Deretan Ritual Perkawinan Paling Gila Di Dunia

Perkawinan atau pernikahan memang dianggap sebagai ritual suci bahkan sakral yang biasa dilakukan oleh umat manusia karena selain sebagai kebutuhan biologis manusia, menikah dengan jodohnya masing-masing memang sudah ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Namun apa jadinya kalau di berbagai belahan dunia ini ada tradisi perkawinan yang terbilang cukup aneh dan gak lazim? Kamu pastinya bakal dibuat geleng-geleng setelah mengetahui kalau di dunia ini ternyata ada berbagai tradisi perkawinanan yang sangat aneh. Misalnya saja ritual yang dilakukan oleh suku Sambian yang ada di Papua Nugini. Di sana remaja laki-laki dan perempuan harus meminum cairan semen dari seorang warrior atau sosok terkuat di suku. Prosesi ini harus dilewati para mempelai pria dan wanita, apalagi jika hendak melangsungkan pernikahan. Berikut dibawah ini ulasan nya:

1. Bertukar Istri untuk Membunuh Roh Jahat

Kisah bertukar istri ini mungkin hanya ada di cerita bualan erotis yang tak jelas esensinya. Tapi siapa sangka jika yang seperti ini ternyata benar-benar ada di dunia nyata. Ya, sebuah suku di Siberia Timur konon melakukan ritual seperti ini.

Menurut suku pedalaman Siberia Timur, tradisi bertukar istri adalah seseuatu yang sudah tidak lazim lagi ditemukan di tempart ini, alasannya adalah karena mereka yakin cara ini mampu membunuh roh jahat yang ada. Hal ini tentunya dilakukan dengan kesepakatan antar para suami yang ada ada untuk menukar istrinya.

2. Ritual Suku Kreung di Kamboja

Biasanya dalam ritual perjodohan di dunia mayoritasnya didominasi oleh pria. Maksudnya dalam hal ini pria berperan aktif dalam memilih calon pendampingnya. Lain halnya kalau di suku Kreung Kamboja, pasalnya para ceweklah yang sangat berperan aktif mencari pasangan idealnya untuk menjadi pendamping mereka sampai mati nanti. Nah, yang lebih gila lagi adalah cara yang mereka pakai untuk menentukan siapa calon suami yang tepat untuk mereka nikahi nanti yaitu dengan cara “mencobanya” secara langsung!

Para pria akan mebuat sebuah pondok yang nantinya akan dimasuki oleh para wanita untuk melakukan ” eng ing eng ” tersebut dan jika sang ceweknya tertarik, maka dia akan segera melangsungkan pernikahan dengan pria tersebut. Gila bener dah..

3. Berbagi Istri Ala Suku Pedalaman Nepal

Berbagi suami mungkin hal yang cukup lazim meskipun banyak ditentang. Tetapi bagaimana jika berbagi istri? Semua orang pasti sepakat jika hal tersebut adalah sebuah kegilaan. Meskipun demikian, sebuah suku di pedalaman Nepal sudah melakukan hal tersebut sejak lama.

Suku ini ternyata udah sejak lama menjalankan tradisi gila ini, jadi gak heran kalau ada wanita yang punya banyak suami. Nah, suami-suaminya sendiri biasanya adalah orang yang masih satu keluarga yang gak lain adalah saudara, jadi kalau ada cewek yang menikahi salah satu lelaki, maka otomatis saudara laki-laki dari cowok tersebutlah yang menjadi suami bagi si wanita. Belum jelas kenapa tradisi macam ini bisa terjadi, mungkin untuk menekan angka kelahiran kali ya? Hehe…

4. Ritual Berhubungan Dengan Wanita Paruh Baya

Di Kepulauan Mangaia Samudera Pasifik, diketahui adanya sebuah ritual perkawinan super aneh yang tabu luar biasa. Pasalnya disini bagi cowok yang udah mulai beranjak dewasa diwajibkan atau diharuskan untuk memilih salah satu wanita paruh baya yang ada di sukunya untuk melangsungkan pernikahan. Jadi bukan untuk sekedar cinta satu malam aja guys, mereka bahkan akan ikut tinggal bersama si cowok dalam kurun waktu yang gak ditentukan. Tujuan ritual ini adalah sebagai bukti kalau si remaja sudah menjadi pria dewasa dan siap mencari pasangan hidupnya sendiri. Wah, ribet juga urusannya ya?

5. Menggemukkan Para Calon Pengantin

Di Mauritania, gadis yang bisa disebut cantik adalah gadis yang bertubuh besar. Karena itu memberi makan paksa pada anak sejak umur mereka 12 atau 13 tahun sudah menjadi kebiasaan umum di Mauritania. Tidak hanya diberi cokelat atau es krim tetapi terkadang gadis-gadis itu akan diberi kuskus yang sudah dilumuri lemak kambing sampai suplemen penggemuk untuk binatang. Yang lebih parah lagi adalah bagi gadis yang menolak untuk makan, maka mereka akan dipukul atau disakiti secara fisik agar mau membuka mulut.

6. Mengospek Sang Mempelai Wanita

Di Skotlandia, cewek-cewek yang sebentar lagi menikah akan digiring keliling kota dan dipakaikan baju mirip lab warna putih yang dilempari telur, merica, susu basi, tulang ikan dan apapun yang akan membuat mereka bau sebelum diikat di pohon dan disiram dengan minyak solar. Katanya “ospek” ini adalah untuk mempersiapkan sang mempelai wanita dalam segala hal memalukan yang akan dijumpainya dalam kehidupan pernikahan. Emang suami itu kadang malu-maluin ya.

7. Mencuri Istri Tetangga ala Suku Wodaabe

Jika di suku pedalaman Siberia Timur melakukan aksi tukar istri secara terbuka. Lain halnya dengan suku Wodaabe yang ada di Nigeria. Alih-alih membuat kesepatakan, mereka mencuri istri orang lain untuk dijadikan miliknya. Ritual ini diadakan setahun sekali dalam sebuah festival yang dinamakan Gerewol.

Tak sekedar main curi saja, ritual ini dilengkapi dengan banyak hal. Misalnya pihak pria harus berpakaian super mencolok dan kemudian melakukan tarian-tarian khusus. Mencuri istri orang lain tentu tidak mudah. Tapi jika memang berhasil melakukannya tanpa ketahuan, maka mereka resmi mendapatkan istri baru.

Itulah ritual-ritual perkawinan paling nyeleneh di dunia. Kita tidak bisa memberikan judgement alias penghakiman terhadap suku-suku di atas khususnya soal ritual aneh ini. Karena mereka punya adatnya sendiri dan ritual tersebut mungkin sudah dilakukan selama ratusan tahun. Jadi setidaknya kita sudah tahu kalau ternyata di dunia ada suatu hal yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.