Amazing, Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Apakah Anda tahu bahwa manfaat donor darah ternyata bukan hanya pada penerima donor darah tersebut tetapi pendonor juga memiliki banyak manfaat. Tidak hanya orang yang membutuhkan donor darah saja, tetapi bagi orang yang mendonorkan darahnya banyak manfaat yang diperoleh, sekaligus menyelamatkan banyak nyawa orang yang membutuhkannya. Apalagi kebutuhan darah setiap tahunnya terus bertambah. Banyak yang beranggapan kalo donor darah bikin seseorang merasa sakit dan lelah setelah dilakukan. Hal tersebut cuma sesaat kok. Malahan Anda bakal mendapatkan beberapa manfaat yang baik buat tubuh. Mau tahu manfaat apa aja yang bisa kita dapatkan ketika kita donor darah? Dibawah ini jawabannya.

1. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung Dan Pembuluh Darah

Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah. Kekentalan darah merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah. Gesekan yang terjadi pada pembuluh darah ini dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko terjadinya sumbatan pembuluh darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin melakukan donor darah memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung 88% lebih kecil daripada mereka yang tidak melakukan donor darah.

Selain itu, donor darah juga membantu membuang kelebihan zat besi yang terdapat dalam tubuh. Zat besi yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Hasil dari proses oksidasi tersebut dapat menumpuk pada dinding arteri dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke. Melalui donor darah, kadar zat besi dalam tubuh dapat menjadi lebih stabil dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

2. Memperpanjang Umur

Mungkin tidak disadari juga oleh kebnyakan orang bahwa melakukan aktivitas donor darah secara rutin ternyata dapat memperpanjang umur seseorang. Orang yang memang sengaja melakukan aktivitas donor darah untuk alasan sosial memang lebih diuntungkan daripada orang yang melakukan donor darah dengan terpaksa atau alasan tertentu lainnya yang condong ke arah egois.

Orang yang melakukan donor darah dengan sukarela secera signifikan dapat memperpanjang usianya beberapa tahun menurut sebuah hasil studi yang pernah dilakukan di dunia. Ini menjadi sebuah pembelajaran juga bagi orang untuk mengesampingkan alasan duniawi jika ingin membantu seseorang.

3. Mendeteksi Penyakit Lebih Awal

Dengan melakukan donor darah secara rutin, kita bisa mendapatkan manfaat mendeteksi resiko penyakit yang akan muncul di kemudian hari. Disini sebelum melakukan donor, kesehatan kita akan diperiksa oleh dokter. Dokter tidak akan mengizinkan orang melakukan donor jika kesehatannya tidak mendukung.

Ketika melakukan pemeriksaan kesehatan tersebut, dokter akan memberitahu kemungkinan penyakit apa yang dapat menyerang tubuh. Dengan mengetahui ancaman kesehatan yang akan mengancam diri, kita bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi penyakit tersebut. Jadi jika penyakit yang akan dialami termasuk penyakit yang parah, kita sudah melakukan beberapa langkah untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh Anda saat melakukan donor darah dapat mengurangi risiko terkena kanker. Besi dianggap sebagai salah satu zat penyebab meningkatnya kerusakan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker dan penuaan. Sebuah penelitian yang melibatkan 2 kelompok dengan total 1200 orang memperlihatkan bahwa kelompok yang melakukan donor darah 2 kali dalam satu tahun memiliki kadar besi dalam darah dan risiko kanker yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok yang tidak melakukan donor darah.

5. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Manfaat donor darah selanjutnya adalah meningkatkan produksi sel darah merah. Ketika donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun segera memproduksi sel darah merah baru guna menggantikan yang hilang. Tubuh pun sudah dapat menggantikan darah sel-sel darah merah yang hilang ketika didonorkan dalam beberapa minggu. Rajin melakukan donor darah berarti membuat tubuh kita menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

6. Meningkatkan Kesadaran Sosial

Semakin berkembangnya jaman, kebanyakan orang menjadi lebih memikirkan dirinya sendiri ketimbang orang lain. Hal ini membuat tingkat kesadaran sosial menjadi menurun. Kita menjadi terkesan cuek terhadap kondisi orang lain. Hal ini tentunya berlawanan dengan prinsip bahwa manusia adalah makhluk sosial.

Dengan donor darah diharapkan dapat meningkatkan kembali kesadaran sosial yang telah turun. Membantu sesama melalui sumbangan darah kita merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan positif yang dapat kita lakukan. Jiwa orang selamat, kesadaran sosial menjadi meningkat.

7. Bisa Menyelamatkan Hidup Seseorang

Semua orang tentunya ingin menjadi seorang pahlawan. Pahlawan disini tidak perlu sampai ikut negara berperang melawan teroris, tapi hanya cukup dengan cara sederhana yakni dengan mendonorkan sebagian darah yang kita miliki untuk orang yang memerlukan. Bukankah menyenangkan jika kita bisa menyelematkan nyawa seseorang dengan menggunakan sebagian dari darah kita. Tidak ada hal berharga lain selain darah manusia. Melihat ekspresi bahagia dari anggota keluarga yang selamat berkat darah kita, sepertinya tidak ada kepuasaan yang bisa mengalahkan perasaan bahagia itu.

Nah, itu tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila melakukan donor darah secara rutin, setidaknya 6 bulan sekali. Kalo menolong nyawa orang bisa sesederhana ini, kenapa harus nggak donor? Ingat, setetes darah kamu mampu menyelamatkan jiwa seseorang. Demikian yang dapat disampaikan, semoga sedikit ulasan mengenai manfaat donor darah dapat menambah wawasan Anda dan segera donorkan darah Anda.