Email, Inilah Sejarah Dan Pengertiannya

Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat ini, istilah Email sudah tak asing lagi di berbagai kalangan pada saat ini, karena istilah dan penggunaan email hampir mutlak dibutuhkan, apalagi bagi orang yang suka bergelut di di dunia maya Internet, peranan sebagai kontak pokok dan identitas seseorang yang harus dimiliki di zaman sekarang ini, karena kebanyakan bahkan hampir semua mesin sosial atau forum-forum yang menjadikan email sebagai sarat untuk bisa masuk dan dan bergabung dalam jaringan atau forum tersebut.

Dengan email kita dapat mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan dengan biaya yang murah. Email yang dikirimkan akan sampai di alamat yang dituju sesaat setelah email tersebut dikirimkan. Biaya yang dikeluarkan hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan email tersebut. Kita akan membahas email mulai dari pengertiannya serta fungsi penggunaannya.

Pengertian Email

Email adalah kependekan dari Electronic Mail. Jadi singkatan Email berasal dari bahasa Inggris yang artinya “Surat Elektronik”. Terkadang, dalam bahasa indonesia, kita mungkin menemukan ada orang yang menggunakan singkatan yang serupa, yakni ‘Surel’. Barangkali singkatan surel ini digunakan untuk menandingi singkatan email. Email sendiri merupakan salah satu fasilitas internet yang penggunaanya cukup luas. Entah itu untuk berikirim pesan atau untuk aktivasi akun tertentu.

Kita tentu ingat bagaimana Twitter dan Facebook menggunakan email sebagai salah satu cara untuk mendaftar di akun mereka. Barangkali, hal ini disebabkan email merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. kelebihan email lainnya yang kita rasakan adalah kita dapat mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan dengan biaya yang murah. Email yang dikirimkan akan sampai di alamat yang dituju sesaat setelah email tersebut dikirimkan. Barangkali hanya beberapa menit dari email tersebut sudah dikirimkan.

Penggunaan email tidak dikenakan biaya dan hanya bermodalkan koneksi internet. Ada beberapa jenis email yang saat ini digunakan diantaranya pop mail, web mail dan forward mail.

1. Pop Mail Atau Post Office Protocol Mail adalah Email yang hanya dapat diterima dari Internet Service Provider yang digunakan. Jenis mail ini dapat dibaca secara offline tetapi tidak bisa diakses disembarang tempat dan hanya bisa diakses dari rumah atau kantor dengan koneksi internet tersebut.

2. Web Mail Atau Web Based Mail adalah Email yang hanya bisa diakses dengan membuka laman web penyedia layanan Email tertentu. Karena aksesnya hanya membutuhkan laman web maka web mail bisa diakses dimana saja asal terhubung dengan koneksi internet.

3. Forward mail adalah suatu layanan dimana Email yang masuk pada suatu alamat diteruskan pada alamat yang lain. Layanan ini cocok digunakan bagi mereka yang suka bergonta ganti Email atau tidak ingin memberitahukan Email yang baru. Intinya forward mail berfungsi sebagai perantara antara satu Email dengan Email lainnya. Karena berfungsi sebagai perantara maka tentu saja Email yang diterima akan lebih lambat diterima oleh pengguna.

Beberapa situs penyedia email yang saat ini banyak digunakan diantaranya adalah Gmail, Yahoo dan Hotmail. Layanan Email tersebut bisa diakses melalui web atau browser yang biasa digunakan dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu dan kemudian pengguna akan menerima alamat Email yang sesuai dengan data yang diberikan oleh user atau pengguna.

Sejarah Singkat Email

Awal sejarah email atau surat elektronik bermula tahun 1968 dengan lahirnya sebuah metode komunukasi jaringan ARPANET yang selanjutnya disebut Internet. ARPANET sendiri adalah proyek yang semula bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama lain. Kemudian pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam program yang disebut SNDMSG.

Program ini bukanlah program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada sejak tahun silam. Dilihat dari standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih primitif. Apa yang bisa dilakukan oleh program tersebut hanyalah saling mengirim pesan kepada sesama pengguna dalam satu mesin yang sama. Ketika pengguna membuat pesan atau dokumen dalam bentuk teks, selanjutnya pesan tersebut akan dikirimkan ke dalam kotak surat yang ada pada mesin itu.

Dia terus bereksperiment hingga dengan SNDMSG tersebut dapat mengirim sebuah pesan kepada komputer lain dengan menggunakan File Protokol bernama CYPNEY didalam jaringan ARPANET. Itulah awal mula diciptakanya emai. email pertama yang berhasil Ray kirim adalah sebuah pesan yang beriksikan sebuah kata “QWERTYUIOP”. Dan ini menjadi email pertama di dunia. Pada tahun 1972, ray memperkenalkan sebuah icon “@” sebagai sebuah identitas email yang memisahkan user dan domain pada sebuah alamat email. Hingga sekarang penyedia email berbayar dan gratis kian banyak, dengan berbagai kemampuan dan kelebihan masing-masing.

Fungsi Email

Email adalah alamat resmi kita di dunia maya. Dengan menggunakan email kita dapat terhubung dalam berbagai kegiatan internet, seperti bergabung di situs jejaring sosial semisal Facebook dan twitter maka saat pendaftaran akan membutuhkan email. Saat ini, Email telah berkembang hingga memiliki fungsi yang sangat beragam. Mengirim file, foto, video dan Chat dengan teman dan keluarga menjadi lebih mudah dan fungsi lain

1. Penggunaan email memungkinkan data di kirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat. Kamu dapat mengirim file berupa program, gambar, grafik dan file lainnya. kamu juga dapat mengirim e-mail ke beberapa orang sekaligus pada saat yang bersamaan.

2. E-mail juga dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau luar negeri. Dalam bidang bisnis, e-mail sudah digunakan untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.

3. Surat elektronik dapat diamankan dengan melakukan teknik pengacakan (enkripsi). Salah satu program enkripsi yang populer adalah PGP (Pretty Good Privacy). Dengan memakai PGP maka isi akan dienkripsi, dan hanya orang yang tertuju dapat men-ekripsi dan membaca surat elektronik tersebut. Kerugiannya adalah membuat repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya harus memiliki program PGP, dan pengirim juga harus memiliki kunci umum penerima, dan melakukan enkripsi pesan dengan kunci tersebut).

4. Sarana Promosi. Saat ini email tidak hanya menjadi sarana pengiriman pesan dan dokumen melainkan juga menjadi lahan promosi bagi para pebisnis misalnya online store. Saat pengguna mendaftarkan emailnya pada suatu online store maka secara otomatis alamat email tersebut akan menerima email promosi dari online store tersebut.

5. Mengaktifkan Smartphone. Ponsel atau smartphone khususnya android hanya dapat diaktifkan dengan memasukkan alamat email terlebih dahulu dan alamat email tersebut biasanya akan tersinkronisasi dalam aplikasi yang terdapat dalam smartphone tersebut

Kelemahan Penggunaan Email

  • Salah Kirim: Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
  • Rawan Penyadapan: Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.

Demikianlah artikel mengenai “Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Manfaat E-Mail” yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan dan tentunya dengan menambah wawasan dan pengetahuan anda