Maneki Neko, Fakta Unik Yang Jarang Di Ketahui

Jika kamu kebetulan bertandang ke toko Tionghoa, kamu pasti bakal menemukan sebuah figur atau patung mini berwujud kucing berkelir emas dengan kaki depan yang umumnya mengayun naik turun (atau ada juga yang diam). Nama benda mungil tersebut adalah Maneki Neko. Figur kucing ini umumnya dipajang di etalase atau tempat yang tinggi di dalam toko mereka.

Tapi tahukah kalian kenapa boneka ini biasanya diletakkan di samping meja kasir? Ternyata hal ini bukanlah kebetulan saja, karena dalam budaya orang Jepang dan China, Maneki Neko merupakan boneka pembawa keberuntungan yang bisa mengundang rezeki.

Boneka ini dipercaya sebagai jimat yang manjur untuk menyerap rezeki yang tersebar, jadi tak heran jika banyak toko ataupun bisnis apapun yang dimiliki orang Jepang biasanya ada boneka ini. Selain boneka kucing kecil ini sangat imut, masih jarang ada orang yang mengetahui arti sesungguhnya di balik “kucing keberuntungan” ini selain membawa keberuntungan. Berikut ini adalah 5 fakta menarik mengenai boneka kucing imut ini.

1. Nama Alias

Meski tak ada yang tahu pasti kapan Maneko Neki, mulai ditemukan, namun boneka kucing yang dipercaya membawa keberuntungan ini diperkirakan sudah ada sejak Abad 17 tepatnya pada zama Edo. Kucing keberuntungan ini di kenal sebagai Maneki Neko dalam bahasa Jepang, yang berarti “kucing pengundang”.

Boneka kucing ini secara otomatis menggerakan cakarnya ke atas dan ke bawah jika diperhatikan seolah sedang mengundang orang untuk datang. Bagi para pedagang makin banyak orang yang datang itu berarti makin banyak pula rezeki yanga akan mereka dapat. Nah dari sinilah boneka kucing ini kemudian di sebut “Maneki Neko” yang artinya kucing pengundang.

2. Asal Usul Maneki Neko

Meski masih banyak orang yang bingung tentang asal usul Maneki Neko, namun di Jepang terdapat beberapa legenda populer tentang asal muasal kucing pembawa keberuntungan ini. Salah satunya adalah cerita tentang seorang saudagar kaya yang berubah hidupnya setelah bertemu seekor kucing di sebuah kuil.

Dahulu kala, ketika pertempuran Egotagahara tengah berkecamuk, hiduplah seorang samurai bernama Ota Dokan. Samurai yang nyaris saja tewas dalam pertempuran tersebut mundur dari perang. Kelelahan hebat, ia kemudian melarikan diri ke dalam hutan dan kemudian tersesat. Namun, dalam pelariannya, entah datang dari mana, tiba-tiba muncullah seekor kucing di hadapannya dengan kaki depan yang melambai seolah mengajaknya untuk beristirahat di kuil terdekat, kuil Jisho-in.

Usai beristirahat seharian, secara ajaib tenaganya pulih dalam sekejap. Ota kemudian kemudian kembali bergabung dalam peperangan, dan hebatnya, ia menang. Sebagai balas budi, Ota kemudian membuatkan sebuah patung Jizoson berbentuk kucing kepada kucing misterius di kuil tersebut. Dari situlah cikal bakal maneki neko. Kucing dengan satu kaki depan yang melambai dianggap membawa keberuntungan.

3. Makna Dari Cakar Yang Naik Turun

Usut punya usut, ternyata ada arti khusus dari lambaian tangan figur kucing yang lucu ini. Posisi yang pertama adalah tangan sebelah kiri diangkat, boneka dengan tangan seperti ini menurut kepercayaan orang Jepang merupakan boneka untuk menarik pelanggan datang. Yang ke dua adalah boneka dengan tangan sebelah kanan yang diangkat.

Untuk yang satu ini hampir mirip dengan yang tangan kiri di angkat, hanya saja yang dipanggil oleh beneka dengan tangan kanan terangkat ini bukanya pelanggan melainkan uang dan kekayaan. Nah untuk yang terakhir ini agak sedih karena jika ada patung kucing dengan kedua tanganya terangkat itu artinya kucing itu sedang meminta perlindungan dan merasa sedih. Wah lumayan banyak juga ternyata filosofi dari patung kucing ini.

4. Beda Warna Beda Pula Artinya

Meski maneki neko jamak kita temukan dengan warna emas maupun putih, namun di Jepang dan Cina patung kucing ini juga datang dengan berbagai warna yang punya arti berbeda. Lalu apa saja arti dari setiap warna maneki neko tersebut?

  • Krem: kombinasi dua warna tradisional, boneka Maneki Neko dengan warna ini dianggap paling Hoki dan membawa keberuntungan
  • Putih: warna putish selalu identik dengan hal yang suci, hal serupa nampaknya juga berlaku bagi Maneki Neko. Karena Maneki Neko berwarna putih juga bermakna kebahagiaan, kesucian, dan juga pengundang hal positif untuk datang.
  • Emas: Sesuai dengan warnaya Maneki Neko berwarna Em
    as konon dapat mendatangkan kekayaan dan kemakmuran
  • Hitam: Warna hitam biasanya identik dengan hal-hal yang seram, namun untuk Maneki Neko warna ini justru merupakan penangkan aura jahat.
  • Merah: Cinta itu membara, karena itu rasa cinta sering di identikan dengan warna merah dan merah muda. Warna ini ternyata juga melambangkan cinta dan persahabatan pada boneka Maneki Neko.
  • Hijau: Meski sangat jaran ternyata ada juga boneka Maneki Neko yang berwarna Hijau, warna ini juga berarti lumayan bagus karena konon berhubungan dengan kesehatan yang prima.

5. Makna Dalam Aksesoris Maneki Neko

Seperti yang kita lihat, Maneki Neko kebanyakan mengenakan kain alas dada, kalung leher, dan lonceng. Di zaman Edo, sangatlah wajar untuk para juragan kaya untuk mendandani kucing peliharaannya begitu; Sebuah lonceng diikatkan di kalung lehernya supaya pemiliknya tahu keberadaan kucingnya bilang hilang. Maneki Neko juga mengenakan aksesoris lain di cakarnya, termasuk:

  • Logam Oval Emas 1 Ryo

Bagi yang pernah melihat Maneki Neko tentu familiar dengan adanya logam emas di dada, boneka kucing ini. Nah logam ini ternyata tak hanya sekedar aksesoris saja melainkan lambang kekayaan. Dulu saat jaman Edo, satu Ryo mempunyai nilai nominal yang sangat besar.

  • Martil dan Uang Magis

Salah satu hal yang menjadi ciri khas dari Maneki Neko adalah tanganya yang bisa bergerak. Jika Anda melihat satu martil/palu kecil, ini menandakan kekayaan. Saat dikocok, martil ini biasanya mengundang rezeki.

  • Ikan

Meski sangat jarang adakalanya kita bisa menemukan boneka Maneki Neko yang memegang ikan. Ikan ini simbol dari kelimpahan dan rezeki baik.

  • Kelereng

Beberapa Maneki Neko dihiasi dengan kelereng atau batu permata, hal ini konon katanya merupakan magnet penarik rezeki yang paling bagus. Kelereng dan permata yang berkilau konon bisa mendatangkan banyak rezeki, selain itu benda-benad yang berkilau juga merupakan lambang kebijaksanaan

Begitulah cerita dibalik Maneki Neko ini. Berminatkah Anda untuk membeli satu atau dua untuk ditaruh di toko atau kantor Anda?