Sepatu Anda Bauk, Ini Cara Alami Tanpa Menyucinya

Sepatu merupakan sebuah benda penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Berbagai macam sepatu dengan variasi gaya yang unik, menarik dan keren selalu menjadi incaran bagi para pecintanya. Namun kadang timbul masalah serius yang berkaitan dengan sepatu, satu masalah yang paling sering adalah bau kaki pada sepatu. Tentu ini menjadi hal yang patut untuk diperhatikan mengingat bahwa sepatu juga bisa menjadi cerminan tentang tingkat kebersihan seseorang.

Bagi anda yang punya masalah bau sepatu seperti bau busuk menusuk hidung, tentu merasa tidak nyaman dan kurang pede. Terlebih bila ada acara perkumpulan, rapat agenda kerja atau pertemuan antar sesama teman sekolah, kuliah dan kolega di restoran lesehan atau acara syukuran di rumah teman atau tetangga. Karena acaranya digelar di lantai di atas tikar dan tidak sopan bila tidak melepas sepatu, maka bagi anda tentu akan merasa tidak enak karena bau sepatu yang melekat di kaki atau di kaos kaki. Orang pun akan terganggu dan merasa tidak nyaman dengan bau busuk tersebut.

Hal tersebut terjadi akibat produksi kelenjar keringat di kaki di mana satu kaki manusia mampu memproduksi keringat 568 ml keringat dalam sehari. Kumpulan keringat yang terdiri dari air dan garam tersebut kemudian dimakan oleh bakteri di kulit dan bakteri menghasilkan kotoran yang berbau menyengat yang kemudian menggumpal di kaos kaki, kaki dan sepatu. Maka jangan heran sepatu, kaki dan kaos kaki akan bau menyengat ketika dibuka.

Cara Menghilangkan Bau Sepatu 

Bau pada sepatu, selain merusak rasa percaya diri anda, pasti juga akan berpengaruh terhadap bau kaki yang tidak sedap. Sepatu yang bau tantu juga akan membuat kaki menjadi ikut bau juga. Selain mengatasi bau dari sepatu, anda juga perlu mengetahui tentang bagaimana cara mengatasi bau kaki karena bau pada kaki tidak hanya timbul karena sepatu yang bau juga. Bagaimana tentang cara menghilangkan bau kaki? Bisa anda baca di cara praktis dan mudah mengatasi bau kaki menyengat. berikut ada beberapa cara menghilangkan bau tidak sedap di sepatu.

A. Teh Dan Kopi Punya Aroma Yang Sedap

Kalau anda pecinta kopi atau teh, anda- pasti setuju kalau dua bahan minuman itu punya aroma yang segar dan sedap menggugah selera. Jangan cuma dipakai untuk membuat minuman, teh dan kopi juga bisa dipakai untuk pewangi sepatu. Untuk teh, kamu bisa merendam kantong teh celupmu selama lima menit atau setelah pembuatan teh. Setelah dingin, masukkan kantong teh ke dalam sepatu dan biarkan sampai semalaman. Sedangkan kopi, supaya nggak berantakan, kamu bisa menarik serbuk kopi bekas ataupun letak dalam tisu dan simpan dalam sepatumu semalaman. Sepatumu bakalan tidak bau lagi, tapi juga segar seperti aroma teh dan kopi.

B. Bekukan di Dalam Lemari Es

Membekukan sepatu di dalam frezer lemari es dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap yang menempel. Namun, sebelum membekukan sepatu pada freezer lemari es, ada hal-hal yang perlu anda perhatikan. Pertama-tama keringkan terlebih dahulu sepatu, jika memang keadaannya basah. Kemudian, bungkus sepatu anda dengan menggunakan plastik kedap udara. Setelah itu, masukan ke dalam freezer lemari es.

C. Koran Bekas

Koran bekas yang berada di rumah terkadang kita anggap sebagai sampah atau barang yang sudah tidak terpakai lagi. Namun, di balik itu semua ternyata koran bekas memiliki banyak manfaat atau kegunaan untuk kehidupan sehari-hari. Salah satu manfaatnya yaitu bisa kita gunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada sepatu. Cara memanfaatkannya sangat mudah sekali. Pertama siapkan koran bekas secukupnya saja. Lalu ambil sepatu dalam keadaan kering. Bungkus sepatu yang berbau tersebut dengan menggunakan koran bekas yang sudah anda siapkan. Bungkus sepatu sampai ke mulutnya dengan rapi dan rapat. Terakhir, letakan atau simpan sepatu yang sudah dibungkus koran tersebut di tempat dingin selama satu malam penuh atau lebih hingga bau pada sepatu benar-benar hilang, karena bau tersebut akan diserap oleh koran.

D. Silica Gel

Silica gel bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau sepatu yang tidak sedap. Silica gel memiliki fungsi untuk menyerap uap air sehingga kondisi lingkungan akan tetap kering. Biasanya silica gel dikemas dalam bentuk sachet dan terdapat di dalam kotak sepatu. Untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu, anda bisa menyimpan silica gel ke dalam sepatu anda. Diamkan beberapa saat dan sepatu anda akan terbebas dari bau.

E. Soda Kue

Soda kue juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau sepatu yang tidak sedap. Caranya yaitu, keringkan terlebih dahulu sepatu anda apabila sepatu dalam keadaan basah. Baru setelah itu, taburkan soda kue ke dalam sepatu anda dan biarkan selama satu malam. Setelah itu, bersihkan soda kue dari sepatu anda.

F. Baby Powder

Baby Powder atau bedak bayi memiliki aroma yang harum. Dimana aromanya tersebut bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Caranya mudah sekali. Siapkan bedak bayi secukupnya, lalu masukan ke dalam sepatu. Goyangkan sepatu agar bedak bayi merata, setelah itu anda bisa melihat hasilnya sendiri. Taburi bedak bayi ke dalam sepatu sehari sebelum anda menggunakannya.

Itulah cara menghilangkan bau sepatu tanpa harus dicuci. Semoga Artikel ini menambah wawasan anda.