Amazing, Desa Paling Unik Di Dunia

Ada banyak sekali keanehan dan keunikan di dunia ini yang belum diketahui. Contohnya saja apa yang bisa menjadi daya tarik dari sebuah desa? Pemandangannya yang indah, hawanya yang sejuk atau makanan tradisionalnya yang super lezat? Ah, itu sudah biasa. Nah, yang membuat desa-desa di bawah ini unik adalah karena tatanannya tidak seperti desa biasanya. Seperti apa keunikannya? Mari kita simak beberapa desa unik di dunia berikut:

Oymyakon, Desa Paling Dingin dan Beku

Desa manakah yang menyandang tempat terdingin di dunia, desa itu bernama Desa Oymyakon di Rusia. Desa ini disebut sebagai desa terdingin di dunia, sebab temperaturnya mencapai minus 71,2 derajat Celcius dengan suhu rata-rata sebesar minus 50 derajat Celcius. Sangat dingin bukan, suhu tersebut tercatat sebagai suhu terendah yang pernah terjadi di suatu tempat pemukiman di bumi dan yang terdingin yang pernah terjadi di belahan bumi Utara. Meski demikian, ada sekitar 500 orang yang menetap dan betah tinggal di sini. Sebagian besar bekerja sebagai penggembala rusa, pemburu dan pemancing es.

Kata Oymyakon sendiri dalam bahasa lokal yang berarti “air yang tak bisa membeku”. Sangat berlawanan dengan keadaannya, yang tentu airnya selalu membeku. Sebagian besar penduduk di Oymyakon sangat mengandalkan batubara dan kayu, untuk dibakar dan menghangatkan tubuh mereka. Masih jarang warga disana yang memanfaatkan kemajuan teknologi modern. Saking dinginnya, tak ada tumbuh-tumbuhan yang bisa hidup di Oymykakon ini. Untuk mengisi tenaga dan menjalani aktivitas sehari-hari, masyarakat biasanya makan daging rusa dan kuda. Yang unik, cuma ada 1 toko yang bisa mereka datangi untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Kalachi, Desa Dengan Penduduk Yang Memiliki Penyakit Tidur

Lebih dari seperempat penduduk Kalachi memiliki penyakit aneh yang membuat mereka tertidur seharian penuh dan terbangun dengan kondisi lemah, pusing, serta kehilangan ingatan. Penyakit aneh ini mulai muncul sejak tahun 2013 lalu dan masih ada hingga saat ini. Lebih dari 20 ribu tes dilakukan untuk mencari tahu kondisi air, udara, makanan dan orang-orang di Kalachi. Anehnya tak ada hasil yang terindikasi menjadi penyebab dari penyakit ini. Sejak tahun 2015, sudah ada 125 kasus baru yang dilaporkan dan belum ada penanganan yang efektif.

Lembah Boneka Nagoro

Nagoro adalah sebuah desa yang cukup terpencil di Negara Jepang dimana penduduknya adalah boneka, hanya beberapa orang saja yang masih tinggal di desa tersebut. Awalnya desa Nagoro dihuni oleh banyak penduduk, namun seiring waktu banyak dari mereka yang meninggal dan pindah. Hingga suatu hari seorang nenek bernama Ayano Tsukimi (64 tahun) membuat boneka sebagai pengganti orang-orang yang telah meninggalkan desa. Tiap satu orang yang pergi, ia akan membuat satu boneka, begitu seterusnya hingga boneka menjadi banyak.

Desa Yangsi, Desa Para Kurcaci

Pergilah ke desa Yangsi di Tiongkok, mungkin akan membuat kalian merasa seperti di negeri dongeng. Pasalnya, 40 persen warga di Yangsi ini lebih pendek dari tinggi manusia normal. Desa Yangsi dihuni sekitar 80 warga dan memiliki penghuni kurcaci sebanyak 36 orang sehingga kerap disebut “Desa Kurcaci”.

Bahkan yang paling tinggi di desa ini pun hanya 90 cm sedangkan paling pendek adalah 60 cm. Jumlah tersebut angkanya dianggap terlalu tinggi untuk disebut sebuah kebetulan, namun juga belum ada ilmuwan yang bisa memastikan apa penyebabnya. Menurut kisah para sesepuh desa, mereka pernah mengalami serangan wabah misterius yang mempengaruhi kondisi anak-anak usia 5-7 tahun. Mereka tiba-tiba berhenti tumbuh dan tetap setinggi itu hingga akhir hayat dan sebagian dari mereka menderita cacat.

Shani Shingnapur, Desa Tanpa Pintu

Ada sebuah desa di negara India dengan sekitar 300 bangunan yang ada di lingkungannya, tak ada satupun yang memiliki pintu. Lembaga pendidikan, perkantoran serta bank yang berada di daerah itu pun juga tak memiliki pintu. Keunikan itu berasal dari kepercayaan umat Hindu kepada Dewa Shani yang bertugas sebagai Dewa Pelindung. Mereka percaya Dewa Shani menjaga keamanan tempat mereka. Hal ini berdasarkan mimpi kepala desa yang mengaku didatangi Dewa Shani dan dijamin keselamatan seluruh warga desa dari segala macam bahaya. Desa yang berpenduduk tak kurang dari 5 ribu jiwa itu kini menjadi salah satu tujuan pelancong mancanegara yang penasaran dengan keunikan desa tanpa pintu itu.

Desa Hokse, Desa Satu Ginjal

Kalian percaya atau tidak, penduduk desa Hokse, Nepal begitu miskin hingga terpaksa harus menjual organ Ginjal mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup. Praktek ini sudah menyebar luas hingga desa ini di juluki “Ginjal Village”. Para agen organ tubuh secara teratur mengunjungi desa ini dengan harapan meyakinkan para penduduk yang kekurangan uang untuk menjual ginjalnya kepada mereka. Agen ini juga terkenal sering menipu warga yang tidak bersalah untuk diajak ke India Selatan untuk melakukan operasi ginjal mereka.

Mereka menghasut para warga dengan mengatakan bahwa manusia hanya membutuhkan satu ginjal untuk bertahan hidup dan setelah di operasi, ginjal mereka akan tumbuh kembali. Trik ini mereka gunakan untuk menipu seorang ibu empat orang anak yang akhirnya menjual ginjalnya hanya seharga $2000 yang digunakannya untuk membeli rumah. Tapi sayang rumah tersebut hancur oleh gempa mematikan yang mengguncang Nepal pada tahun 2015 silam.

Ganxi Dong, Desa Para Jago Kungfu Di Cina

Ganxi Dong merupakan sebuah desa kecil yang tersembunyi di balik Gunung Tianzhu, Cina. Desa ini berhasil menarik perhatian dunia lantaran seluruh penduduknya jago kungfu. Penduduk Ganxi Dong yang merupakan salah satu etnis minoritas di Cina, mempertahankan budaya kungfu lokal yang terus diajarkan secara turun-temurun.

Ada 2 alasan mengapa seluruh penduduk Ganxi Dong jago kungfu. Yang pertama adalah untuk melindungi diri dari serangan hewan buas yang membahayakan penduduk dan yang ke dua untuk melindungi diri dari serangan penduduk desa lain. Hmm, jangan coba-coba bikin masalah kalau berkunjung ke sini ya.

Demikianlah beberapa desa unik di dunia, karena memiliki keunikan tersebut, banyak wisatawan yang akhirnya mendatangi keempat desa itu dan membuktikan sendiri keajaibannya. Anda juga berminat?