Wow, Teknologi Tercanggih Yang Akan Muncul Di Masa Depan

Teknologi sebenarnya berasal dari kata Bahasa Perancis yaitu “La Teknique“ yang dapat diartikan dengan ”Semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional”. Dalam hal ini yang dimaksudkan dengan sesuatu tersebut dapat saja berupa benda atau konsep, pembatasan cara yaitu secara rasional adalah penting sekali dipahami disini sedemikian pembuatan atau pewujudan sesuatu tersebut dapat dilaksanakan secara berulang (repetisi).

Teknologi dalam arti ini dapat diketahui melalui barang-barang, benda-benda atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya di dalam dunia.

Teknologi bukan lagi sekedar sebagai suatu hasil dari daya cipta yang ada dalam kemampuan dan keunggulan manusia, tetapi ia bahkan telah menjadi suatu “daya pencipta” yang berdiri di luar kemampuan manusia, yang pada gilirannya kemudian membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang lain.

Teknologi juga penerapan keilmuan yang mempelajari dan mengembangkan kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang. Teknologi merupakan Aplikasi ilmu dan engineering untuk mengembangkan mesin dan prosedur agar memperluas dan memperbaiki kondisi manusia atau paling tidak memperbaiki efisiensi manusia pada beberapa aspek.

Berikut inovasi menarik yang diyakini berguna di masa depan :

1. Nanoteknologi

Nanoteknologi adalah perwujudan dari teknologi masa depan super canggih yang dibuat sangat kecil. Bahkan untuk memegangnya saja tidak bisa menggunakan tangan kosong. Ukuran dari nanoteknologi ini hanya 1/semilyar meter sama dengan ketebalan rambut yang dibelah menjadi 50.000 bagian.

Nanoteknologi ini dapat memudahkan manusia untuk memanipulasi partikel kecil, sekecil atom. Tujuan dari nanoteknologi sendiri adalah untuk menciptakan material-material masa depan, mesin-mesin dan robot-robot yang memiliki urukuran sangat kecil.

Material-material yang diciptakan dari nanoteknologi ini akan lebih kuat dari intan, memiliki berat yang super ringan, tahan disegala cuaca ekstrim, mampu menghantarkan listrik dan yang penting ramah lingkungan.

Teknologi masa depan super canggih ini diprediksi akan menyebar ke seluruh dunia. Bukan hanya itu saja, kita juga bisa menciptakan peralatan super canggih lainnya melalui nanoteknologi ini. Misalnya, membuat nanobots atau nanopartikel yang bisa dimasukkan ke dalam tubuh manusia.

Nanobots yang dimasukkan ke dalam tubuh nantinya bisa berfungsi sebagai penyembuh berbagai penyakit dan menghancurkan sel-sel kanker. Bahkan nanobots itu mampu dioprasikan sebagai apapun yang sipencipta nanobots inginkan.

2. Transportasi Monorail Manusia

Saat ini, monorail telah banyak dikembangkan oleh banyak negara di dunia untuk lebih memudahkan aktivitas manusia. Alat transportasi yang ukuran keretanya dibuat lebih besar daripada relnya ini ternyata telah didesain lebih ekonomis untuk kebutuhan transportasi manusia di masa depan. Modelnya bisa Anda temui di sebuah taman hiburan yang terletak di Selandia baru. Di sini, monorail didesain menggunakan pedal yang terdiri atas sebuah rel panjang dan telah dilengkapi oleh “pod” individu yang tergantung ke bagian bawah. Kecepatannya bahkan dapat mencapai 30 mil per jam.

3. Komputer Kuantum

Bayangkan sebuah komputer masa depan yang kecepatannya ribuan kali lebih cepat dari supercomputer tercepat sekarang. Ribuan kali lebih cepat dan efisien dari IBM ”Roadrunner” di Los Alamos yang kecepatannya mencapai 1.7 petaflops (1 petaflop = 10^15 operasi per detik).

Inilah kedahsyatan komputer kuantum. Komputer ini begitu dahsyat karena diciptakan memakai fenomena keajaiban dunia kuantum, Superposition dan Quantum Entanglement.

Dalam pemecahan kode misalnya (kriptografi), untuk memecahkan kode yang digitnya sampai 140, komputer biasa akan memerlukan waktu milyaran tahun untuk memecahkannya. Tapi dengan komputer kuantum, ini bisa dipecahkan hanya dalam waktu beberapa puluh menit saja.

Dengan komputer ini manusia juga akan bisa memprediksikan cuaca di bumi dan gejala-gejala alam lain yang sangat kompleks dengan sangat akurat berbulan-bulan sebelumnya, seperti gempa bumi dan tornado. Dan tentu saja ini makin merevolusikan lagi kecepatan pengembangan seluruh teknologi canggih yang ada sekarang.

