Menangis Saat Mengiris Bawang, Ini Penyebabnya

Bawang merah merupakan salah satu sayuran tertua yang dikenal manusia. Hal ini digunakan dalam berbagai masakan dan resep untuk menambah cita rasa. Bawang merah memiliki beberapa sifat obat herbal yang memberikan manfaat kesehatan. Bawang merah terbukti efektif untuk mengobati kondisi medis seperti flu, diabetes, penyakit jantung, osteoporosis dan penyakit lainnya. Bawang merah mengadung bahan kimia yang mengadung zat anti kolesterol, anti inflamasi, antioksidan dan sifat anti kanker.

Di banyak Negara, bawang merah digunakan untuk mengobati bisul dan lecet. Produk yang mengandung ekstrak bawang merah dapat mengobati luka topikal seperti infeksi bakteri, jamur pada kulit dan luka atau goresan. Bawang merah juga mempunyai efek menurunkan kadar gula darah, manfaat bagi kardiovaslukar, menjaga kesehatan pada pecernaan, memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker dan menjaga kesehatan tulang.

Mengapa Bawang Merah Membuat Menangis

Menangis saat memotong bawang? Fakta ini tentu sudah dikenal luas. kita semua pernah mengalaminya, saat mulai memotong bawang, mata kita mulai terasa perih dan kemudian air mata mulai mengalir di pipi. Mengedipkan mata atau menggosoknya hanya akan membuatnya semakin buruk. Hal ini terjadi pada kita semua, tetapi pernahkan Anda bertanya mengapa?

Saat Anda mengiris bawang, Anda memecahkan sel didalamnya. Hal tersebut membuat bawang melepaskan kandungan asam sulfenik. Asam ini tercampur dengan enzim dan kemudian menghasilkan gas yang disebut Propanethiol D-oxide. Saat gas ini mencapai mata kita dan tercampur dengan air didalam mata kita maka terbentuklah asam sulfurik.

Otak kemudian mengirimkan sinyal ke kelenjar air mata untuk menghasilkan lebih banyak cairan agar gas dan zat asam keluar dari mata karena dianggap sebagai benda asing. Lebih lama dan lebih banyak bawang yang diiris akan semakin banyak gas yang dilepaskan dan makin bercucuran juga air mata Anda

Asam sulfurik inilah yang akan membuat mata terasa perih dan menghasilkan air mata keluar. Semakin banyak air mata yang diproduksi, semakin banyak juga asam dihasilkan, sehingga semakin lama dapat menyebabkan iritasi. Dengan memasak bawang akan membuat enzim menjadi tidak aktif dan mata kita kembali normal.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa zat yang bertanggungjawab yang menyebabkan mata kita pedih saat mengiris bawang merah tak lain adalah Propanethiol D-oxide. Senyawa gas tersebut hanya dilepaskan ketika Anda memotong bawang merah. Dalam proses memasak, semua senyawa gas tersebut hilang. Setelah bawang dipanaskan, molekul yang membentuk gas itu memberikan aroma sedap pada masakan serta memberikan rasa pada masakan tersebut.

Jika Anda tidak mau menangis ketika memotong bawang merah.  Ada beberapa cara yang diyakini orang-orang untuk mengurangi tangisan bawang merah dan pedih di mata. Berikut adalah tipsnya.

Memotong Bawang Dibawah Air Mengalir

Dengan memotong bawang didekat atau dibawah air mengalir akan membuat gas dari bawang terserap air yang mengalir dan tidak mengenai mata Anda tetapi cara ini tidak praktis dan tidak hemat air. Selain itu memotong di bawah air dapat mengakibatkan kecelakaan.

Memotong Bawang Merah di Dekat Kipas Angin

Usahakan untuk mengupas atau memotong bawang merah di tempat yang memiliki angin cukup kencang. Angin yang kencang akan membuat senyawa penyebab mata pedih dengan mudah terbang dan menjauh dari diri Anda. Anda bisa memotong bawang merah di samping atau bawah kipas angin yang menyala.

Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet bisa menjadi cara mudah agar tidak menangis saat mengupas dan memotong bawang merah. Dengan mengunyah permen karet inilah, otot wajah dan mata akan bergerak dengan baik. Saat otot wajah bergerak, hal ini akan mencegah mata pedih. Mengunyah juga akan membuat Anda lebih cepat menghirup uap bawang sebelum ia sampai ke mata Anda.

Meletakkan Garam Di Dekat Anda

Meletakkan garam di dekat Anda saat memotong bawang merah juga menjadi cara mudah agar tidak menangis. Hal ini terjadi karena garam bisa menjadi penetral uap bawang sebelum mengenai mata Anda.

Dinginkan Bawang Merah

Agar bawang merah tidak membuat mata pedih, pastikan untuk merendamnya dengan air es atau memasukkan bawang merah ke dalam lemari pendingin. Saat bawang merah dikupas dan dipotong dalam keadaan dingin, hal ini akan membuatnya tak lagi pedih di mata.

Pakai Pisau Tajam

Pisau dengan bilah yang tajam akan membantu mengurangi peungapan zat bawang merah yang bikin mata perih. Bila menggunakan pisau tumpul, gesekan yang berlebihan akan memperbanyak gas yang keluar.

Jaga Jarak Yang Aman

Cara lain untuk mencegah iritasi akibat memotong bawang adalah dengan menjaga jarak sejauh mungkin. Mungkin cara ini akan sedikit menyulitkan Sahabat Braito karena lengan harus direntangkan sepanjang mungkin.

Itulah beberapa cara praktis dan mudah agar tidak menangis saat memotong bawang. Selain cara di atas, ada cara lain yakni menggigit korek api saat memotong bawang merah, memotong bagian atas bawang terlebih dahulu, membiarkan akar bawang tetap utuh saat dipotong dan menempatkan cuka atau air asam di atas talenan yang digunakan sebagai tempat memotong bawang.  Memasaklah dengan bahagia tanpa derai air mata. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba cara di atas ya.