Website, Pengertian Dan Jenis Serta Cara Kerjanya

Salah satu keuntungan dari internet adalah mempercepat transfer informasi ke berbagai belahan Dunia. Salah satu bentuk teknologi yang digunakan untuk transfer informasi tersebut ada website atau situs web. Website (Situs Web) adalah kumpulan dari satu atau lebih halaman yang saling berkaitan, didalamnya berisi informasi termasuk konten multimedia.

Sebuah Website diidentifikasikan dengan nama domain dan dipublikasikan pada sebuah web server. Sebuah website bisa diakses melalu jaringan IP publik, seperti Internet atau jaringan lokal (LAN), dengan menggunakan uniform resource locator (URL) sebagai alamat referensinya. Mungkin sudah banyak dari anda yang mengandalkan website untuk update informasi terbaru, tetapi masih belum tahu persis sebenarnya apa sih pengertian website. Webite sendiri memiliki istilah tersendiri seperti blog. Karena itu, mari kita membahas lebih detail lagi.

Pengertian Website

Website adalah sejumlah halaman yang memuat berbagai macam informasi yang berkaitan dan diakses melalui public internet protocol (IP) dalam sebuah jaringan internet. Website juga dapat menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data, animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dan masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink. File tersebut disusun dalam suatu folder yang kemudian diupload ke server yang terhubung dengan internet sehingga bisa diakses oleh orang dari seluruh Dunia.

Agar mudah diingat suatu website diberi nama yang disebut dengan domain atau subdomain yang lebih tempatnya berada di dalam WWW (World Wide Web) yang tentunya terdapat di dalam internet. Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang bisa diakses melalui HTTP, HTTP adalah suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.

Sebuah situs web adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi “akar” (root), yang disebut homepage (“beranda”, “halaman muka”) dan biasanya disimpan dalam server yang sama. File tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer. Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:

  • Website Statis
  • Website Dinamis
  • Website Interaktif

1. Web Statis

Web Statis pada umumnya merupakan informasi yang disimpan di dalam server dengan format tertentu yang nantinya akan tampil secara identik untuk semua pengguna atau user. Website jenis ini umumnya dikembangkan dengan menggunakan Bahasa pemrograman Hypertext Markup Language (HTML) atau pun Cascading Style Sheets (CSS).

Pada umumnya website statis ini akan menampilkan bentuk yang sama ketika kita mengunjunginya dan website statis informasinya merupakan informasi satu arah, yakni hanya berasal dari pemilik software nya saja, hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja jika pengelola ingin mengubah penampilan dari website ini, maka pengelola harus mengubahnya melalui kode-kode program yang tentunya menuntut pengelola untuk memahami prinsip-prinsip pemrograman sebuah website dan secara berkala tentu sangat merepotkan jika mempunyai banyak halaman statis yang harus diupdate secara manual. Contoh dari website statis ini, yaitu profil perusahaan

2. Web Dinamis

Website ini merupakan web yang halaman selalu update, biasanya terdapat halaman backend (halaman administrator) yang digunakan untuk menambah atau mengubah konten. Website dinamis mempunyai arus informasi dua arah, yakni berasal dari pengguna dan pemillik, sehingga peng-update-an dapat dilakukan oleh pengguna dan juga pemilik website. Jika pada static website, kebanyakan diatur menggunakan HTML dan CSS, maka pada dynamic website ini penampilannya juga diatur menggunakan bahasa pemrograman seperti Perl, PHP, Javascript, Phyton dan dan lain sebagainya.

Dengan begitu, pengembang website bisa membuat halaman dengan konsep visual dan kemampuan interaksi tinggi dengan penggunanya. Beberapa fitur yang biasanya terdapat pada website dinamis adalah cookies, fasilitas live chatting, kolom komentar, form registrasi dan lain sebagainya. Keuntungan website dinamis adalah mudahnya untuk mengupdate data, update tampilan website, bisa membagi informasi website antara info untuk umum dan info khusus bagi pengurus.

3. Web Interaktif

Web Interaktif adalah website yang sekarang ini sangat booming. Salah satu contoh web interaktif yaitu situs (blog) serta forum. Di situs ini user dapat berhubungan serta beradu pendapat tentang pemikiran mereka. Umumnya situs seperti ini mempunyai moderator untuk mengatur agar tema yang diperbincangkan tidak keluar jalur.

