Daftar Makanan Paling Mahal Di Dunia

Makanan adalah kebutuhan utama manusia untuk hidup. Tubuh manusia membutuhkan asupan nutrisi melalui makanan supaya bisa menjalani hidup dengan sehat. Oleh karena itu, tak heran banyak uang yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan ini.

Namun apa pernah terpikirkan oleh kamu bahwa ada makanan yang harganya mencapai jutaan rupiah? Pastinya tidak bukan? Tetapi kenyataannya ada beberapa bahan makanan mewah yang harganya sangat tinggi dan mungkin akan sulit kamu dapatkan. Atau mungkin kamu belum pernah melihat makanan termahal yang pernah ada tersebut. Walaupun terkadang tidak masuk akal, makanan mewah dibawah ini merupakan makanan yang layak menyandang sebagai makanan mahal bukan karena cita rasanya yang enak, namun juga karena bahan ini sangat sulit untuk didapatkan.

Dalam atikel ini saya akan memberi beberapa informasi mengenai makanan yang bernilai tinggi. Daripada penasaran gak ketulungan, langsung ajadeh cek dibawah ini.

1. Beluga Caviar

Tak  hanya daging ikan yang dikonsumsi banyak kalangan. Belakangan konsumsi telur ikan terus meningkat seiring perubahan selera masyarakat dunia. Seperti halnya telur ikan terbang atau kerap disebut tobiko oleh warga Jepang. Telur ikan salmon ini diyakini memiliki kandungan gizi yang lengkap dan sehat.

Sementara itu, dari semua telur ikan yang sangat populer untuk dikonsumsi ini ternyata ada lagi telur ikan yang menduduki peringkat teratas dengan harga mahal menurut Guinness World Records. Telur ini harganya sangat mahal bahkan bisa mencapai USD34 ribu atau sekira Rp.456 juta per kilo. Ini adalah telur ikan beluga atau biasa disebut Almas.

Telur ikan ini berasal dari ikan beluga atau sturgeon albino langka yang berada di perairan Laut Kaspia Selatan. Ikan jenis ini merupakan jenis ikan purbakala yang mulai langka. Selain itu di lingkungan yang kian tercemar, ikan ini cukup rentan. Hal itulah yang membuat harga caviar seakan tak wajar untuk sebuah telur ikan. Telur ikan ini tampak aneh dengan warna hitam legam karena cenderung mengilap. Namun ketika sebuah makanan berpadu dengan telur ikan ini, harganya bisa menjulang tinggi. Secara tradisional caviar bisa dimakan langsung. Rasanya unik karena ketika sampai di mulut dan dikunyah, telur ikannya pecah dan sensasi ini yang paling banyak dicari para penikmat kuliner mewah.

2. Saffron

Saffron sudah mulai digunakan sejak 4.000 tahun lalu. Seiring berkembangnya peradaban dunia, Saffron pun tersebar dari satu negara ke negara lain. Dalam catatan sejarahnya, Saffron ternyata tak hanya digunakan sebagai bumbu dapur tapi juga parfum dan shampo.

Saffron merupakan rempah-rempah yang diperoleh dari benang sari bunga Crocus yang biasa juga dikenal sebagai Rose Saffron. Benang sari yang dikeringkan lantas diolah menjadi Saffron, untuk memproduksi setengah kilo Saffron saja diperlukan sekitar 70 ribu hingga 250 ribu bunga Crocus. Bunga tersebut harus dipetik langsung saat sedang mekar untuk menghasilkan rempah-rempah yang sedap.

Sebagai rempah-rempah termahal di dunia, Saffron dijual dengan harga selangit di berbagai negara. Di Brasil, harga Saffron dijual dengan kisaran harga US$ 1.000 atau Rp. 11,71 juta per kilogram (Rp 11.712/US$). Di Chicago, Amerika Serikat, Saffron dijual dengan harga lebih tinggi, yaitu seharga US$ 6.790 atau Rp. 79,5 juta per kilogram. Sementara di Inggris para pedagang menjual Saffron seharga 355 pound sterling atau setara Rp. 7,11 juta per kilogram. Harga Saffron di India juga tidak kalah melejit yaitu sekitar 300 ribu atau setara Rp. 58,54 juta per kilogram. Tak heran jika makanan yang menggunakan Saffron sebagai bumbunya seringkali menjadi sajian termahal.

3. Truffle Putih

Truffle hampir selalu identik dengan hidangan yang mahal dan mewah. Kehadirannya dalam makanan membuat rasa dan harganya jadi jauh berbeda. Jamur truffle telah disebut-sebut menjadi jamur yang paling mahal dari semua jamur. Hidangan yang mengandung Truffle selalu punya harga selangit, bahkan harganya setara dengan emas​.

