Wow, Ini Deretan Negara Yang Akan Mengusai Dunia Masa Depan

Sejak berakhirnya Perang Dunia II, banyak berbagai macam perubahan yang terjadi, yang menyangkut segala aspek aktivitas kehidupan manusia. Amerika Serikat adalah salah satu negara pemenang Perang Dunia ke-2 dan pemodal kuat tampil membantu negara-negara yang rusak akibat perang.

Suksesnya suatu negara bisa diukur dari teknologi, ekonomi dan sumber daya manusia. Jika suatu negara didukung oleh 3 hal tersebut maka negara tersebut dapat dijuluki sebagai negara terkuat. Dikatakan demikian bukan berarti negara tersebut memiliki teknologi militer yang sangat canggih melainkan sangat berpengaruh untuk negara-negara di seluruh dunia. Sebagai negara terkuat mereka bisa menjadi tolak ukur negara lain jika ingin menjadi negara maju.

Bahkan sampai saat ini Amerika masih menjadi negara besar yang dipandang seluruh dunia. Meski begitu, beberapa negara lain sebenarnya telah memiliki modal untuk menjadi negara besar yang tidak kalah dengan Amerika. Lantas negara apa saja yang memiliki potensi menjadi negara terkuat itu? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Brasil

Ini adalah negara yang sangat luas dan merupakan bagian dari Amerika Latin. Brasil juga merupakan negara dengan populasi berbahasa Portugis terbesar di dunia. Selain itu, media negara ini cukup stabil dan hubungan dengan seluruh negara di dunia cukup aman.

Jika Brasil mampu melangkah dengan tepat bersama sekutunya China dan Rusia, Brasil bisa maju menjadi salah satu negara yang terkuat. Tidak cuma itu saja, ekonomi Brasil diprediksi akan meningkat hingga 10 triliun dollar dalam 40 tahun ke depan, jauh di depan Jepang dan Jerman.

Brasil juga memiliki simpanan sumber daya alam yang sangat besar serta populasi yang hampir sama dengan keseluruhan negara di Amerika Selatan. Dengan memperhitungkan semua tanda ini, maka jelaslah bahwa Brasil bisa menjadi negara yang memimpin di Amerika Selatan dengan menjalin hubungan yang erat dengan negara kecil di sekitarnya.

2. India

Banyak analis berpendapat bahwa India adalah sebuah negara demokrasi terbesar dengan populasi lebih dari 1,2 milyar jiwa, kemungkinan akan menjadi negara dengan kekuatan dominan di Samudera Hindia dalam waktu dekat ini. India telah memiliki semua yang dibutuhkan untuk tumbuh dan menyebarkan pengaruhnya.

Negara ini memiliki kekuatan militer ketiga terbesar, jumlah angkatan laut yang terus berkembang dan kini bahkan memiliki kapal pengangkut pesawat yang lebih banyak dari UK. Semua pencapaian hebat ini telah berhasil dibayarkan oleh ekonomi yang meningkat dan bahkan menyaingi China berkat para pekerja muda mereka.

Meski begitu, negara ini masih harus menghadapi banyak tantangan yang harus diselesaikan seperti kemiskinan, tingkat buta huruf yang tinggi, masalah korupsi serta menghindari masalah situasi geopolitik seperti ancaman nuklir dari Pakistan di Barat atau perluasan China di Laut China Selatan. Untuk bisa menjadi negara super power, maka India akan membutuhkan pemimpin yang kuat dalam menyelesaikan setiap masalah internal yang dihadapinya sehingga bisa berkembang ke wilayah luar India.

3. China

Napoleon dulu pernah berkata bahwa China adalah raksasa yang sedang tertidur “Biarkan ia tidur karena ketika bangun ia akan mengguncang dunia”. Kata-kata Napoleon ini perlahan menjadi kenyataan ketika bangsa barat mulai tergantung dengan produk China, negara ini telah menjadi pusat manufaktur dunia sehingga membuatnya menjadi kandidat untuk menjadi negara dengan status super power.

Pangkalan penting perusahaan manufaktur China membuat negara ini terhubung dalam jalur pelayaran global yang membentang dari Samudra Pasifik hingga Hindia. Hal ini membuat China memiliki kontrol atas jalur pelayaran penting yang menjadi nadi ekonomi dunia.

Di bidang militer, China telah mendapatkan kapal pengangkut pesawat pertamanya, yang berarti negara ini kini bisa menjelajahi lautan China juga membangun pulau buatan dan bersiap untuk merebut wilayah di Laut China Selatan. Langkah ini menunjukkan bahwa China telah melihat dirinya sendiri sebagai negara kuat di wilayahnya dan berniat untuk memperluas jangkauannya.

