Deretan Wanita Misterius Dari Berbagai Negara Di Dunia

Sosok misterius adalah wujud dari seseorang yang belum diketahui kebenarannya namun ketenarannya sudah menyebar kemana-mana. Dengan cerita dan mitos akan hal mistis, sosok misterius sering kali dikaitkan dengan kejadian yang menakutkan. Banyak sosok-sosok misterius di dunia yang telah menjadi rahasia dan dipercaya kebenarannya. Mungkin Anda pernah mendengar mitos atau legenda yang terkait dengan perempuan mistis ini. Mungkin Anda mengenal mereka dengan nama yang berbeda karena setan perempuan juga dikenal di beberapa kebudayaan. Mari simak perempuan mistis dalam kebudayaan negara di dunia berikut ini.

A. Lasyona – Venezuela

Lasyona adalah kisah wanita mistis yang terkenal dari Venezuela. Lasyona adalah sosok wanita yang sering menyamar menjadi istri lelaki hidung belang kemudian membunuh lelaki tersebut. Legenda ini bermula dari kisah seorang wanita bernama Melisa, diceritakan Melisa adalah wanita yang sangat cantik dan sangat sayang kepada suami dan anak-anaknya.

Suatu hari saat ia sedang mandi disungai dekat rumahnya seorang lelaki menghampirinya dan mengatakan bahwa sang suami sedang berselingkuh dengan ibunya. Melisa bergegas pulang dan ternyata mendapati suaminya sedang tidur bersama anak-anak mereka, karena telah terbakar emosi Melisa lantas membakar rumahnya dan menikam ibunya hingga tewas. Namun sebelum memejamkan mata sang ibu mengutuk Melisa, bahwa saat meninggal nanti ia akan menjadi roh yang akan membunuh para hidung belang yang menjalin cinta terlarang dengan wanita lain. Sosok Lasyona inilah yang disebut-sebut masyarakat Venezuela sebagai penjelmaan dari kutukan Melisa.

B. Banshee – Irlandia

Banshee adalah roh perempuan dalam mitologi Irlandia. Kehadirannya dianggap sebagai tanda untuk kematian anggota keluarga Gaelic terkenal. Banshee dapat berubah bentuk dirinya dalam berbagai bentuk. Tapi dia paling sering digambarkan sebagai seorang wanita dengan sosok menakutkan yang mengenakan jubah merah atau hijau. Rambut panjang menjuntai, menutupi wajahnya menyeramkan. Menurut Departemen Keuangan Irlandia Mitos, Legenda dan Cerita Rakyat, penampakan beberapa Banshees pada satu waktu adalah pengingat kematian seseorang yang benar-benar terkenal. Ini bisa menjadi pemimpin agama tingkat tinggi yang sangat dihormati.

C. White Death – Meksiko

Muerto Blanco atau yang biasa disebut White Death adalah legenda yang ditakuti warga meksiko. Legenda ini bahkan sangat tabu untuk dibicarakan karena konon akan membawa siapa saja masuk ke dalam alam kematian. Bermula dari sebuah insiden tragis yang dialami seorang wanita cantik beberapa abad silam, dikisahkan wanita ini tewas bunuh diri karena patah hati.

Menurut legenda yang dipercaya wanita ini menaruh dendam kepada mantan kekasih dan orang-orang disekitarnya. Sosoknya lalu berubah menjadi arwah jahad dan menebar teror, yang sering kali mewujudkan diri dengan wajah menyeramkan. Digambarkan sosok wanita ini bermata merah dan mengeluarkan darah, konon arwah jahad ini takkan berhenti meneror jika korbannya belum meninggal.

D. Xana – Asturia, Galicia dan Cantabria

Xana adalah makhluk dalam mitologi Asturian, Galicia timur dan Cantabria. Dalam beberapa versi, xana digambarkan sebagai sosok wanita cantik luar biasa, dengan rambut pirang panjang yang dihiasi sisir dari sinar matahari atau cahaya bulan. Dia hidup di dekat air mancur, sungai, air terjun atau sumber air murni yang tersembunyi di tengah hutan. Kadang xana menunjukkan kebaikan bagi manusia yang tak sengaja bertemu dengannya. Dia akan menawarkan air cinta, sebongkah emas, atau perak.

Tak jarang xana memperdengarkan suaranya yang menghipnotis pada saat musim semi atau musim panas. Mereka yang memiliki jiwa murni akan merasa damai mendengarnya. Namun orang-orang yang memiliki hati culas akan merasa tercekik mendengar nyanyian merdu xana. Namun kadang xana juga berbuat usil kepada manusia. Tak jarang mereka menyerang manusia, mencuri makanan, dan menukar anak-anak manusia dengan anak mereka sendiri.

E. Elisa Day – Eropa

Elisa Day adalah sosok wanita mistis yang kisahnya melegenda di Eropa. Orang-orang mengaku melihat sosok ini telah berada ditepi sungai yang ditumbuhi mawar liat, mereka liat sosok Elisa yang mengalir darah dikepalanya. Beberapa orang juga melihat sosok Elisa Day tengah mencengkram setangkai mawar merah. Legenda ini bermula dari kisah wanita cantik di Irlandia yang hidup berabad-abad lalu, wajahnya sangat cantik membuat dirinya dipanggil sebagai “Wild Rose” atau mawar liar.

Suatu hari ada seorang pemuda yang jatuh cinta kepada Elisa, namun tanpa alasan yang jelas pemuda ini malah membunuh Elisa dan membisikkan kata “semua keindahan harus mati”. Ia diminta untuk bertemu Elisa ditepi sungai dimana disana banyak mawar-mawar indah tumbuh dengan bebas, Elisa tak tau bakal menemukan ajalnya ditempat tersebut. Sejak itulah banyak orang-orang melihat sosok wanita cantik dilokasi tersebut yang diyakini sebagai sosok Elisa Day.

G. Maria Labo – Filipina

Bagi masyarakat Filipina mendengarkan kata Maria Labo adalah sesuatu yang membuat mereka merinding. Sosok ini diyakini sebagai sosok wanita yang suka memakan daging manusia. Menurut cerita yang dipercaya oleh masyarakat Filipina, Maria Labo adalah istri dari seorang polisi yang hidup bahagia bersama suami dan anak-anaknya. Maria memutuskan untuk membantu perekonomian keluarganya dengan bekerja sebagai asisten rumah tangga dan merawat seorang pria tua.

Tanpa ia ketahui pria tua tersebut hidup dengan sebuah kutukan, pria tersebut harus melepaskan kutukannya agar bisa mati dengan tenang. Tanpa Maria ketahui kutukan tersebut berpindah ketubuhnya, karena sebuah kutukan misterius ini Mariapun berubah menjadi sosok kanibal. Ia pun tega membunuh darah dagingnya sendiri, perbuatannya membuat sang suami marah dan menikam Maria Labo diwajahnya. Sejak saat itulah Maria pergi meninggalkan rumah, masyrakat Filipina yang percaya jika Maria Labo masih berkeliaran bebas dinegaranya.