Ketiga jenis website diatas merupakan jenis website yang sering dibuat oleh setiap developer di Indonesia seperti jasa pembuatan website, dimana yang paling diminati aenis yang DINAMIS, dikarenakan pemilik website dapat melakukan pengubahan content secara mandiri.

Sejarah Website

Website pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John, Tim Berners-Lee pada tahun 1989. Awalnya Berners-Lee berkeinginan menemukan langkah untuk membuat arsip-arsip risetnya. Karena dia ingin meningkatkan suatu system untuk kepentingan pribadi. System itu merupakan program peranti lunak yang dinamakan Equire. Dengan program itu, Berners-Lee sukses membuat jaringan pada beragam arsip hingga mempermudah informasi yang diperlukan. Inilah yang kemudian menjadi awal dari suatu revolusi yang di kenal juga sebagai situs WWW.

WWW (World Wide Web) di kembangkan pertama kalinya di Pusat Riset Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext dengan cara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah dapat digerakkan dalam lingkungan CERN dan pada musim panas tahun 1991, WWW resmi dipakai dengan cara luas pada jaringan Internet. Website dipublikasikan ke publik setelah adanya pengumuman dari CERN pada tanggal 30 april 1993. CERN menyatakan bahwa website dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. Pada saat ini pengertian website sudah masuk ke dalam ranah publik karena sudah bisa digunakan oleh semua orang dimanapun dan kapanpun.

Jenis Website Berdasarkan Fungsi

Beberapa tahun belakangan ini, dunia maya telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Di Indonesia sendiri kini semua informasi mulai dialihkan ke sistem digital melalui media website iniSemakin majunya perkembangan teknologi internet, teknologi website dan juga berkembangnya keperluan serta ide-ide kreatif, maka makin banyak jenis-jenis website yang muncul saat ini. Berikut adalah yang kami rangkum berdasarkan fungsi dari website itu sendiri.

1. Website Pribadi

Website pribadi artinya website yang dikelola oleh perorangan dikenal juga dengan nama blog, fungsinya hampir sama dengan buku harian atau diary dimana pemilik website bisa menuliskan apa saja pada website tersebut. Biasanya website pribadi memiliki nama Domain sesuai dengan nama pemilik atau pengelolanya. Saat ini sudah banyak website atau situs yang menyediakan fasilitas website pribadi gratis.

2. Website Berbagi Foto

Website berbagi foto adalah jenis website yang digunakan untuk membagikan momen-momen menarik dan menyenangkan yang kemudian diabadikan di dunia maya. Pada umumnya website ini akan melibatkan orang-orang yang mempunyai hobi yang sama dalam dunia fotografi, entah itu sebagai amatiran maupun yang profesional. Meskipun begitu, semua orang dari berbagai kalangan dan usia saat ini banyak yang menggunakan website jenis ini (jadi tidak harus memiliki hobi fotografi). Salah satu contoh website berbagi foto yang paling populer adalah Instagram.

3. Website Media Sosial

Website yang satu ini adalah jenis yang paling populer. Website berjenis sosial media ini adalah website yang menampung anggota atau member untuk membentuk suatu komunitas baik skala kecil maupun besar atau global dimana di dalam website tersebut para member dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi. Di dalam website sosial media, member menjalin hubungan pertemanan (relation ship antar akun member) untuk dapat berinteraksi lebih jauh. Melalui website ini para penggunanya bisa berbagai pengalaman pribadi apapun. Termasuk di dalamnya adalah saling membagikan video dan gambar. Beberapa website sosial media yang paling populer saat ini adalah Facebook, Twitterd an lain sebagainya

4. Forum

Forum adalah situs membership seperti networking juga. Tetapi tidak berfokus pada friend relationship seperti situs networking. Terkadang forum bisa mirip dengan sosial media karena hal-hal seperti keanggotaan dan interaksi antar anggota, tetapi website forum tidak fokus pada hubungan petemanan antar anggota atau member seperti halnya sosial media. Situs ini lebih berfokus sebagai ajang diskusi di internet. Adapun diskusi dalam bentuk tulisan yang diposting oleh member di organisasikan dengan lebih baik hingga perkategori yang terdiri dari berbagai sub-sub. Tujuan situs ini adalah wadah saling bertukar pikiran dalam diskusi.

