7 Hobi Ini Akan Membuat Anda Lebih Pintar

Ada beberapa persepsi umum yang mengatakan bahwa kita tidak bisa berbuat banyak untuk meningkatkan kecerdasan kita. Hal ini membuat kita yakin bahwa kecerdasan seseorang sudah ditentukan sejak dia lahir dan tidak dapat melakukan melakukan apapun untuk merubahnya.

Tapi ternyata itu semua adalah kesalahpahaman. Karena sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan mereka. Penelitian juga mengatakan bahwa hobi dapat meningkatkan kecerdasan seseorang.  Berikut adalah beberapa hobi yang akan membantu meningkatkan kecerdasan kalian.

1. Memainkan alat musik

Musik adalah suara  yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan irama, lagu dan keharmonisan. Suara tersebut dihasilkan dari berbagai macam alat musik yang dapat menghasilkan irama. Musik memiliki kekuatan untuk menahan emosi. Berbagai peneliti telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik dan bermain musik dapat meningkatkan kapasitas memori. Bermain musik juga mengajarkan kesabaran dan ketekunan. Selain menghasilkan suara yang indah, bermain musik juga dapat mengajarkan kalian untuk mempertajam konsentrasi.

2. Membaca

Membaca dapat mengurangi stress, membantu menahan berbagai emosi dan mengajarkan tentang banyak topik. Semua faktor tersebut dapat membantu Anda merasa lebih baik. Merasa lebih baik atau damai memberikan pikiran yang positif. Membaca sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan tentang berbagai topik dan menjadi lebih produktif .

3. Bermeditasi secara teratur

Manfaat utama dari meditasi adalah untuk membantu Anda fokus pada diri sendiri dan membantu mengurangi tingkat stres serta akan menyingkirkan segala macam rasa kekhawatiran. Pikiran tenang yang dihasilkan melalui meditasi dapat membuat Anda belajar merencanakan hal-hal  yang lebih jauh efektif. Meditasi secara teratur akan membantu Anda untuk memiliki kontrol penuh atas diri Anda. Menyadari gangguan dan efektif metode pengendalian diri yang sangat penting ketika bekerja untuk meningkatkan kecerdasan Anda.

4. Olahraga otak

Anda juga perlu berolahraga supaya otak tetap dalam kondisi baik. Olahraga ini membuat otak dapat melakukan hal-hal baru untuk meningkatkan kemampuan dan membantu membuat Anda semakin berkonsentrasai dalam melakukan apapun.

Anda dapat melakukan olahraga otak dengan berbagai cara, seperti melalui sudoku, teka-teki dan permainan papan atau yang lebih sering disebut catur. Semua kegiatan itu membantu otak untuk terus membentuk sambungan baru. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut Anda juga belajar untuk merespon situasi dengan cara yang kreatif, mengembangkan kemampuan untuk melihat hal-hal baru dan menjadi lebih produktif.

5. Senam

Tubuh yang sehat akan membantu menghasilkan otak yang sehat. Senam secara teratur bisa membuat otak dan tubuh lainnya berfungsi sebagai seharusnya. Ini juga dapat mengurangi ketegangan dan membantu Anda untuk tidur lebih baik. Dokter juga mengatakan bahwa ketika sirkulasi darah ke otak berjalan lancar itu dapat meningkatkan fungsi otak. Berbagai studi menunjukkan bahwa senam dapat membuat sel-sel otak yang baru dan meningkatkan keseluruhan kinerja otak.

6. Belajar bahasa baru

Belajar bahasa baru mungkin tidak menjadi tugas yang mudah tetapi pasti memiliki banyak keuntungan, terutama membuat Anda lebih pintar. Proses belajar bahasa baru melibatkan tugas-tugas seperti menganalisis struktur gramatikal dan belajar kata-kata baru juga meningkatkan kecerdasan dan kesehatan otak Anda. Ini juga dapat membuat kalian lebih intelijen dalam melakukan perencanaan, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.

7. Menuliskan perasaan Anda

Ada banyak manfaat yang dapat diterima dari menulis, termasuk meningkatkan tingkat kecerdasan secara keseluruhan. Menulis meningkatkan kemampuan bahasa Anda, tentu saja. Tapi itu juga membantu Anda untuk mengembangkan keterampilan seperti kefokusan, kreativitas, imajinasi dan pemahaman.

Anda dapat menulis dengan cara yang berbeda-beda, seperti menulis hal-hal dengan tangan atau Anda dapat membuat blog sendiri. Cara seperti ini membuat Anda belajar mengekspresikan diri dengan cara yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan.