Deretan Lukisan Yang Menyeramkan Di Dunia

Lukisan adalah suatu karya seni yang membuat banyak orang merasa terkagum-kagum dengan melihatnya. Lukisan yang dibentuk oleh beberapa seniman ini adalah lukisan yang memiliki tema yang sangat beraneka ragam dan tentunya dibuat seunik mungkin agar bisa mmembedakannya dengan karya seni lainnya yang memiliki nilai seni tinggi. Karena untuk menghasilkan sebuah lukisan yang bernilai tinggi diperlukan kesabaran dan juga ketekunan dari pelukisnya.

Nah, berbicara tentang lukisan, ada beberapa lukisan yang memiliki nilai seni tinggi dan juga penuh dengan coretan-coretan dan bentuk abstrak serta minimalis namun terkesan seram. Ada beberapa lukisan yang memiliki tema yang mengerikan yang menyebabkan lukisan tersebut menjadi lukisan yang sangat menyeramkan jika dilihat dari visualnya. Berikut dibawah ini adalah beberapa lukisan paling seram yang ada di dunia.

1. Heads Severed

Ini merupakan salah satu lukisan terseram yang ada di dunia. Lukisan Heads Severed ini dibuat oleh seorang pelukis yang bernama Theodore Gericault. Lukisan dari Theodore Gericault selalu identik dengan romantisme. Walaupun Heads Severed ini terlihat menyeramkan tetapi menyimpan sebuah cerita romantisme yang sangat indah. Lukisan ini menggambarkan dua kepala mayat yang berdampingan. Dia terinspirasi dari potongan mayat yang terdapat di rumah sakit dan di laboratorium. Lukisan ini sangat terkenal di seluruh dunia dan terjual dengan harga yang sangat mahal sekali.

2. The Death Of Marat

Lukisan The Death of Marat merupakan sebuah lukisan yang dibuat oleh pelukis Edvard Munch. Dia adalah seorang pelukis yang berkebangsaan Norwegia. Banyak lukisan Edward yang terkenal. Dia selalu membuat lukisan yang menggambarkan kegelisahan, keresahan dan juga kecemasan. The Death of Marat ini salah satu lukisan yang menggambarkan kegelisahan. Lukisan ini bercerita tentang manusia bernama Marat yang berjuang melawan penyakitnya. Walaupun dia menderita penyakit, dia masih bisa menghasilkan karya. Ada banyak sekali lukisan yang menceritakan tentang Marat. Tetapi lukisan dari Edward inilah yang terkesan seram dan brutal.

3. The Scream

Lukisan berikutnya adalah lukisan yang memiliki nama The Scream. Lukisan yang diciptakan oleh seniman bernama Edvard Munch ini termasuk salah satu lukisan yang mengerikan di dunia. Meskipun lukisan ini tidak dibuat senyata mungkin, namun ternyata lukisan ini akan sangat mengerikan ketika Anda mendalami lukisan ini. Konon ada cerita mengerikan yang beredar bahwa orang yang mencoba mendalami lukisan The Scream ini akan sakit bahkan mengalami depresi.

Cerita lain juga datang bagi orang yang sengaja atau tidak sengaja menyentuh dan menjatuhkan lukisan ini akan mengalami hal buruk dan nasib yang tidak beruntung. Namun meskipun begitu, lukisan ini termasuk dalam lukisan terkenal di dunia dan juga termasuk lukisan yang terjual dengan harga yang cukup mahal.

4. Saturn Devouring His Son

Jika melihat lukisan Saturn Devouring His Son, pasti Anda akan merasakan kengerian yang begitu dalam. Lukisan ini memang digambarkan dengan sangat baik sekaligus menyeramkan. Dalam cerita yunani kuno, dewa selalu memakan anaknya sendiri. Seorang dewa tidak ingin mempunyai saingan yang mempunyai kekuatan lebih dari dia. Jadi jika dia mempunyai seorang anak, dia akan memakan anaknya sendiri. Lukisan karya Fransisco Goya ini menceritakan tentang cerita yunani kuno tersebut. Seorang ayah dewa terlihat sedang memakan anaknya sendiri.

5. The Nightmare

Mimpi buruk adalah hal yang tidak pernah diinginkan oleh banyak orang di dunia ini, namun ada seorang seniman yang sengaja membuat karya yang membuat lukisan tentang mimpi buruk ini. John Fuseli adalah seniman yang menmbuat karya ini, ia menggambarkan sebuah perempuan yang pulas tidur dan terdapat incubus iblis laki-laki yang ada di atas dada perempuan yang sedang tidur tersebut. Dengan lukisan tersebut, membuat banyak sekali bermunculan lukisan dengan versi yang berbeda-beda yang temanya sama yaitu mengutuk orang yang sedang tertidur pulas.

