Deretan Brand Helm Yang Terkenal Di Dunia

Helm memang memiliki peranan penting ketika berkendara dengan roda dua. Kita kadang salah kaprah, menganggap fungsi penggunaan helm itu sebagai upaya menghindari razia polisi. Padahal peran helm memang sangat vital. Selain mengurangi risiko jika terjadi benturan keras, helm juga menjadi pelindung utama kepala. Entah dari sinar matahari, angin, debu atau hujan.

Helm yang baik tentunya adalah helm yang asli, baru dan memiliki beberapa sertifikat helm dunia. Helm bermerk tentu lebih direkomendasikan. Disamping sudah berpengalaman dan kualitas, helm bermerk juga sudah banyak yang memakai. Helm bermerk juga sudah memilki beberapa sertifikat sekaligus. Tapi sudah tahukah Anda, brand helm apa saja yang mendapatkan pengakuan helm terbaik di Dunia?

1. Shoei Helmet

Perusahaan helm ini berasal dari Tokyo, Jepang. Mereka sudah beroperasi sejak tahun 1959 dan menjadi inovator atas pembuatan High-End Premium Built Helmets. Pada tahun 1976, mereka juga yang pertama kali memproduksi helm berbahan karbon fiber dan kevlar atau semacam material yang amat kuat.

Jika dibandingkan dengan yang lain, perusahaan ini tidak terbilang besar. Namun produk yang mereka hasilkan tak diragukan lagi kualitasnya. Bahkan mereka sudah memiliki fanbase tersendiri yang loyal dan tersebar di seluruh dunia. Selain bagus, helm mereka juga terkenal aman dan nyaman. Untuk membuktikannya, mereka menawarkan garansi selama 5 tahun.

2. Nexx XR1R Carbon

Nexx XR1R layak mendapat predikat helm full face paling ringan. Pasalnya, helm ini hanya berbobot 1,2 kg. Hal ini disebabkan Nexx XR1R terbuat dari kontruksi serat karbon yang dilengkapi enam ventilasi, yakni dua air intake dan empat air exhauste. Kelebihan lainnya, bagian dalam helm ini dapat dibuka dan dicuci. Selain itu, helm ini memiliki peredam antibising. Fungsi helm ini relatif lebih banyak dibanding helm lain dan mudah pemeliharaan. Ini adalah salah satu helm terbaik yang ada di pasaran.

3. X-Lite

Untuk keselamatan dan keamanan, lebih baik kalian tidak pernah yang namanya coba-coba. Untuk keselamatan dan keamanan kepala ketika berkendara dengan sepeda motor, lebih baik kalian percayakan helm kalian pada merk X-Lite. Merk ini sudah terbukti kualitasnya di dunia, jadi, kalian bisa lebih tenang dalam berkendara. X-Lite ini sebenarnya masih memiliki hubungan dengan Nolan. X-Lite ini masih merupakan bagian dari Nolan. Baik X-Lite dan Nolan, keduanya saling bersaing untuk memproduksi helm yang bisa membuat pengendara sepeda motor tenang.

4. AGV

Kalian yang penggemar Moto GP dan Valentino Rossi, harusnya sudah familiar dengan brand AGV. Ya, di ajang Moto GP, brand ini digunakan oleh banyak pembalap, terlebih lagi The Doctor, Valentino Rossi. Bahkan, Rossi sendiri mengatakan bahwa brand AGV adalah brand favorit. Tidak jarang juga Rossi terlibat langsung dalam merancang helm AGV.

AGV adalah brand helm asal Negeri Pisa, Italia. Brand ini pertama kali didirikan pada tahun 1947 oleh Gino Amisano. Selain Valentino Rossi, pembalap lain yang diketahui menggunakan brand AGV ini adalah legenda Giacomo Agostini. AGV adalah pelopor pembuat helm motor kelas wahid. Di dunia, AGV sudah bersertifikat DOT yang menyatakan helm ini adalah helm bagus yang sudah lolos uji kelayakan.

5. HJC Helmets 

Brand yang satu ini tentunya sudah sangat familiar, ya. Ketika didirikan pada tahun 1971, HJC sudah fokus pada pembuatan helm. Perlahan namun pasti, mereka meraup kepercayaan tinggi dari masyarakat, sehingga popularitasnya terus menanjak. Brand ini terkenal setia menyuguhkan produk yang berkualitas, nyaman, dan stylish. Inovasi teknologi dan metoda terus mereka tingkatkan. Tak heran kalau HJC bisa menciptakan fitur-fitur seperti aerodynamics, ventilasi, penyerap kebisingan, dsb. Mereka juga mempertimbangkan harganya agar terjangkau oleh semua kalangan. Kita pun bisa memilih dari yang biasa sampai yang istimewa.

6. BELL Helmets

Para pengguna motor tentu tahu istilah helm full face? Bell Helmets yang menjadi sosok penting di balik pembuatan hal tersebut. Mereka mendesainnya pada tahun 1971. Hasilnya bisa kita lihat sekarang. Selain sangat bermanfaat, penampilannya pun membuat penggunanya terkesan stylish. Sampai-sampai para racers motocross ternama seperti Josh Herrin dan James Stewart pun memakainya.

Tak hanya full face, mereka juga memproduksi versi ½, ¾, snowmobile, dll. Inovasi dari produk mereka dilengkapi juga oleh desainnya yang detail. Sistem ventilasinya bagus dan helmnya yang cukup ringan membuat kita merasa nyaman. Kita pun bisa memboyong keindahan dan kenyamanan sekaligus. Merek ini juga menyuguhkan helm khusus sepeda. Produk mereka sudah ternama, sebab begitu nyaman ketika dipakai. Salah-satu andalan keren mereka dinamakan The Rough Helmet.

7. Arai

Dari namanya, semestinya kalian sudah bisa menebak darimana helm ini dibuat. Ya, Arai Helmet adalah brand helm terkenal yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Kalian bilang AGV adalah perusahaan pembuat helm yang sudah tua? Arai jauh lebih tua lagi. Perusahaan Arai didirikan pada tahun 1926. Arai adalah salah satu pencipta helm motor, tidak diragukan lagi. Satu hal yang membuat helm Arai begitu terkenal adalah, helm buatan Arai dibuat menggunakan tangan. Di setiap proses pembuatannya, selalu dilakukan uji kelayakan untuk menentukan apakah bagian helm tersebut sudah bagus atau belum.

Dari ketujuh helm tersebut, apakah anda sudah memiliki salah satunya? Atau mungkin sudah masuk dalam daftar koleksi anda. Jika belum cepet-cepet deh punya dan jangan ngaku bikers sejati kalo belum ada satupun dalam genggaman anda.