Pekerjaan Ini Tidak Membutuhkan Gelar Sarjana

Kamu yang tak sempat mengenyam bangku kuliah dan menyandang gelar sarjana tak perlu berkecil hati dulu. Gelar sarjana memang penting dimiliki, namun titel sarjana juga tak bisa dijadikan jaminan bahwa hidupmu bakal enak dan karirmu cemerlang kok. Ada banyak jalan yang bisa ditempuh supaya masa depanmu tetap cerah. Nah, bagi kalian yang tidak lulus kuliah, jangan patah semangat dulu karena masih ada kesempatan bagi kalian agar bisa mendapatkan penghasilan.

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang mungkin bisa cocok bagi kalian yang tidak memiliki gelar sarjana.

1. Mekanik

Orang jaman dulu beranggapan bahwa pekerjaan mekanik itu adalah pekerjaan yang tidak berguna dan tidak memiliki masa depan cerah. Namun anggapan tersebut tidaklah benar. Di era sekarang, semakin banyaknya jumlah kendaraan maka akan semakin dibutuhkan pula tenaga dari mekanik. Ditambah lagi untuk menjadi mekanik tidaklah dibutuhkan gelar sarjana.

Pekerjaan yang bisa dibilang pekerjaan kasar ini bukanlah pekerjaan yang sepele. Dibutuhkan juga pengetahuan akan kinerja mesin dan suku cadangnya. Namun itu semua bisa diperoleh seiring kita bekerja sebagai mekanik. Bahkan ada pula kursus mekanik bagi orang-orang yang ingin mencoba pekerjaan ini.

2. Jurnalis

Semakin majunya teknologi berimbas pada perkembangan berita. Meski sekarang media seperti surat kabar sudah semakin tersingkirkan, namun peran jurnalis tetap tidak bisa terpinggirkan. Jurnalis masih bisa melakukan tugasnya menulis berita hanya saja dalam media dalam bentuk berbeda yakni media yang menggunakan internet.

Menjadi seorang jurnalis juga tidak sulit. Sama sekali tidak dibutuhkan yang namanya gelar sarjana. Seorang jurnalis hanya perlu berbahasa yang baik dan memahami apa itu kode etik yang ada di dunia jurnalis. Pekerjaan ini menuntut kalian untuk selalu update dengan berita terbaru, jadi kalian tidak akan lagi mengalami yang namanya ketinggalan jaman.

3. Fotografi

Ucapkan selamat tinggal pada jurusan Fotografi jika kamu punya bakat dan ketertarikan alami dalam mengambil gambar. Lagipula, bukankah lebih banyak objek fotografi di luar sana dari pada di dalam kelas-kelas kuliah? Sekarang, saatnya mengubah hobimu mengambil gambar ini menjadi sumber pemasukan. Tak perlu melamar ke studio atau agensi, kamu bisa menjadi fotografer lepas. Kebanyakan fotografer lepas mendapatkan pekerjaan setelah rajin memamerkan portofolionya pada komunitas maupun teman sesama fotografer.

Tanpa harus bergabung pada satu studio atau agensi, kamu bisa mendirikan studio sendiri atau membuat brand sendiri yang menawarkan jasa fotografi yang selalu dibutuhkan masyarakat seperti pre-wedding, pernikahan, event musik sambil tetap berkarya pada passionmu yang lain, entah itu landscape, fashion atau jurnalistik. Dengan teknologi olah gambar digital yang terus berkembang kamu bisa membuat foto dengan warna dan persfektif menarik sehingga pelanggan setiamu akan rela merekomendasikan jasamu pada orang lain.

4. SEO

Internet kini sudah dijejali oleh jutaan situs web. Jadi bagaimana situs web yang satu bisa bersaing dengan yang lainnya untuk meraup pembaca? Salah satu strategi yang biasa dipakai adalah SEO, alias search engine optimization. Tugas seorang ahli SEO adalah membuat situsnya tampil di barisan paling awal hasil pencarian saat seorang pengguna internet memasukkan kata kunci-kata kunci tertentu di Google, Bing atau mesin pencari lain. Untuk meraih hasil maksimal, seorang ahli SEO harus meriset kata kunci, melakukan analisis dan membuat berbagai tautan.