Jamur terbilang langka karena hanya tumbuh di Alba Italia. Warna jamur cokelat karena tumbuh di bawah tanah dekat akar pohon. Namun rasa jamur ini sangat lezat sekalipun dimakan mentah. Harga Truffle putih dibanderol dengan harga USD 5.000-8.000 atau sekira Rp.69-Rp.111 juta untuk tiap kilogramnya.

4. Daging Sapi kobe

Kamu pasti sering makan daging, tetapi apakah kamu tahu tentang daging yang termahal di dunia. Daging sapi termahal di dunia adalah daging sapi Kobe. Kobe adalah kota di Jepang yang menghasilkan daging sapi berkualitas tinggi. Apa yang membedakan daging sapi ini dengan daging sapi yang biasa? Kamu pasti tercengan karena sapi-sapi Kobe Selalu mendapatkan perawatan khusus. Sapi Kobe selalu dipijat dengan teratur agar bisa menghasilkan daging yang lembut dan lemaknya merata. Harga dari daging sapi Kobe mencapai USD300 untuk tiap setengah kilogram atau sekitar Rp.3.000.000. Coba dan rasakan sendiri sensasi dari daging sapi Kobe yang lembut.

5. Ikan Fugu

Ini adalah jenis ikan, orang Indonesia biasa menyebutnya ‘buntel durian’. Ikan ini menjadi salah satu makanan favorit warga Jepang. Tapi ikan ini terkenal beracun, salah masak saja bisa berakibat fatal. Bisa dibilang Fugu adalah salah satu makanan paling beracun di dunia. Bagaimana tidak, ikan yang sisiknya penuh duri ini terkenal beracun dan bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, Fugu harus diolah oleh koki yang tepat dan berpengalaman.

Jika penasaran dengan rasanya, Anda bisa berwisata kuliner ke restoran milik Kunio Miura di Kota Tokyo Jepang. Miura-san, begitu panggilannya, punya pengalaman mengolah ikan Fugu selama lebih dari 60 tahun. Meski begitu dia tetap mengolah tiap ikan dengan sangat hati-hati.

Bahkan bagi warga Jepang, Fugu termasuk makanan mahal. Restoran milik Miura-san menyuguhkan menu Fugu dengan harga USD 120 (Rp 1,5 juta) per kepala. Ini karena tak banyak koki yang bisa mengolahnya sehingga aman untuk dimakan.

6. Hati Angsa

Bahan makanan ini biasanya juga disebut sebagai hati unggas, khususnya angsa. Bahan ini diproses di dalam tubuh unggas hidup-hidup. Angsa akan diberi banyak makanan melalui selang yang dimasukkan ke dalam tenggorokannya. Anatomi tubuh unggas membuat metode yang sebenarnya menyakitkan, ini menjadi aman dan tanpa rasa sakit bagi mereka. Tapi jangan coba-coba di rumah ya! Metode ini akan membuat hati angsa tersebut membesar dan dipenuhi dengan lemak. Di Perancis bahan ini juga disebut dengan Foei gras. Teksturnya sangat lembut seperti mentega.

Jika kamu ingin mencicipi makanan ini, maka kamu harus siap merogoh kocek dalam-dalam karena harga makanan ini 100 Euro per ons ato Rp. 1.250.000,-. Untuk mendapatkan rasa terbaik, sebaiknya hati angsa ini dimakan mentah. Jika ingin memasaknya, pastikan tidak lebih dari 2 menit karena teksturnya akan berbeda dan rasa yang kamu dapatkan juga berbeda.

7. Jamur Matsutake

Ini merupakan jenis tumbuhan yang masih satu spesies dalam kategori Kingdom Fungi (Jamur), jamur ini tumbuh di tempat yang relatif memiliki suhu rendah, biasanya Matsutake tumbuh di negara-negara yang beriklim sejuk seperti di Jepang, China, Korea dan tempat yang sejuk di belahan bumi lainnya. Biasannya jamur ini akan tumbuh saat menjelang musim gugur tiba hingga musim gugur berakhir (September – November), karena memiliki masa tumbuh yang relatif sebentar sehingga membuat harga jamur Matsutake ini begitu luar biasa mahalnya 1 Pound bisa dihargai US $100 (1 Pound = 1/2 Kg) dan jika dirupiahkan bisa mencapai harga Rp. 1 Juta lebih.

Makanan murah sudah menjadi hal yang biasa, tapi makanan termahal di atas sangatlah luar biasa. Tapi berapapun harganya, yang penting makanan itu harus menyehatkan dan mengenyangkan. Apa gunanya makanan mahal kalau tidak mengenyangkan dan apalah gunanya makanan murah jika malah bikin sakit. Jadi selalu utamakan kesehatan ya.