4. Uni Eropa

Jika Uni Eropa mampu bertahan dari para nasionalis dan para gerakan skeptis yang saat ini menghadang, maka negara ini akan menjadi kandidat utama untuk menjadi negara super power dalam waktu dekat. Fakta bahwa negara gabungan Eropa ini mampu bangkit sebagai negara kuat dengan tenang, sebenarnya sudah banyak diketahui oleh para ahli strategi di Pentagon. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Amerika tidak pernah berhenti ikut campur dalam urusan Eropa melalui organisasi seperti NATO.

Dengan tingkat ekonomi yang hampir menyerupai Amerika dan bahkan populasi yang lebih besar, UE bisa memusatkan kekuatan politiknya di masa depan. Sejak awal tahun 90an, UE bahkan sudah membangun kekuatan bersenjata gabungan miliknya sendiri yang disebut CSDP. Para ahli percaya bahwa pasukan ini akan bergerak secara independen dari wilayah dominasi Amerika.

5. Indonesia

Negara kepulauan Indonesia menjadi semacam pembatas antara Samudra Pasifik dan Hindia membuatnya menjadi Negara pembatas yang kuat antara dua wilayah besar di dunia. Semua negara kuat saat ini menyadari bahwa Indonesia kini berada di posisi yang strategis. Selain itu negara Indonesia juga mungkin akan berniat untuk menjalin hubungan dan melakukan investasi besar-besaran untuk perkembangannya. Bahkan kekuatan militer Indonesia juga telah meningkat secara signifikan.

Karena telah sering berurusan dengan masalah pemberontakan, Indonesia memiliki pasukan unit khusus paling efektif di dunia. Selain itu pemerintah Indonesia juga telah memiliki pesawat jet dan meningkatkan jumlah armada lautnya hingga 200 buah kapal. Indonesia akan memiliki pondasi kuat untuk menjadi negara yang hebat dan kuat di masa depan.

6. Jerman

Jerman disebut sebagai mesinnya Eropa, karena mengontrol ekonomi terbesar di Eropa dan terkenal luas dengan kualitas produknya yang tinggi. Jerman telah melihat pengaruhnya yang meningkat dramatis setelah masa perang dingin dan krisis finansial di Eropa.

Jerman saat ini sedang menunda ambisi nasionalnya, sebaliknya negara ini justru mendorong proyek integrasi Eropa, suatu proses yang mampu mendorong UE untuk mendapatkan status negara kuat suatu hari nanti. Jika saat itu tiba, negara super power UE mungkin akan memilih Jerman sebagai pusatnya.

7. Rusia

Siapa saja yang rutin menonton berita tentu tahu bahwa Rusia memiliki ambisi untuk menjadi negara terkuat. Dengan mengekspor gas alam kepada negara Eropa dan pencaplokan Crimea, Rusia telah menunjukkan dirinya bukanlah negara yang bisa disepelekan. Meskipun militer Rusia termasuk yang terbaik di dunia, negara ini masih perlu mengatasi penurunan populasi dan memperbaiki ekonomi negaranya untuk bertahan tahun-tahun berikutnya.

Meski begitu, presiden Vladimir Putin telah membangun ikatan yang kuat dengan China. Rusia juga termasuk dari negara BRICS yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan. Bersama dengan sekutu baru ini Rusia membentuk ekonomi dan sosial yang baru serta kuat dengan nama New Development Bank (NDB) yang mungkin akan memberikan kekuatan bagi Rusia untuk menjatuhkan dominasi Eropa dan Amerika dalam pasar global.

Rusia dengan sekutu BRICS-nya di bawah NDB akan mengontrol lebih dari 3 milyar orang, sekitar 40% populasi dunia. Mereka juga mengontrol lebih dari seperempat area tanah di dunia. Jika Rusia sukses, maka NDB akan mampu membangun kekuatan negara dunia ke-3 dan membantunya untuk bangkit sebagai rekan Rusia dan China.

Itulah beberapa daftar negara dengan potensiyang mampu memperluas pengaruhnya. Namun tentu saja semua itu tidak bisa dicapai dengan mudah begitu saja. Perlu usaha keras dan pasti akan ada rintangan besar yang menghadang untuk menjadi negara yang berkuasa, entah dari pihak luar atau bahkan dalam negeri itu sendiri.