Wow, Masjid Unik Ini Terbuat Dari Lumpur

Masjid merupakan rumah Tuhan yang diagungkan. Seringkali masjid dibangun dengan megah dan besar karena tujuan awalnya untuk menampung jamaah dalam jumlah besar. Banyak masjid yang memiliki arsitektur unik dan menakjubkan. Bahkan tak sedikit pelancong yang sengaja melakukan perjalanan ke sebuah daerah atau negara, hanya untuk merasakan langsung keteduhan hati saat beribadah di masjid unik tersebut. Tapi hanya ada beberapa masjid yang punya keunikan tersendiri. Kamu pasti akan terkagum-kagum melihat masjid-masjid unik ini. Kamu penasaran? Simak beberapa masjid unik terbuat dari lumpur berikut ini :

A. Masjid Raya Djenne, Afrika Barat

Masjid Raya Djenne adalah bangunan dari lumpur terbesar di dunia dan dianggap oleh banyak arsitek sebagai gaya arsitektur Sudano-Sahelian terbaik. Masjid ini terletak di kota Djenne, Mali, di dekat Sungai Bani. Terletak di kota Djenne, Republik Mali di Afrika Barat, yang merupakan bagian koloni Perancis. Masjid pertama di tempat ini dibangun pada abad ke-13 kemudian dibangun kembali selama 3 tahun (1906 – 1909) dengan bantuan pemerintah Perancis.

Ismaila Traore adalah desainer masjid lumpur terbesar dunia ini. Ismaila merupakah seorang muslim, arsitek dan juga koki. Dalam membangun masjid ini, sang arsitek menggunakan bahan-bahan tradisional seperti batang dan cabang pohon yang diaduk bersamaan bata lumpur kering dan juga tanah liat. Dinding Masjid yang dibangun di atas tanah seluas 5.625 meter persegi ini terbuat dari bata lumpur yang dijemur di bawah matahari (disebut ferey) sedang bagian luarnya diplester dengan lumpur yang lembut.

Ketebalan dinding antara 41 cm dan 61 cm, bervariasi sesuai ketinggian tembok, yaitu bagian lebih tinggi dibangun lebih tebal karena dasar harus cukup lebar untuk mendukung berat. Beberapa batang pohon kelapa dimasukkan dalam tembok bangunan untuk mengurangi proses peretakan akibat kelembaban dan suhu. Menggunakan lumpur sebagai bahan baku pembangunan jelas mendatangkan kelebihan dan juga kekurangan.

Masjid Agung Djenne memang dinilai sangat unik, namun juga selalu berubah-ubah. Karena terbuat dari lumpur, maka masalah terbesar adalah cuaca dan iklim. Cuaca dan iklim di Mali yang ekstrim melibatkan panas yang berkepanjangan, tingkat kelembaban tinggi dan juga erosi. Akibatnya, bangunan Masjid Agung sering mengalami distorsi. Para sejarahwan menilai jika secara keseluruhan desain dari masjid ini kebanyakan dipengaruhi oleh gaya desain Sudan.

B. Masjid Djingareyber, Timbuktu

Masjid Djingareyber dibangun oleh Sultan Kankan Moussa pada 1327 setelah kembali dari ziarah ke Mekkah, antara tahun 1570 dan 1583, qadhi dari Timbuktu, Imam Al Aqib, memperluasnya. Masjid ini merupakan salah satu dari tiga masjid terbesar di kota Timbuktu, dan merupakan pusat studi yang terkenal di Mali. Selain dari batu kapur, seluruh bangunan masjid terbuat dari tanah dan bahan-bahan organik seperti serabut, jerami dan kayu.

Masjid ini memiliki tiga lapangan, dua menara dan 25 pilar yang saling berhadapan di timur dan barat, serta ruangan shalat yang dapat menampung 2.000 jamaah. Konstruksi masjid Djingarei dibangun dari batu bata lumpur dan kayu merupakan arsitektur khas Sudano-Sahel. Djingareyber adalah salah satu dari tiga madrasah yang merupakan bagian dari Universitas Sankore.

Masjid ini tercatat dalam daftar situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1988. Masjid-masjid di Timbuktu adalah peninggalan sejarah dunia, yang dibangun oleh para ulama Sufi berabad-abad lalu. Menurut catatan sejarah, Timbuktu pernah menjadi pusat pendidikan Islam bertempat di tiga masjid besar yang dibangun pada abad ke-15 dan ke-16.

Kota itu juga dikenal sebagai “kota 333 wali” yang merupakan awal tradisi Islam Sufi. Inilah destinasi wisata utama yang menarik minat banyak wisatawan mancanegara, khususnya bagi wisatawan muslim dunia. Kota Timbuktu merupakan kota kuno yang ramah dan memiliki sejarah peradaban ilmu pengetahuan yang kuat.

C. Masjid Larabanga, Republik Ghana

Masjid Larabanga merupakan masjid bersejarah berarsitektural Sudan di kampung Larabanga, Republik Ghana, Benua Afrika. Sebuah masjid tua terbuat dari lumpur khas benua Afrika yang masih eksis hingga kini. Masjid ini disebut-sebut sebagai masjid tertua di Ghana dan kawasan Afrika Barat. Lokasi Masjid Larabanga ini terletak di Sawla Damongo Road,Larabanga.

Larabanga merupakan sebuah kampung Muslim di dekat Damongo di distrik Western Gonja, Wilayah Northern Region. Masjid Larabanga menjadi salah satu dari beberapa masjid-masjid menakjubkan khas Afrika yang terbuat dari lumpur, menambah khasanah seni bangunan masjid di dunia Islam. Sebenarnya ada beberapa kontoversi terkait kapan masjid ini pertama kali dibangun dan oleh siapa.

Sejarah menyebutkan bahwa masjid Larabanga dibangun pada tahun 1421 M, disebutkan bahwa seorang saudagar muslim bernama Ayuba yang sedang dalam perjalanan di daerah tersebut tertidur di tempat itu dan bermimpi mendapatkan perintah untuk mendirikan sebuah masjid. Ketika terbangun di pagi hari, dia mendapati sudah ada pondasi masjid ditempat tersebut yang hadir secara misterius, maka Ayuba mulai melanjutkan pembangunan masjid diatas pondasi yang sudah ada tersebut hingga selesai. Masjid ini juga disebut-sebut sebagai Mekahnya Afrika barat karena kekayaan sejarah dan nilai arsitekturnya.

D. Masjid Raya Agadez, Nigeria

Seperti bangunan tradisional lainnya di Afrika, masjid ini pun dibangun dari lumpur dan potongan-potongan kayu. Terletak di daerah Air Massif di tengah-tengah Negara Nigeria. Dibangun pada awal abad ke-16, masjid ini mempunyai menara setinggi 30 meter dengan bentuk unik, yang merupakan menara bersejarah dan paling terkenal di Afrika sub-Sahara.

Potongan-potongan kayu yang dipasang di sekeliling dinding menara selain untuk memperkuat struktur bangunan juga difungsikan sebagai tangga ketika merenovasi atau memperbaiki bangunan. Masjid Raya Agadez merupakan sebuah arsitektur masjid yang luar biasa, terbuat dari batu bata yang dicampur tanah liat. Bahan dari bangunan yang menggunakan batu bata yang tercampur dengan tanah liat.

Itu dia beberapa masjid terunik di dunia yang dibangun oleh lumpur, Kamu berminat ke sana dan mencoba sholat berjamaah di sana..