Deretan Jalan Yang Berbahaya Di Dunia

Saat traveling, berkeliling kota menjadi salah satu agenda wajib bagi wisatawan. Akan tetapi, kondisi lalu lintas yang gila kadang-kadang membuat resah karena bisa membahayakan nyawa. Jika jalan halus rata dan kokoh akan membuat sebuah perjalanan menjadi nyaman dan aman dilalui. Lalu apa jadinya jika sebuah jalan memakan korban yang banyak setiap tahunnya.

1. Jalalabad-Kabul Road, Afghanistan

Banyak jalan berbahaya di dunia tapi tidak ada yang bisa menandingi Jalalabad-Kabul Road. Jalan yang menjadi penghubung antara kota Jalalabad dan Kabul di Afghanistan ini berbahaya bukan karena adanya ancaman teroris atau perampok. Melainkan karena kombinasi antara jalan licin, kecil, dan belokan tajam.

Jalan kecil menanjak sejauh 65 km ini diapit oleh jurang besar yang dalam. Para pengemudi yang berani menyalip kendaraan di depannya kemungkinan dia sudah bosan hidup. Tapi kenyataannya memang banyak pengemudi yang mengebut dan saling menyalip satu sama lain di jalan berbahaya ini.

2. Jalan Raya James Dalton di Alaska

Jalan raya James Dalton ini adalah jalan berkerikil sepanjang 414 mil. Dari belokan Livengood di jalan raya Elliot, lurus menuju utara, melintasi tundra kutub sampai ke bagian-bagian paling utara Alaska. Alyeska membangun bagian jalan yang sulit sepanjang 360 mil, sekarang dikenal sebagai jalan raya Dalton, dari sungai Yukon ke Teluk Prudhoe, dengan biaya 150 juta dollar guna memasok fasilitas minyak di dataran utara. Jembatan jalur pipa menyeberangi sungai Yukon (sungai ini panjangnya 1875 mil) adalah satu-satunya tempat penyeberangan sungai di Alaska itu.

Memang ini bukan untuk pengendara yang nyalinya ciut atau mereka yang memakai kendaraan baru. Itu masih merupakan rute utama untuk memasok lading-ladang minyak di Teluk Prudhoe, dan anda harus berbagi jalan dengan trailer atau traktor yang besar-besar. Kaca depan mobil maupun lampu depan sering terkena batu-batu yang terlontar.

Kebanyakan perusahaan rental mobil tidak mau menyewakan mobilnya bila dipakai melewati Jalan Dalton itu. Truk-truk yang melaju kencang di jalur tersebut, melontarkan debu atau Lumpur tebal, membuat penglihatan hamper-hampir tertutup total. Lubang-lubang jalan sudah banyak menyebabkan kerusakan pada kendaraan hingga memerlukan perbaikan, namun stasiun bensin serta bengkel praktis tak diketemukan disana. Jangan coba-coba berkendaraan di jalan Dalton tersebut kecuali anda memakai mobil berpenggerak 4 roda, membawa CB radio, bekal bensin cukup, makanan, ban cadangan dan sekoper perbekalan lain.

3. Trollstigen di Norwegia

Trollstigen (tangga Troll) adalah jalan pegunungan di Rauma, Norwegia. Itu merupakan bagian dari jalan nasional Noerwegia no. 63 yang menghubungkan Andalsues di Rauma dengan Valldal di Norddal. Jalan ini menjadi daya tarik popular bagi para turis karena kecuramannya yang 9% dan adanya sebelas tikungan amat tajam yang menanjak di lereng gunung. Makin ke atas jalan makin menyempit dengan belokan-belokan tajam. Meski di tahun-tahun belakangan sudah diperlebar, kendaraan yang panjangnya lebih dari 12.4m dilarang melewati jalan tersebut.

Di puncak tersedia tempat parker yang luas dimana para turis dapat menyimpan mobil, lalu dari situ berjalan selama 10 menit ke sebuah ketinggian seperti balkon. Dari tempat tersebut mereka bisa melihat jalan dengan segenap belokannya dan juga air terjun Stigfossen. Air terjun ini nampak indah, mengalir jatuh setinggi 320m sepanjang tepi gunung.

4. Guoliang Tunnel Road, Cina

Guoliang Tunnel adalah jalan yang berada di dalam terowongan yang dibuat di samping dari sebuah gunung di Cina. Dari samping memang cukup sulit untuk melihat bentuk jalan, itu dikarenakan jalan ini dibentuk dengan cara melubangi samping gunung oleh penduduk lokal. Jalan ini tidak terlalu ramai mengingat bentuk jalannya yang sangat ekstrim.

Pada waktu pembuatan jalan, beberapa penduduk lokal ada yang tewas. Banyaknya penduduk yang tewas tidak mengurangi niat mereka untuk membuat jalan. Setelah selesai melubangi sisi gunung, akhirnya jalan tersebut bisa dilalui oleh mobil. Meski kurangnya tanda peringatan berbahaya, pengemudi yang melalui jalan ini sadar diri tidak mau memacu kendaraannya terlalu cepat.

5 . Taroko Gorge Road, Taiwan

Tikungan tajam mematikan dan jalan sempit adalah kombinasi yang akan kamu temui di jalan Taroko Gorge Road. Taroko Gorge Road adalah salah satu jalan paling berbahaya di dunia yang berada di Taiwan. Badai topan dan aktivitas seismik membuat jalan ini semakin mengerikan untuk dilalui oleh orang.

Jalan ini telah merenggut nyawa sebanyak 96.611 orang di Taiwan tiap tahunnya. Pengemudi yang melalui jalan ini akan diuji keberanian dan kemampuannya mengemudi. Bagi yang penakut, tidak disarankan untuk melalui jalur ini. Sebagai catatan, karena lebarnya yang sempit, hanya 1 bus yang diperbolehkan melalui jalan Taroko Gorge Road.

6. Old Yungas Road, Bolivia

Menurut Association for Safe International Road Travel, rute paling berbahaya di dunia adalah Old Yungas Road di Bolivia. jalannya yang berliku berada di sekitar 64 km di antara La Paz dan Kota Coroico yang melintas di hutan Yungas. Old Yungas Road menjadi rute utama dari La Paz ke utara daerah hutan hujan Amazon. Jalan di rute ini mempunyai jurang sedalam 360 meter. Jalannya pun sempit, sering terjadi longsor, berkabut, dan tidak ada pembatas di pinggir tebing yang terjal.

Sebelum pembuatan jalan yang lebih bagus di tahun 2006, setiap tahunnya jalan yang juga dijuluki sebagai Death Road ini merenggut 100-200 jiwa. Ada beberapa operator perjalanan di La Paz yang menawarkan tur sepeda di jalan ini. Inilah jalan yang cocok untuk Anda para penantang! Selain itu, hal yang membuat bahaya lainnya adalah perampokan mobil. Banyak penjahat yang ingin merampok mobil Anda. Tapi saat mengalami hal tersebut, ada baiknya jangan melawan karena biasanya para perampok ini membawa senjata.

Demikianlah artikel tentang jalan paling berbahaya di dunia, semoga artikel ini menambah wawasan anda.