5. Email & Aplikasi

Kita mengenal yang namanya Gmail, Yahoo Mail dan Outlook. Walaupun masih ada website lain yang memberikan layanan yang sama tetapi 3 website ini adalah yang paling populer. Ini adalah website-website jenis email atau yang memberikan layanan email. Website seperti ini seakan-akan bukan lagi hanya sekedar website biasa tetapi sebuah website yang sudah menjadi (seperti) aplikasi, layaknya kita menggunakan aplikasi email client di komputer atau perangkat mobile kita. Beberapa layanan bahkan juga memasukan fasiltas lain yang bukan sekedar email, tetapi juga fasilitas Calendar dan bahkan sampai ke pengolahan dokumen online.Website yang memiliki fungsi aplikasi ini tidak hanya bergerak dibidang email maupun pengolahan dokumen, tetapi juga bidang lainnya, ada website yang menawarkan layanan untuk pengolahan data keuangan (finance), project management dan lain sebagainya

6. Multimedia Streaming

Video streaming dan audio streaming sekarang merupakan trend baru dari dunia website. Di dalam situs jenis ini seseorang dapat menonton atau mendengarkan secara langsung multimedia melalui web. Untuk membangun situs ini diperlukan server yang memiliki koneksi internet yang high dan up stream, ini dikarenakan file-file multimedia yang relatif berukuran besar.

Unsur Lain Dalam Sebuah Website Atau Nama Domain

Nama domain atau yang biasa disebut dengan Domain Name atau URL yaitu alamat internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada Dunia internet. salah satu format standard alamat website yang sering dipakai yaitu seperti berikut ini

  • co.id : Untuk Badan Usaha yang memiliki badan hukum sah
  • ac.id : Untuk Instansi Pendidikan
  • go.id : Khusus untuk Instansi Pemerintahan Republik Indonesia
  • mil.id : Khusus untuk Instansi Militer Republik Indonesia
  • or.id : Untuk semua jenis organisasi yand tidak termasuk dalam kelompok “ac.id”, ”co.id”, ”go.id”, ”mil.id” serta lain-lain
  • war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
  • sch.id : Khusus untuk Instansi Pendidikan yang mengadakan pendidikan seperti SD, SMP serta SMU
  • situs.id : Ditujukan untuk badan usaha, organisasi maupun perorangan yang lakukan kegiatannya di World Wide Situs.
  • my.id : Untuk personal website dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Kerja Website

Website hanyalah sebuah kumpulan file yang terletak pada sebuah komputer yang terhubung ke Internet. Ketika seseorang mengunjungi website anda, mereka sebenarnya hanya terhubung ke sebuah komputer dan komputer (yang kemudian disebut sebagai Server) tersebut memberikan file yang ingin mereka lihat.

Kelihatan sangat simple, tetapi pada umumnya komputer biasa tidak memiliki power dan software yang dibutuhkan untuk merespon semua permintaan yang dibutuhkan oleh pengunjung website anda. Dan walaupun komputer atau server anda sanggup, komputer anda akan membutuhkan koneksi atau akses internet yang luar biasa cepat untuk melayani jumlah pengunjung website anda.Umumnya perusahaan kecil tidak sanggup menjalankan sebuah web server dan sejak itulah perusahaan Web Hosting dibutuhkan

Manfaat Website

Manfaat website yang paling utama adalah untuk menyebarkan informasi melalui Dunia digital. Dengan adanya Dunia digital yang bisa diakses melalui jaringan internet ini, maka arus pertukaran informasi dapat dilakukan secara Internasional dan tidak terbatas oleh batasan tempat. Melalui website, orang di seluruh Dunia bisa saling bertukar informasi terkini sehingga tidak ketinggalan perkembangan teknologi, budaya dan ilmu pengetahuan yang sedang meroket di segala belahan Dunia.

Kini selain sebagai media untuk bertukar informasi, website juga bisa menjadi media untuk promosi dan mengembangkan bisnis. Di samping itu, website juga ramai digunakan sebagai ruang untuk mengekspresikan diri atau yang kini populer dengan sebutan media sosial atau sosmed. Namun yang tidak kalah penting adalah website juga bisa digunakan sebagai tempat untuk mendapatkan komunitas yang sesuai dengan minat kita. Melalui website ini anda bisa tergabung misalnya di dalam komunitas pecinta alam, fotografi, programmer, maupun situs bekerja secara freelance. Yang jelas website memberikan banyak manfaat positif jika kita mampu menggunakannya secara bijak dan untuk tujuan yang positif pula.

Demikian artikel mengenai pengertian dan sejarah website, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam Dunia website dan jangan lupa untuk menantikan artikel terbarunya 🙂