Wow, Berikut Keistimewaan Anak Pertama

Urutan kelahiran seseorang merupakan hal yang unik. Tanpa disadari maupun tidak, ternyata urutan kelahiran dapat memengaruhi karakteristik seseorang. Entah anak sulung atau anak pertama, anak tengah maupun si bungsu. Seorang tokoh psikologi bernama Alfred Adler mengemukakan bahwa ketika ia mendapatkan klien untuk diterapi, ia selalu menemukan hal yang unik. Ia menemukan hal-hal unik yang berkaitan dengan urutan kelahiran, jenis kelamin, saudara kandung yang dimiliki dan rentang umur diantara mereka.

Hal ini mungkin ada hubungannya dengan fakta anak pertama yang dilahirkan pertama kali sehingga mendapatkan perlakuan yang istimewa. Tetapi perlakuan ini akan berubah bila sudah memiliki saudara, sehingga kasih sayang yang awalnya hanya untuk anak pertama harus rela terbagi pada adiknya. Hal inilah yang membentuk kepribadian anak tersebut sehingga terlihat aneh dan berbeda dengan anak yang lainnya. Anak sulung memiliki karakteristik unik dibandingkan dengan yang lain. Karakteristik-karakteristik unik anak sulung seperti apa yang dimaksud, simak penjelasan di bawah ini :

1. Lebih pintar

Anak pertama biasanya cenderung lebih pintar dari saudara lainnya. Oleh karena itu, biasanya anak pertama menjadi pembelajar yang alami dan mudah untuk mempelajari berbagai hal. Selain itu anak pertama juga mendapatkan kesempatan belajar lebih banyak dari saudaranya yang lain, itulah mengapa anak pertama terlihat lebih pintar dari pada saudara yang lain.

Faktor lain yang membuat anak pertama menjadi seorang pembelajar alami karena mereka lahir pertama dan terbiasa dengan belajar secara otodidak atau mandiri. Namun sifat tersebut akan lebih berkembang jika kedua orang tua ikut mendapingi dan mengarahkan anak pertama pada hal-hal yang positif.

2. Perhatian

Jika kamu perhatikan, sangat jarang anak pertama yang tumbuh menjadi anak nakal. Hal itu dikarenakan ketika ingin melakukan sesuatu, ia selalu bertanya kepada orang tuanya terlebih dahulu. Jadi secara tidak langsung anak pertama selalu mendapat didikan yang baik dari orang tuanya. Biasanya anak-anak berbuat kenakalan untuk menarik perhatian orang di sekitarnya, tetapi itu tidak terjadi pada anak pertama karena mendapatkan perhatian lebih dari orang tuanya.

Hanya saja anak pertama sering disalahkan oleh orang tuanya karena kenakalan adiknya, karena anak pertama harus bisa mengemong dan bertanggungjawab atas perbuatan yang dilakukan saudaranya. Tetapi ketika mereka tumbuh menjadi dewasa, sifat kasih sayang semakin menguat, hal inilah yang membuat anak pertama menjadi pribadi yang baik dan disenangi banyak orang.

3. Orang yang kreatif

Mungkin banyak yang akan menyangkal peryataan ini, karena kreatifitas tidak berpengaruh terhadap urutan kelahiran seseorang. Tetapi bila kamu perhatikan dengan seksama, rata-rata anak pertama memiliki kreatifitas lebih dari anak yang lain. Kreatifitas anak pertama biasanya terbentuk karena memikirkan segala sesuatu hal yang dilihatnya. Mereka terbiasa dengan permasalahan yang dihadapi sejak kecil. Anak pertama merupakan seorang problem solving yang handal dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itulah anak pertama bisa memiliki kreatifitas yang tinggi dibandingkan anak yang lain.

4. Gampang Terkena Penyakit

Salah satu sisi negatif dari anak pertama adalah daya tahan tubuh yang lemah, sehingga cenderung mudah diserang penyakit terutama alergi. Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah melalui penelitian yang menyatakan bahwa gen orang tua yang diturunkan ke anak pertama cenderung menurunkan keadaan rentan tersebut.

Oleh karena itulah ketika dilahirkan biasanya anak pertama memiliki beberapa alergi tertentu. Untuk orang tua yang baru akan memiliki anak, sebaiknya menjaga dan merawat mereka dengan baik. Jauhkan dari tempat atau benda yang berpotensi menyebarkan virus atau bakteri yang berbahaya bagi kesehatan anak pertama.

5. Pemimpin yang Ambisius

Sebagai anak pertama, tentu terbiasa bertanggungjawab terhadap adik-adiknya. Jiwa pemimpin ini tumbuh ketika mereka diberikan tanggungjawab untuk mengawasi adik-adiknya. Oleh karena itulah biasanya anak pertama akan terlihat menonjol dalam sebuah organisasi, sifat pemimpinnya akan secara otomatis ingin memimpin dalam sebuah perkumpulan.

Sifat pemimpin ini akan sangat baik bila diarahkan pada sesuatu yang benar. Beri mereka pelajaran tentang kepemimpinan dan berbagai pengetahuan lain yang mendukung kemampuan untuk memimpin. Dengan begitu mereka akan menjadi seorang calon pemimpin yang hebat bagi keluarga, masyarakat atau bahkan sebuah negara.

6. Memiliki empati pada orang lain

Sifat empati dari anak pertama dikarenakan rasa tanggung jawab terhadap adik-adiknya. Karena itulah anak pertama bisa memberikan perhatian lebih terhadap orang lain. Selain itu rasa empati yang tinggi juga membuat anak pertama lebih mudah memahami perasaan orang lain.

Untuk itu, apabila kamu ingin mendapatkan perhatian lebih, carilah kekasih hati anak pertama. Mereka akan mudah mengerti kamu karena memiliki sifat empati yang tinggi.

7. Bertanggungjawab tapi mudah stresĀ 

Orang tua cenderung mengajarkan anak pertama mereka rasa tanggungjawab. Bahkan rasa tanggungjawab tersebut bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga tanggungjawab kepada adik-adiknya. Oleh karena sifat itulah yang akan mengejar kesempurnaan dalam setiap tugasnya sehingga rentan stress. Solusi agar mereka tidak mudah stress adalah dengan memberikan mereka dukungan secara moral. Selain itu mereka membutuhkan seseorang yang bisa diajak berdiskusi untuk memecahkan semua permasalahan yang dimiliki.

Bagaimana, apakah ada sifat anak pertama di atas yang mirip dengan sifat kamu? Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi kamu ya.