengkonsumsi buah, tubuh akan mendapatkan vitamin, serat dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Buah juga dapat menjadi antioksidan yang dapat menjaga kekebalan tubuh dan dapat melawan segala macam penyakit degeneratif seperti kanker, penyakit jantung dan stroke.

Karena terletak di iklim tropis, Indonesia dapat  menghasilkan buah-buahan enak yang membuat warga negara lain iri, seperti apel, jeruk dan semangka. Mungkin Anda akan kesulitan menemukan buah-buahan eksotis dan enak ini di negara lain. Inilah buah-buahan yang sering Anda anggap biasa, namun dianggap eksotis dan sangat enak di negara lain.

1. Durian

Kalau buah yang satu ini tidak perlu Anda ragukan lagi dasyatnya. Banyak bule yang penasaran dengan rasa durian, namun kebanyakan bule enggak tahan dengan aroma durian karena dianggap terlalu bau dan rasanya aneh. Walau begitu, durian adalah buah kebanggan negara di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Buah dengan bentuk runcing dan tajam di bagian luar nya ini memiliki harga yang cukup mahal, apalagi yang dagingnya tebal dan rasanya manis.

Kadang penikmat durian sampai mabuk, pusing dan mengalami tekanan darah tinggi setelah makan durian, namun karena sensasinya enak, durian tetap jadi buah kesukaan. Nama ‘durian’ berasal dari kata bahasa Malay-Indonesian duri atau “spike”. Buah durian dianggap oleh banyak orang di Asia Tenggara sebagai “raja buah”, buah durian dapat tumbuh besar sekitar 15 sentimeter ( 6 inci)  dan panjang 30 cm (12 inci), biasanya beratnya satu sampai tiga kilogram, bentuknya berkisar lonjong ke putaran, warna kulit hijau kecoklatan dan warna daging kuning pucat ke merah-merahan , tergantung pada spesies.

2. Salak

Salak memiliki penampakan bagian luar yang cukup menakutkan dibandingkan buah pada umumnya. Jika tidak berhati-hati saat mengupas kulitnya, jari Anda bisa terluka. Namun sebenarnya kulit salak bisa dikupas dengan mudah dan Anda bisa menikmati salak yang manis dan enak.

Salak (Salak zalacca) adalah spesies pohon palem (keluarga Arecaceae) asli Jawa dan Sumatra. Dibudidayakan di daerah lain sebagai tanaman pangan dan  dinaturalisasikan di Bali, Lombok, Timor, Malaysia, Maluku dan Sulawesi.
Ada banyak jenis salak di Indonesia, mulai dari yang rasanya sepat asam hingga yang rasanya manis seperti gula pasir. Salak sering menjadi buah yang dijadikan manisan dan rasanya menjadi lebih kaya. Namun hati-hati, ada yang percaya jika terlalu banyak makan salak bisa menyebabkan sembelit.

3. Kedondong

Anda suka sama yang asam-asam? Atau suka buat rujak? Buah yang satu ini pasti sering Anda jadikan campuran untuk membuat rujak. Buah kendongdong juga bisa dijadikan manisan dan bisa dimakan langsung serta diolah menjadi aneka ramuan herbal yang sangat berkhasiat bagi kesehatan.

Kedondong ini merupakan tanaman buah yang umumnya banyak sekali terdapat di seluruh daerah tropic dan termasuk ke dalam Angiospermae. Biasanya dalam bahasa Inggris orang sering menyebutnya dengan ambarella,
pohon khatulistiwa atau tropis dengan buah-buahan yang dapat dimakan mengandung lubang berserat. Hal ini dikenal dengan banyak nama lain di berbagai daerah Kadondong (Sunda), Kedondong (Jawa), Kedundung (Madura), Kacemcem (Bali), Inci (Bima,NTT), Karunrung (Makasar) dan Dau kaci

4. Duku

Duku dikenal sebagai jenis buah-buahan dari anggota suku Meliaceae. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat ini memiliki kemiripan dengan buah langsat, kokosan, pisitan, celoring dan lain-lain dengan beragam variasi. Banyak orang yang beranggapan jika buah ini merupakan buah yang memiliki cita rasa yang pahit saat di makan, seandainya biji duku tergigit memang akan terasa pahit. Tetapi siapa yang menyangka jika buah yang satu ini memiliki manfaat yang berguna bagi kesehatan.

Tinggi pohon duku rata-rata ukuran nya mencapai 30 meter dengan diameter 75 cm. Batang pohon duku tumbuh dalam cara yang tidak teratur dengan akar timbul di atas tanah. Kulit pohon berwarna kelabu dengan bintik-bintik yang terang dan getah pohon duku sangat tebal dan berwarna susu.

5. Jambu biji

Buah jambu biji yang memiliki nama latin Psidium guajava adalah tanaman tropis yang banyak tersebar khususnya di benua ASIA, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam manis .

