Deretan Penjara Terkejam Di Dunia

Apa yang ada di pikiran kamu jika mendengar kata penjara? Pasti kamu akan langsung mengatakan tempat yang paling tepat untuk menghukum para pelaku kriminal atau penjahat agar mereka jera dan takut untuk mengulangi kejahatan mereka. Setiap pelanggar hukum yang terbukti bersalah akan menjalankan seluruh masa hukumannya di penjara. Penjara merupakan tempat yang paling menakutkan bagi siapapun karena kalian dipaksa untuk hidup terpisah dari keluarga maupun dunia luar.

Kamu mungkin membayangkan kehidupan dalam penjara adalah ruang gerak yang serba terbatas, penuh dengan kotoran dan penyakit. Tapi berbeda dengan beberapa penjara berikut ini, karena bukan hanya sebatas pada penyakit, tapi juga kekerasan yang ada di dalam penjara tersebut. Hal ini dilakukan untuk memberi efek jera dan takut untuk para penjahat agar tidak mengulangi lagi. Nah, kira-kira seperti apa penampakan penjara terkejam di dunia yang bisa membuat banyak penjahat takut bila dimasukan di tempat mengerikan ini. Penasaran? Berikut ulasannya.

1. Carandiru Prison (Brasil)

Penjara ini sempat menghebohkan Brasil juga dunia ketika kerusuhan besar di penjara tersebut tahun 1992. Tragedi pembantaian masal yang melibatkan polisi setempat. Ratusan korban berjatuhan, ada yang menyebut 102 napi tewas terbunuh. Tragedi Carandiru bermula dari meletusnya perang antar genk di penjara tersebut, yang melebar hingga melibatkan banyak narapidana. Polisi kemudian mendatangkan bala bantuan. Sebenarnya saat itu banyak napi telah menyerah dengan melemparkan senjata mereka . mereka meminta perlindungan polisi. Namun dijawab polisi dengan menembaki mereka.

Perlakuan brutal dari pihak kepolisian memicu protes di mana-mana tak terkecuali Amnesty Internasional yang mengkampanyekan penjara tersebut harus ditutup. Amnesty Internasional melaporkan telah terjadi pelanggaran hak-hak asasi manusia. Bukan itu saja, fasilitas penjara juga sedemikian buruk sehingga menyebarkan penyakit mematikan.

Pada masa itu Kepala Kepolisian Metropolitan Sao Paulo adalah Ubiratan Guimaraes, dia dianggap orang yang paling bertanggungjawab meletusnya tragedi ini. Kasus yang menimbulkan kemarahan dunia ini membawa Guimaraes ke kursi pengadilan. Ia sempat diadili dengan tuduhan pembunuhan terhadap 102 orang. Namun Pengadilan kemudian membebaskan Guimaraes karena yang bersangkutan mengatakan polisi melakukan itu karena ditembaki. Pemerintah Brasil menganggap bahwa tragedi itu terjadi bukan tanggungjawab pihak kepolisian.

2. Tadmor Prison (Suriah)

Kematian di penjara ini sepertinya sudah tak terhitung lagi banyaknya. Kekerasan di Tadmor begitu mengerikan dan benar-benar tak kenal ampun kepada siapapun. Seorang mantan napi Tadmor menggambarkan penjara ini sebagai kerajaan maut dengan segala kegilaan yang mengerikan. Tadmor memiliki penjaga sipir haus darah, narapidana penjagal dan tawanan politik yang berkuasa.

Insiden paling terkenal dipenjara ini yaitu saat pada tahun 1980, dimana ketika itu presiden Hafez Al-Assad selamat dari serangan para napi pada saat presiden berkunjung ke tempat Tadmor. Kemudian dia memerintahkan para prajuritnya untuk mengeksekusi para napi yang terlibat menyerangan tersebut. Para prajurit ini membatai 500 orang tawanan di sel mereka. Para napi ini mati mengenaskan, tidak dapat menyelamatkan diri karena para sipir merantai kaki mereka di sel.

3. Alcatraz Island Prison (San Francisco, CA)

Penjara ini dikenal sebagai The Rock atau Devil’s Island dibangun tahun 1920. Segala ketidaknyamanan ada di sini. Alcatraz dirancang sedemikian rupa sehingga amat sangat kecil kemungkinan napi bisa lolos dari sini. Alcatraz benar-benar menciptakan dunia kejam sendiri. Para napi benar-benar terputus kontak dengan kehidupan di luar sana. Pejabat penjara yang arogan, sipir yang kasar, kebijakan yang tidak manusiawi mewarnai hari-hari para napi di sana. Tak usah heran kalau banyak yang terkena gangguan jiwa akibat tekanan psikologis yang luar biasa. Bayangkan saja, disana terdapat larangan untuk tidak berbicara dengan napi lain, kalau ketahuan hukuman lebih berat menunggu.

4. Diyarbakr Prison (Turki)

Penjara ini disebut sebagai penjara paling kejam di Turki, dimana segala kebrutalan dan kesadisan begitu biasa terjadi. Dari tahun 1981 sampai 1984, 34 tawanan tewas karena penyiksaan berlebihan, baik psikis maupun fisiknya. Belum lagi kasus penyimpangan seksual yang merajalela di penjara ini.

Sejumlah napi sebenarnya telah melakukan protes terhadap pengelolaan penjara. Mereka melakukan mogok makan, bahkan membakar diri sendiri sebagai bentuk protes. Namun tidak berhasil, fasilitas dari penjara ini juga sangat mengerikan dan jauh dari standar. Di sini pernah terjadi peristiwa menggerkan di mana anak-anak dijebloskan disini dan mendapat hukuman penjara seumur hidup.

5. La Sabaneta Prison (Venezuela)

Venezuela juga memiliki penjara tak kalah brutalnya, yakni La Sabanetaa di mana kekerasan menjadi sebuah santapan. Fasilitas yang sangat minim membuat wabah penyakit begitu mudah menyebar. Maklum, pelayanan dokter sangatlah minim bahkan nyaris tak ada. Makanan kurang dengan menu yang jauh dari sederhana.

Kondisi napi di Penjara La Sabaneta adalah yang jelek dari yang terjelek. Tak heran kalo wabah kolera sempat mampir kemari dan memakan korban 700 napi. Di sini pun pernah terjadi pembataian masal yg mengambil korban 100 an napi tahun 1994. Kematian merajalela di La Sabaneta. Salah sedikit nyawa bisa melayang. Para staf penjara yang malas mengurusi napi  sehingga para napi bisa leluasan berbuat semaunya. mereka berkelahi bahkan membunuh sesama napi. Para penjaga menutup mata’atas kejadian ini.

Itulah penjara paling kejam dan mengerikan di dunia. Semoga dengan mengetahui kejamnya hidup di penjara akan membuat kalian untuk hidup lebih baik lagi dan terhindar dari tindakan pidana.