Hebat! Alat Ini Bisa Menghasilkan Air Bersih Dari Udara

Air merupakan bagian dari kehidupan yang tidak dapat dipisahkan. Fungsi utama air sebagai kebutuhan asupan cairan tubuh. Selain itu fungsi air digunakan untuk mandi, mencuci, memasak, dan banyak lagi kegunaan air untuk kehidupan. Mengingat air adalah komponen pokok dari kebutuhan manusia, tentunya sumber air bersih sangatlah diperlukan oleh manusia.

Akan tetapi sangat disayangkan, hingga saat ini masih banyak wilayah di muka bumi yang kesulitan dalam mengakses air bersih. Jangankan untuk minum, di beberapa wilayah di muka bumi bahkan tidak terdapat air bersih untuk mandi dan memasak.

Untuk menangkal ketersediaan air bersih yang semakin sedikit ini, sebuah perusahaan asal Israel bernama water-Gen telah menciptakan sebuah perangkat unik yang bisa menghasilkan air bersih yang layak untuk dikonsumsi. Perangkat unik tersebut berbentuk kotak persegi yang besar dan tidak sembarangan untuk menghasilkan air.

Prosesnya tergolong cukup sederhana, hanya membutuhkan udara untuk diolah menjadi air

Jadi, untuk menghasilkan air bersih dari perangkat tersebut, dibutuhkan udara alias uap. Unik gak tuh?

Cara kerja dari perangkat ini sebenarnya tergolong cukup sederhana lho! Jadi, mesin dalam perangkat tersebut menggunakan satu set plastik ‘daun’ yang berfungsi untuk menyerap udara alias dari semua arah.

Setelah udara diserap dari berbagai arah, udara kemudian akan disaring dan diproses dengan sedemikian rupa menggunakan generator yang ada di dalamnya. Nah, setelah proses penyaringan, udara akan berubah menjadi air bersih yang layak untuk dikonsumsi.

Perangkat petak ini diperkirakan dapat menghasilkan 825 galon dalam sehari. Perangkat yang berukuran besar dilaporkan bisa menghasilkan air sebanyak itu jika kelembapan atau uap air di sekitar lingkungan rentangnya mencapai 60 sampai 80 persen.

Perangkat ini menghasilkan jumlah galon air yang disesuaikan dengan ukurannya

Ada juga perangkat yang dibuat dengan ukuran sedang dan diperkirakan air bersih yang dihasilkan mencapai 118 galon per hari. Itu juga harus dengan syarat kelembapan udara mencapai 60 sampai 80 persen. Dan untuk perangkat yang paling kecil dilaporkan dapat menghasilkan air yang layak konsumsi dari uap sekitar 4 galon per hari.

Perangkat ini hanya akan dijual secara terbatas di beberapa wilayah seluruh dunia yang dianggap lebih dominan membutuhkan air bersih yang ditinjau dari segi kehidupan dan lingkungannya. Daerah-daerah tersebut meliputi Amerika Latin, Afrika dan Asia Tenggara karena dinilai masih banyak daerah yang belum mendapatkan air layak untuk konsumsi.

Nah, sepertinya perangkat ini akan sangat dibutuhkan Indonesia juga. Mengingat masih ada wilayah di Indonesia yang masih kesusahan dalam mengakses air bersih untuk konsumsi.