4. Kendaraan Pemandangan

Bagi Anda yang tidak ingin menyetir mobil sendiri, “Kendaraan Pemandangan” sepertinya sangat cocok menjadi pilihan alat transportasi sehari-hari. Mobil pribadi masa depan ini memang dirancang bagi Anda yang tidak ingin menyetir mobil sendiri. Pengguna cukup menduduki kursi yang telah disediakan dan kendaraan pun akan segera berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Mobil ini memiliki kapasitas sebanyak 7 orang dan dindingnya didesain transparan agar para pengguna dapat menikmati pemandangan dengan leluasa dan santai. Para perancang memperkirakan mobil modern ini dapat segera diproduksi pada tahun 2040.

5. Jubah Menghilang Harry Potter, Metamaterial

Hanya beberapa tahun yang lalu, seluruh ilmuwan ternama dunia masih yakin bahwa tidak ada satupun material di dunia ini yang bisa membuat manusia menghilang. Itu benar-benar tidak mungkin, karena itu melanggar semua hukum alam yang diketahui manusia. Tapi mereka semua salah.. Metamaterial, menjadi salahsatu bahan yang ramai dibicarakan. Bahan ini bisa membuat sesuatu menjadi tidak terlihat. Sebuah baju yang menggunakan teknologi ini bisa membuat pemakainya “menghilang”, seperti jubah ajaib dalam “Harry Potter”.

Sebuah pesawat tempur dengan bahan metamaterial akan jadi tidak terlihat, bukan sekedar tidak terlihat radar seperti teknologi “Stealth”, tapi benar-benar tidak terlihat mata seperti alat cloaking device dalam Star Trek.

Ini bisa dilakukan misalnya dengan menciptakan material artifisial yang mampu membelokkan radiasi elektromagnetik, demikian pula dengan cahaya yang pada dasarnya adalah radiasi elektromagnetik. Bahannya bisa seperti timah dan plastik yang diatur dalam struktur pola tertentu.

Metamaterial akan membelokkan cahaya, mengelilingi objek yang diselimutinya dan berkumpul kembali di ujungnya, seperti air sungai mengelilingi sebuah batu. Dalam penelitian terakhir di Perdue University, mereka menggunakan jarum-jarum khusus yang akan membelokkan cahaya melampaui obyek yang diselubungi sementara obyek di belakangnya akan terlihat.

6. Memasuki Era Hiper-Sonik, Scramjet

Scramjet akan menjadi salahsatu revolusi terbesar dalam sejarah transportasi dunia. Pesawat tempur tercanggih di dunia sekarang, F/A-22 Raptor milik Amerika berkecepatan maksimal Mach 2 atau 2 kali kecepatan suara. Pesawat penumpang Scramjet, akan membawa anda terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara, Mach 10. Penerbangan dari New York ke Tokyo yang sekarang ditempuh dalam waktu 18 jam yang panjang dan melelahkan, akan ditempuh Scramjet hanya dalam 120 menit.

Scramjet tidak perlu memakai bahan bakar roket biasa yang mahal dan berat, bahan bakarnya menggunakan hidrogen cair yang dicampur penyedotan oksigen langsung dari atmosfer (air-breathing scramjet engine). Pembakaran hidrogen dan oksigen pada kecepatan supersonik inilah yang akan mengakselerasikan kecepatannya.

Ini akan membuat penerbangan dari satu tempat ke tempat lain di seluruh dunia menjadi super cepat.

7. Energi Terdahsyat di seluruh Alam Semesta, The Power of the Stars

Matahari setiap detiknya mengeluarkan energi sebesar seluruh energi yang digunakan seluruh umat manusia sepanjang sejarahnya. Energi plasma hidrogen raksasa sebesar 380 Milyar-milyar Mega-Watt (380^26 MW), per detiknya. Inilah energi yang dikenal sebagai energi Fusi Nuklir (Nuclear Fusion), The power of the Sun. Dan para ilmuwan dunia sedang berusaha mendapatkannya.

Dan ini adalah energi yang membuat bintang-bintang raksasa di alam semesta terbakar selama milyaran tahun. Energi terdahsyat di seluruh alam semesta.

Sebuah percobaan besar sedang dilakukan di kota kecil Cadarache di ujung selatan Perancis dalam sebuah proyek bernama ITER. Disini atom Deuterium dan Tritium dilebur dengan panas mencapai 150 juta derajat Celcius, nyaris 10 kali panas inti Matahari. Wadah peleburannya dilindungi oleh medan magnet Tokamak sehingga tidak meleleh.

Hebatnya adalah bahwa Deuterium bisa dihasilkan dari air laut biasa dan Tritium dibentuk dari Lithium yang bisa didapat dari batu alam. Energi terdahsyat di seluruh alam semesta dari Air dan Batu alam.

Kalau para ilmuwan ini berhasil menciptakannya, maka seluruh dunia akan mempunyai sumber energi baru yang dahsyat menggantikan minyak bumi. Energi ini akan begitu besar dan efisien, tidak terbatas, sangat murah, serta ramah lingkungan.

Itulah teknologi masa depan super canggih yang akan diwujudkan nanti pada masa yang akan datang. Kecanggihan teknologi nya akan membantu anda pada setiap kegiatannya.