Jambu biji (Psidium guajava) termasuk buah-buahan tropis yang mudah didapatkan di Indonesia. Buah ini mampu berbuah sepanjang musim dengan panen raya biasanya jatuh di bulan Februari dan Maret. Jambu biji bahkan dapat ditanam di pekarangan maupun pot. Jambu biji memiliki rasa antara manis dan asam. Tak hanya menawarkan kelezatan, buah asal Brazil ini juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

6. Pisang

Tentu saja Anda sudah tau apa itu pisang, pisang adalah buah yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Pisang merupakan nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang yang berasal dari suku Musaceae.

Beberapa jenisnya (Musa acuminata, Musa balbisiana dan Musa xparadisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang di makan sama. Buah pisang ini biasanya berwarna kuning jika buahnya sudah matang. Buah pisang ini bukan hanya mempunyai satu warna saja tetapi ada juga warna kuning, jingga, hijau, hitam, ungu dan merah.

Buah pisang juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kita antara lain dapat membantu proses kelancaran pencernaan, membantu menurunkan tekanan darah, menyeimbangkan air didalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, membantu penyakit luka dalam seperti luka lambung, mengobati sakit maag dan menormalisasikan fungsi sistem saraf.

7. Rambutan

Masa rambutan termasuk buah eksotis? Yup, karena para bule dan warga negara empat musim dipastikan sulit menemukan buah ini di negara mereka. Sementara  kita sangat mudah menemukan rambutan, bahkan mungkin Anda menanamnya di halaman rumah.

Rambutan memiliki bentuk unik dengan tekstur seperti rambut di bagian kulitnya. Jika masih hijau, tandanya belum matang. Jika sudah merah, berarti sudah matang dan manis. Ada banyak jenis rambutan di Indonesia, yang paling disukai adalah jenis binjai yang memiliki daging tebal dan kulit arinya mudah lepas.

Rambutan adalah pohon tropis menengah termasuk dalam keluarga Sapindaceae. Nama ini  juga mengacu pada buah yang dihasilkan oleh pohon ini. Rambutan ini berasal dari Filipina, Malaysia dan daerah tropis Asia Tenggara lainnya. Hal ini terkait erat dengan beberapa buah lainnya  termasuk lychee, lengkeng, dan mamoncillo. Nama ‘rambutan’ berasal dari kata bahasa Melayu untuk rambut atau “rambut”, satu rujukan kepada buah yang berbulu, bersama dengan akhiran kata benda-bangunan. Di Vietnam, hal ini disebut chôm chôm (berarti “rambut berantakan”) seperti rambut yang mengelilingi kulit buah.

8. Belimbing


Kaget karena belimbing masuk kategori buah eksotis? Buah ini jarang ada di negara lain lho. Bentuk belimbing yang unik seperti bintang membuatnya terkenal dan para bule pasti penasaran ingin mencicipi rasanya yang asam manis.
Belimbing biasanya dimakan langsung dengan cara digigit atau diiris. Belimbing biasanya menjadi buah yang mudah dijumpai, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket. Belimbing berkualitas bagus biasanya berdaging tebal dan rasanya manis. Siapa yang suka belimbing?

9. Cempedak


Siapa yang menyukai buah dengan aroma kuat ini? Buah Cempedak sekilas memang sama dengan buah Nangka. Di mana kulitnya berduri kecil berwarna hijau dan bagian dagingnya berwarna kuning terang. Aroma buah Cempedak dan Nangka memang sama–sama kuat namun buah Cempedak lebih juara. Banyak yang mengatakan aroma buah cempedak hampir sama dengan buah Durian.

Tanaman ini berasal dari asia tenggara dan menyebar luas mulai dari wilayah Tenasserim di burma, semenajung malaya termasuk thailand dan sebagian Kepulauan Nusantara: sumatra, borneo, sulawesi, maluku hingga ke papua. Juga banyak didapati di jawa bagian barat.

Dikenal secara luas sebagai cempedak atau campedak, buah ini juga memiliki beberapa nama lokal seperti bangkong (cempedak hutan, bentuk liar di Malaysia), baroh (Kep. Lingga dan Johor), nangka beurit (sunda), nongko cino (jawa), cubadak hutan (minangkabau) tiwadak (banjar) dan lain-lain

10. Manggis

Siapa yang dulu suka main tebak-tebak buah manggis? Buah yang satu ini dianggap seksi oleh sebagian warga negara lain Buah manggis memiliki kulit yang sangat tebal namun mudah membukanya. Bagian pelapis memiliki warna merah tua kehitaman.

Di bagian dalam, Anda akan menemukan daging manggis yang manis asam,berair,agak berserat  dan berisi cairan vesikel Buah manggis sering dijadikan permainan dengan menebak berapa isinya. Ada yang lima atau enam. Yang pasti, buah manggis mudah dijumpai dan tidak terlalu mahal. Manggis (Garcinia mangostana) adalah sebuah pohon cemara tropis yang diyakini berasal dari Kepulauan Sunda dan Maluku. Tumbuh terutama di Asia Tenggara.

Itulah beberapa buah eksotis dari Indonesia yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat guys.