Ini Alasannya Mengapa Orang Lebih Suka Belanja Online

Saat ini belanja online sedang booming, bahkan sudah menjadi pilihan alternatif bagi kebanyakan orang. Terutama bagi yang sangat sibuk dengan segala aktivitas dan rutinitas sehari-hari yang tidak bisa menyempatkan waktu mereka untuk melengkapi kebutuhannya. Bahkan tidak hanya mereka yang sibuk memanfaatkan pilihan belanja online ini, mereka yang tidak sibuk bahkan seorang ibu rumah tangga biasa menyukai belanja online ini.

Setiap tahunnya jumlah pembeli melalui internet meningkat dan berkembang pesat. Dengan meningkatnya jumlah pembeli tentu saja di manfaatkan sebagian orang untuk turun meramaikan online shop yang melayani pembelian melalui internet ini. Tentu seiring dengan berbagai macam layanan yang bisa kita manfaatkan untuk mendukung kegiatan pemasaran tersebut.

Seperti dengan memanfaatkan layanan media sosial, forum, maupun situs marketplace dan beberapa bahkan secara pribadi ada yang memiliki toko online yang mereka kelola sendiri. Apakah anda juga suka berbelanja dengan toko online? Tentu, anda menyukai berbelanja online karena berbelanja online sangat mudah dan menyenangkan. Jadi, apa lagi yang membuat toko online semakin digemari orang modern? Berikut ulasannya

1. Menghemat Waktu

Berbelanja online memang dijadikan pilihan bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja di pusat perbelanjaan, namun harus memenuhi setiap kebutuhan. Dengan belanja secara online, kita yang sibuk hampir 24 jam saja, bisa mendapatkan barang yang kita inginkan. Sekitar 72% masyarakat memberikan alasan ini saat ditanya mengapa mereka memilih berbelanja online daripada offline.

2. Murah Dan Mudah

Berbelanja lewat online memang sangat mudah dan praktis sehingga membuat pembeli lebih menggemarinya. Pembeli hanya membutuhkan komputer atau smartphone yang terkoneksi langsung dengan internet. Selanjutnya pembeli dapat berbelanja langsung dari web, cari produk, klik dan langsung pembayaran. Selain itu, produk yang dijual di online juga tergolong murah jika dibandingkan dengan toko offline.

3. Tidak Repot

Kalau kita kebetulan sedang belanja dalam jumlah yang banyak namun kendaraan yang kita miliki tidak bisa menampung sepenuhnya barang belanjaan kita, tentunya ini akan sangat merepotkan. Dengan berbelanja melalui internet, kerepotan pada saat seperti membeli barang banyak tentu tidak akan terasa lagi, karena saat ini sudah banyak jasa expedisi di Indonesia yang cukup berpengalaman dalam mengirimkan barang dalam jumlah besar. Yang hanya perlu kita lakukan hanya memilih barang, selanjutnya kita bayar dan kemudian barang akan diantarkan ketempat kita.

4. Dapat Membandingkan Produk Dengan Mudah

Jika kita berbelanja produk yang kita inginkan di toko atau secara offline, tentu akan sangat kesulitan untuk membandinkan produk 1 dengan yang lainnya. Apalagi saat kita menemukan 1 produk di toko lain dengan harga yang lebih murah dari yang sudah kita dapatkan. Nah dengan berbelanja secara online, kita akan lebih mudah membandinkan lebih dari 1 produk dari beberapa toko online yang berbeda.

Biasanya masyarakat memang memanfaatkan toko online untuk mencari informasi seputar produk yang diinginkan. Entah pada akhirnya memutuskan berbelanja online ataupun offline. Sebanyak 61% dari jumlah responden memilih alasa ini ketika hendak berbelanja online.

5. Menemukan Produk Pasar Dengan Lebih Mudah

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa toko online sering kita manfaatkan untuk mencari informasi tentang produk tertentu. Ini biasanya kita lakukan saat kita tidak menemukan produk di toko fisik atau offline. Dan ternyata kita mendapatkannya di toko online. Beberapa produk memang jauh lebih mudah ditemukan di toko online ketimbang di toko fisik. Sehingga masyarakat memilih untuk berbelanja secara online ketimbang offline. 58% masyarakat yang mengikuti survey ini mencari produk yang tidak ada di pasaran melalui media online. Hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produknya secara online.

6. Mendapat Harga Yang Lebih Murah

Selain menemukan produk yang tidak ada di pasaran, berbelanja secara online sering menjadi pilihan karena beberapa produk menawarkan harga yang jauh lebih murah daripada di toko ofline. Beberapa toko online memang saling beradu dan bersaing menjual produk dengan harga yang murah. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, sehingga membuat mereka memilih untuk membeli barang yang dibutuhkan secara online.

Sekalipun harus menambahkan beberapa rupiah untuk biaya pengiriman, konsumen tidak keberatan. Alasannya karena produk yang diinginkan sudah didapatkan, harga murah dan tidak repot untuk mencari nya dan membeli secara offline pasti sangat susah sekali dengan barang tertentu. Sebanyak 45% masyarakat memilih berbelanja online karena harga yang didapatkan jauh lebih murah daripada berbelanja langsung di toko.

7. Kualitas Yang Tidak Kalah Dari Toko

Seringkali kita khawatir jika membeli produk secara online akan mendapatkan kualitas produk yang lebih buruk daripada yang ada di toko offline. Tapi rumor itu segera terpecahkan ketika setidaknya 26% orang percaya bahwa produk yang dibeli secara online memiliki kualitas produk yang tidak kalah baik dari yang dibeli secara offline.

Sebagai konsumen kita juga harus bijak saat berbelanja online. Ketika kita masih ragu untuk membelanjakan uang untuk produk di toko online, coba saja cek testimonial pelanggan dari toko online itu. Lihatlah bagaimana pelanggan memberikan feed back atau tanggapan atas produk yang mereka beli. Dari situ kepercayaan memang akan terbentuk untuk membeli produk dari toko online tertentu.

Selain beberapa alasan diatas yang membuat banyak orang sepertinya begitu sangat tertarik untuk berbelanja online. Namun disisi lain ada pula yang masih banyak merasa ragu-ragu untuk membeli barang secara online. Kenapa hal ini terjadi? Ini berkaitan dengan trust atau rasa kepercayaan konsumen terhadap suatu toko tertentu. Namun hal ini hanya terjadi pada beberapa toko yang masih baru dan juga yang masih belum cukup dikenal banyak orang.