6. The Hands Resist Him

Lukisan berjudul The Hands Resist Him tidak kalah menyeramkannya dengan lukisan yang lainnya. Lukisan yang dibuat pada tahun 1972 oleh Bill Stoneham ini seakan-akan mendapat sebuah kutukan. Dalam lukisan tersebut menggambarkan sosok anak laki-laki yang konon merupakan sang pelukis saat masih kecil, ia sedang berdiri bersama boneka gadis tanpa ekspresi. Lukisan ini sempat dilelang pada situs eBay pada Februari 2000 silam dan berpindah tangan beberapa kali. Sejak saat itulah hal-hal berbau mistis kerap terjadi pada lukisan ini. Menurut pengakuan orang-orang yang pernah memilikinya, lukisan ini sering berpindah tempat dan terkadang boneka gadis tanpa ekspresi tersebut kerap menghilang dari lukisan.

7. Bocah Menangis

Sepintas lukisan yang diberi judul Bocah Menangis karya Bruno Amadio ini memang tidak terlihat menakutkan. Namun cerita petugas pemadam kebakaran dalam majalah The Sun tahun 1980 di Inggris membuat lukisan ini menjadi terkenal. Pada saat kebakaran hebat tersebut terjadi, satu-satunya barang yang tersisa dalam rumah adalah lukisan ini.

Anehnya api-api seakan tidak berani melahap lukisan ini, jangankan membakar habis, menggoresinya saja tidak terlihat. Setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata ditemukan fakta juga bahwa objek dalam lukisan merupakan anak yatim piatu yang kehilangan keluarga dalam sebuah kebakaran hebat. Entah berhubungan atau tidak, yang jelas cerita tersebut membuat lukisan ini seolah mengandung aura mistis yang membuat bulu kuduk merinding.

8. The Temptation of Saint Anthony

Jika melihat lukisan The Temptation of Saint Anthony akan terlihat sangat menyeramkan. Lukisan tersebut menggambarkan iblis-iblis yang sedang berkelahi. Warna yang dimunculkan juga memberikan lukisan ini semakin terlihat menyeramkan. Lukisan ini menggambarkan cerita spiritual yang sangat jelas sekali. Lukisan ini dibuat oleh seorang pelukis yang bernama Matthias Grunewald. Lukisan yang dibuat oleh Matthias Grunewald selalu kental dengan cerita pencerahan zaman pertengahan. Lukisan ini digambarkan dengan sangat apik dan sempurna. Bagaimana seorang iblis melakukan sebuah peradilan dengan kekuasannya.

9. Judith Slaying Holofernes

Lukisan karya dari pelukis Italia, Artemisia Gentileschi ini diberi judul Judith Slaying Holofernes. Lukisan yang dibuat antara tahun 1614 sampai 1620 ini menggambarkan tentang dua orang wanita yang sedang memenggal kepala orang. Wanita itu adalah Judith dan pelayannya, digambarkan keduanya sedang menggorok leher seorang jenderal perang saat tengah mabuk dan tertidur lelap. Hal tersebut juga menceritakan tentang kekuatan wanita yang mampu menang menghadapi seorang pria yang kuat. Dan diyakini pula sang pelukis Artemisia terinspirasi oleh Caravaggio, seorang pelukis yang kerap melukiskan aspek-aspek kekejaman dalam lukisannya.

10. Dante and Virgil

Lukisan menyeramkan yang satu ini bernama Dante and Virgill. Lukisan yang menceritakan latar di neraka ini dilukis oleh seorang pelukis Perancis bernama Adolphe Bouguereau William pada tahun 1850. Dalam lukisan tersebut William menerjemahkan tentang menyeramkannya tempat yang bernama neraka. Di dalam lukisannya tergambar dua orang laki-laki tanpa pakaian yang sedang berkelahi sedangkan yang lainnya hanya melihat saja. Dan dikejauhan tampak iblis yang seakan menikmati adegan perkelahian itu.

Itulah lukisan terseram di dunia. Jika Anda melihat lukisan-lukisan tersebut, dijamin bulu kuduk Anda pasti akan merinding. Para pelukis dunia itu memang menuturkan sebuah cerita dengan menggunakan lukisan. Cerita tersebut dibuat dengan sangat teliti dan elok. Lukisan yang disebutkan di atas sangat terkenal di seluruh dunia sebagai lukisan terseram di dunia.