Punya skill SEO akan memudahkan kamu untuk masuk ke dalam dunia IT. Sebagai pemula, kamu harus pelajari dasar-dasar SEO dulu. Jika sudah menguasainya, karir kamu di dunia IT pun akan langgeng, sepanjang orang-orang masih bergantung pada mesin pencari untuk menemukan tips hingga pengetahuan. Menurut Forbes, pekerjaan sebagai pengembang web, pengembang software/game dan programmer akan menghasilkan gaji yang terus meningkat bagi pelakunya setiap tahun seiring meningkatnya kebutuhan manusia akan internet. Kebutuhan industri untuk pekerjaan-pekerjaan ini diperkirakan akan terus berkembang hingga 2022.

5. Marketing Manajer

Bekerja sebagai marketing manajer terdengar seperti pekerjaan sulit yang memerlukan pendidikan tinggi, lulus kuliah dan memiliki gelar sarjana. Untungnya adalah pekerjaan ini ternyata bisa dikerjakan oleh siapapun. Bahkan walaupun orang tersebut tidak memiliki gelar apapun. Tapi jangan sangka bahwa pekerjaan ini adalah pekerjaan yang mudah. Seorang marketing manajer haruslah orang yang pintar melihat peluang dan mencari strategi. Marketing manajer harus tahu kondisi pasar konsumen dan mencari cara agar produk yang dijual oleh perusahaan bisa sukses terjual. Marketing manajer harus tahu bagaimana trik pemasaran yang bisa membuat konsumen tertarik.

6. Ahli Listrik

Listrik adalah kebutuhan utama yang tidak bisa dilupakan sekarang ini. Hampir semua teknologi dan gadget memerlukan tenaga listrik untuk bisa digunakan. Sungguh tidak bisa dibayangkan apa yang akan terjadi apabila sampai terjadi mati listrik. Untuk itulah kita membutuhkan orang yang bekerja sebagai ahli listrik. Tidak hanya mengerti tentang listrik, seorang ahli listrik juga diharuskan untuk mengerti bagaimana instalasi listrik yang baik dalam suatu bangunan. Pekerjaan yang tidak memerlukan gelar sarjana ini bisa menjadi pilihan kamu yang merasa gagal di pendidikan. Hanya saja yang diperlukan disini adalah keberanian untuk tersengat listrik.

7. Jadi video Blogger

Video blogger atau vlogger adalah artis YouTube. Artis yang bukan sembarang artis bukan seperti Sinta dan Jojo yang melesat seperti meteor kemudian menghilang. Vlogger adalah para pengguna YouTube yang menggunakan video sebagai media untuk nge-blog. Mungkin mereka gak begitu hobi bercerita dengan kata-kata. Mungkin juga mereka lebih tertarik memvisualisasikan ceritanya. Akhirnya, mereka lebih memilih berbagi tips, pengalaman, curhat dan tutorial di depan kamera.

Menariknya mereka bisa kaya raya dari iklan yang masuk ke kanal YouTube-nya. Dan kamu bisa meniru cara kesuksesan mereka dengan membagikan konten kreatif, informatif, lucu dan seru di YouTube. Bangun sendiri audiensmu seperti PewDiePie yang digemari para gamer, Michelle Phan yang punya audiens pecinta make-up, dan EvanTubeHD yang digandrungi pecinta mainan. Tertarik? Karena tak ada jurusan kuliah untuk menjadi vlogger.

Nasibmu ada di tangan sendiri, bukan di tangan perguruan tinggi. Tanpa merendahkan mereka yang sudah lelah-lelah mengambil kuliah dan meraih gelar sarjana, kamu yang tidak kuliah pun punya peluang untuk menjadi sukses. Tunggu apalagi? Mulai rintis kesuksesanmu dari sekarang.