Kiri Atau Kanan, Otak Anda Yang Sebelah Manakah Yang Berfungsi Paling Baik?

Otak merupakan bagian organ tubuh manusia yang menjadi segala daya kekuatan untuk hidup dan merespon segala stimulus dari luar. Otak kita dibagi menjadi dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Kedua struktur ini sangat kompleks, akan tetapi teori modern mengatakan bahwa masing-masing bagian berperan untuk berbagai macam jenis pemikiran. Sangat sulit untuk memisahkan struktur otak ini, akan tetapi percobaan telah menunjukkan bahwa satu sisi bagian otak memiliki jenis pemikiran tertentu yang lebih banyak dari pemikiran sisi bagian otak yang lain. Walaupun ada sebagian orang yang lebih dominan menggunakan bagian satu sisi tertentu.

Perbedaan teori fungsi otak kanan dan otak kiri telah populer sejak tahun 1960. Seorang peneliti bernama Roger Sperry menemukan bahwa otak manusia terdiri dari 2 bagian yaitu otak kanan dan otak kiri yang mempunyai fungsi yang berbeda. Atas jasanya beliau mendapat hadiah Nobel pada tahun 1981. Selain itu dia juga menemukan bahwa pada saat otak kanan sedang bekerja maka otak kiri cenderung lebih tenang, demikian pula sebaliknya.

Penelitian lebih lanjut mengungkapkan korelasi yang mendalam antara daerah aktivitas otak dan jenis tugas spesifik. Daerah penelitian sudah cukup berkembang, karena melakukan langkah rehabilitasi dan pengobatan cedera otak menjadi lebih penting. Setiap bagian memiliki fungsinya masing-masing. Berikut penjelasannya.

Otak Kanan dan Kiri

Orang-orang yang memiliki kecenderungan otak kanan, mereka berpikir secara acak, tidak teratur, intuitif serta holistic. Anak-anak yang mempunyai kecenderungan otak kanan memang tidak sebaik anak berotak kiri. Bahkan mereka seringkali dianggap bodoh karena kebanyakan dari mereka tidak akan bisa mengikuti pelajaran dan mendapatkan nilai sebaik otak kiri. Namun bukan berarti mereka tidak memiliki kemampuan.

Otak kanan berpikirnya acak, intuitif sehingga keunggulan mereka justru dibidang lain, biasanya seni. Kemampuan seni mereka begitu tinggi, imajinasi mereka begitu besar sehingga tidak jarang cara berpikir mereka dianggap aneh dan tidak biasa. Cara berpikir yang berbeda inilah yang membuat mereka bisa menghasilkan karya-karya luar biasa. Para seniman misalnya, merek adalah golongan orang berotak kanan. Jika anak Anda tidak juara dalam matematika atau pelajaran IPA, jangan memberi label mereka bodoh tapi galilah kemampuan mereka.

Dari segi cara berpikir, otak kiri berpikir secara logis, sekuensial dan rasional. Orang yang memiliki kecenderungan otak kiri, cara berpikirnya sangat teratur. Mereka mengatur segala sesuatu secara runtut dan detail. Orang yang memiliki kecenderungan mampu berpikir secara logis dan banyak dari mereka menjadi ahli matematika, minimal menjadi juara dalam pelajaran di sekolah. Anak-anak yang pandai berhitung memang memiliki kecenderungan otak kiri. Mereka sangat realistis meski begitu mereka tetap bisa menafsirkan simbol dan sesuatu yang abstrak. Cara berpikir mereka sangat teratur pada ekspresi verbal, menulis, membaca, fonetik, simbolisme dan sangat detail terhadap fakta.

Kelebihan Dan kekurangan Otak Kiri Dan Kanan

Otak kiri banyak dikaitkan dengan fungsi akademik yang terdiri dari kemampunan bercakap, kemampuan berbahasa, membaca tulisan, logik, angka, analisis dan lain-lainnya. Biasanya diidentitikan dengan kecerdasan analitik atau intelek. Maksudnya otak kiri kita ini banyak berkait dengan kemampuan matematik, analisis dan kemampuan berfikir secara sistematik. Cara kerja otak ini sangat rapi dan tersusun.

Biasanya otak kiri ini sangat bermanfaat digunakan untuk memahami hal-hal yang kompleks dan perlu pemikiran yang khusus. Individu yang biasanya lebih menggunakan otak kiri adalah seorang penganalisis, pengkaji, ahli matematik atau saintis.

Sementara Otak kanan  adalah tempat untuk perkembangan hal-hal yang bersifat artistik, kreativiti, perasaan, emosi, gaya bahasa, irama musik, imaginasi, fantasi, warna, pengenalan diri dan orang lain, hubungan sosial dan pengembangan keperibadian. Jika individu yang banyak yang mengatakan otak kiri dilabel sebagai pengendali IQ (Intelligence Quotient), otak kanan pula memegang peranan penting bagi perkembangan EQ (Emotional Ouotient). Fungsi dari otak kanan ini adalah untuk mengurus pola berpikir kreatif manusia, contohnya adalah kemampuan komunikasi (lingusitik).

Cara kerja otak kanan ini biasanya tidak terstruktur dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu khusus yaitu bertentangan dengan otak kiri. Contoh orang yang mengunakan otak kanan dibandingkan otak kirinya adalah seorang seniman, pelukis dan sebagainya.

Cara Berfikir Orang Dengan Menggunakan Otak Kiri dan Kanan

Menggunakan otak kanan: Orang yang lebih dominan menggunakan otak kanan cenderung menggunakan kreativitas untuk memecahkan suatu masalah. Mereka lebih banyak mengendalikan intuisi dan lebih cepat menangkap gambaran keseluruhan situasi. Pada intinya, orang yang banyak menggunakan otak kanan tidak detail oriented.

Menggunakan Otak kiri: Orang yang lebih dominan mengguanakan otak kiri lebih memilih alasan untuk segala sesuatu yang lain. Mereka menggunakan logika rasional untuk mengidentifikasi penyebab masalah dan kemudian berpikir tentang bagaimana cara mengatasinya. Pada intinya, orang yang berfikir menggunakan otak kiri adalah detail-oriented.

Akan lebih baik untuk memaksimalkan kedua fungsi otak kanan dan otak kiri. Untuk sama sama berperan aktif dalam menjalani kehidupan. Sebab, kekurangan cakupan fungsi dari otak kiri dapat ditopang oleh kemampuan otak kanan, Begitu pun sebaliknya. Dengan begitu, salah satu otak melengkapi kekurangan pada otak lainnya sehingga terjadilah keseimbangan kekuatan. Anda dapat mengonsumsi Kapsul Herbal Super Brain untuk menyeimbangkan serta memperkuat otak kanan dan otak kiri.

Otak kanan dan kiri yang seimbang akan memberikan manfaat yang lebih dan memiliki kemampuan yang positif terhadap peningkatan kecerdasan dan kesuksesannya. Keseimbangan otak yang terjadi tidak sekadar memberikan kesuksesan, sebagaimana yang terdapat dalam bayangan. Lebih dari itu, tanpa disadari, keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri mampu memberikan kesuksesan yang lebih besar, yang membuat orang lain sulit menandinginya, atau sebuah kesuksesan yang sama sekali tidak terbayangkan sebelumnya.

Nah, itulah perbedaan cara berfikir otak kiri dan otak kanan. Semoga artikel ini bermanfaat. Kunjungi juga artikel kami lainnya.