5 Manfaat Rumput Laut Yang Harus Diketahui

Rumput laut adalah salah satu jenis makanan laut yang sangat bergizi untuk kesehatan. Tetapi dapat digunakan sebagai bermacam-macam produk olahan, rumput laut juga menawarkan kandungan protein yang cukup tinggi. Semua jenis rumput laut seperti Dulse, Bladderwrack, Kombu dan Lottuse laut Nori. Semuanya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dibawah ini adalah beberapa manfaat rumput laut yang harus diketahui.

1. Sumber yang kaya vitamin

Rumput laut yang dikenal sebagai makanan super sehat karena makanan ini mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, kalsium, besi, kalium, yodium dan vitamin B12. Rumput laut kaya vitamin karena telah mengalami mineralisasi di air laut. Pada kenyataannya, makanan super ini juga diyakini memiliki lebih banyak kalsium dibandingkan daging sapi, brokoli dan susu. Menakjubkan bukan? Oleh karena itu, jika Anda mencari makanan yang dapat memenuhi semua kebutuhan gizi Anda, maka konsumsi lah rumput laut.

2. Tiroid

Manfaat lain dari rumput laut yang dapat menjaga kesehatan anda. Alasannya adalah karena rumput laut yang mengandung yodium. Tiroid memainkan peran penting dalam metabolisme sel dan fungsi fisiologis tubuh. Tidak adanya yodium, tubuh tidak dapat mensintesis hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid. Ini adalah alasan mengapa banyak orang yang kini mulai beralih ke rumput laut untuk menggantikan fungsi dari garam.

3. Kaya serat

Rumput laut ini kaya serat larut. Jika dikonsumsi, rumput laut akan berubah menjadi gel yang membantu pencernaan dalam tubuh. Dengan memperlambat fungsi pencernaan, rumput laut ini berguna untuk menyerap kolesterol dan kelebihan gula. Selain itu, serat yang hadir dalam rumput laut juga membantu dalam meningkatkan bakteri baik dalam perut yang ada serta membantu proses pencernaan dan memperkuat dinding perut.

4. Berat badan (Diet)

Satu porsi rumput laut berisi 5 hingga 20 kalori. Selain itu, kehadiran yodium di rumput laut juga memastikan bahwa kelenjar tiroid mengatur metabolisme tubuh sehingga berat tetap seimbang. Pada kenyataannya, sekarang mineral di rumput laut bekerja untuk membuang lemak dalam tubuh.

5. Proteksi terhadap kanker

Rumput laut kaya anti-oksidan yang berkhasiat untuk mencegah pertumbuhannya kanker dan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Ini adalah anti-oksidan senyawa kimia yang disebut Lignan. Senyawa ini diketahui bekerja untuk memperlambat pertumbuhan tumor serta membantu mengirimkan sel-sel kanker dari tubuh melalui aliran darah. Rumput laut juga dikenal memiliki sifat yang mencegah kanker yang berhubungan dengan estrogen. Penelitian menunjukkan bahwa rumput laut dapat mencegah kanker usus besar karena hal ini kaya asam folat.

6. Penangkal racun

Rumput laut bisa digunakan sebagai penangkal hebat yang berguna untuk melindungi Anda dari berbagai racun yang berasal dari internal dan lingkungan sekitarnya. Selain itu, rumput laut memiliki kemampuan untuk mengubah racun-racun lingkungan yang dibuat oleh polusi. Bahkan, rumput laut ini juga kaya dengan klorofil yang membantu untuk detoksifikasi tubuh internal.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih…