Wow, Deretan Universitas Tertua Di Dunia

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang hakiki, dimana setiap orang tentunya ingin mendapatkan pendidikan yang bukan hanya tinggi tapi juga berkualitas. Karena hal itulah, tidak jarang orang memilih Universitas yang sudah terjamin kualitasnya. Pusat-pusat perguruan tinggi sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Bahkan ada beberapa yang mencapai ribuan tahun. Akan tetapi banyak perguruan tinggi yang tidak bisa bertahan dan akhirnya bubar. Selama berabad-abad banyak sekali perguruan tinggi atau Universitas tertua di dunia yang dibubarkan, ada yang menjadi perguruan tinggi otonom atau dirubah menjadi perguruan tinggi yang modern.

Namun Universitas tertua di dunia ini masih tetap aktif mengajar dan tetap bertahan tanpa dimakan usia zaman dan menjadi pilihan kampus paling populer bagi mahasiswa yang datang belajar dari seluruh dunia karena warisan sejarah dan ilmu pengetahuan yang digoreskannya selama berabad-abad. Berikut adalah Universitas tertua di dunia paling populer dan terkenal sepanjang sejarah.

1. Universitas Oxford

Kita mulai dengan universitas tertua paling populer yang di idam-idamkan oleh mahasiswa berprestasi dari seluruh dunia. Alumni Oxford tercatat pernah menjadi Perdana Menteri Inggris sebanyak 26 kali, Uskup Agung Gereja Anglikan sebanyak 20 kali, Santo atau Santa dalam Agama Katolik sebanyak 12 orang, pemenang Hadiah Nobel sebanyak 47 orang. Dan Stephen William Hawking sendiri sang Profesor terkenal matematika dan ahli fisika teoretis Gravitasi Kuantum, Radiasi Hawking serta Lubang Hitam almamaternya berasal dari Universitas Oxford dan Universitas Cambridge.

Meski tahun pendiriannya kampus Oxford sedikit rancu, namun catatan bukti pengajarannya mengarah ke tahun 1096. Beberapa pihak mengklaim pendirian Universitas Oxford jauh lebih lama ketimbang tahun tersebut. Universitas berperingkat 5 dunia ini setiap tahunnya menerima sekitar 22.000 mahasiswa baru dan menjalankan lembaga terbitan universitas terbesar di dunia.

2. Universitas Cambridge

Banyak dari Anda pasti sudah sering mendengar nama universitas satu ini. Sering dipandang sebagai Universitas elite dunia, Universitas Cambridge juga ternyata masuk sebagai salah satu universitas tertua di dunia yang merupakan Universitas paling tua kedua di Inggris. Universitas Cambridge selalu secara konsisten masuk dalam daftar 10 universitas terbaik di dunia.

Universitas yang juga merupakan saingan dari Universitas Oxford ini telah menghasilkan 85 hadiah nobel dengan memiliki 31 universitas yang berada di bawah naungannya. Salah satu tradisi unik dari universitas ini adalah mahasiswa atau pelajar yang memiliki nilai terendah biasanya akan diberikan sebuah hadiah yang berupa sendok kayu.

3. Universitas Montpelier

Walaupun diperkirakan bahwa Universitas Montpelier didirikan pada tahun 1150, namun tidak sedikit orang yang menganggap bahwa Universitas ini aslinya memiliki tanggal pendirian yang jauh lebih tua. Alasannya adalah Universitas ini merupakan Universitas gabungan dari Universitas-Universitas lain yang digabung menjadi satu atas perintah Pope Nicholas IV. Oleh karena itu beberapa bagian Universitas ini diperkirakan memiliki umur yang jauh lebih tua.

Universitas Montpelier pernah ditutup pada saat revolusi Perancis tahun 1973. Namun kembali berfungsi lagi pada tahun 1810 hanya dengan 2 fakultas yang aktif pada saat itu yakni fakultas science dan surat. Untuk mengikuti perkembangan jaman, Universitas yang sudah cukup tua ini direnovasi kembali, tepatnya pada tahun 1969 dengan mata kuliah yang dikhususkan hanya untuk science dan teknologi.

4. Universitas Bologna

Universitas ini memiliki slogan ‘Ibu Pembelajaran Yang Mengenyangkan’ dalam Bahasa Latin. Sejak didirikan pada tahun 1088, Universitas Bologna (UNIBO) tidak sekalipun berhenti mendidik para mahasiswa dan karenanya sering disebut pula sebagai Universitas aktif terlama di dunia. Pada zaman Abad Pertengahan, Universitas ini hanya mengajarkan program studi tingkat doktor, namun kini menawarkan beragam studi di setiap tingkat kesarjanaan. Setiap tahunnya Universitas Bologna menerima 85.000 mahasiswa baru, dimana 30.000 diantaranya adalah pascasarjana. Universitas ini berada di peringkat 182 dunia.

Ada hal unik dan menarik tentang Universitas Bologna, bagi kalian yang mahasiswa pasti tidak asing mendengar kata almamater, berawal dari Universitas inilah kata Almamater muncul dengan moto Almamater Studi (bahasa latin nya dikenal sebagai alma mater). Selain itu Universitas Bologna yang dipisahkan fungsinya dari Gereja ini dianggap sebagai Pionir Universitas yang lahir di wilayah Eropa barat. Pada tanggal 18 September tahun 1988, Universitas Bologna dibaptis sebagai Ibu dari seluruh Universitas yang ada diseluruh dunia.

Melalui Universitas ini juga berbagai kodifikasi hukum dilahirkan salah satunya yang terkenal adalah Liber Paradisus Law yakni Undang-undang yang menghapus perbudakan pada tahun 1256. Dengan lahirnya undang-undang tersebut, Kota Bologna pun menjadi kota pertama di dunia yang menghapus perbudakan manusia. Dan peraturan itu pun seakan menjadi arah kiblat bagi seluruh dunia, yang ikut melahirkan Undang-Undang Anti Perbudakan Manusia yang memperjuangkan penuh nilai-nilai kemanusian.

5. University of Constantinople ( Instanbul University)

Jika kamu menyangka Universitas Al-Azhar adalah Universitas paling tertua di dunia, sepertinya kamu salah besar. Sebab Universitas Konstantinopel sudah didirikan pada tahun 425 M oleh Kaisar Theodosius II. Dikenal juga dengan nama University of The Palace Hall of Maugnaura dan kampus ini terkenal dengan 3 jurusan mata kuliahnya yang mendapatkan peringkat akreditasi terbaik dunia, seperti Hukum, Ilmu Filsafat dan Kedokteran.

Namun setelah runtuhnya kejayaan Konstantinopel pada tahun 1453, aktivitas belajar mengajar di kampus ini sempat mengalami mati suri dan setelah era kepemimpinan Sultan Mehmed II kampus ini kembali dihidupkan serta mengganti namanya menjadi Universitas Istanbul. Banyak mata kuliah unggulan yang terdapat di universitas ini selain kurikulum diatas seperti ekonomi, ilmu perpustakaan, politeknik, matematika,astronomi, seni rupa dan lain-lain.

6. Universitas Nalanda

Inilah peringkat pertama Universitas tertua di dunia yang sudah ada sejak jaman kuno dahulu kala. Universitas Nalanda (Nalanda International University) yang berada di Bihar India Utara, dibangun pada abad ke 5 Sebelum Masehi oleh Raja-raja dari dinasti Kerajaan Buddha Gupta. Pada masa-masa kejayaannya, Universitas Nalanda memiliki lebih dari 10000 siswa yang melahirkan banyak cendikiawan dan sarjana terkenal di masa itu, seperti Babylon, Tibet, Tiongkok, Suriah, Yunani, Iran sampai Persia.

Namun keberadaan Universitas Nalanda sempat terhenti saat mengalami 3 kali penjajahan, yang terakhir datang dari Turki era Kepemimpinan Jenderal Ikhtiyar Uddin Muhammad bin Bakhtiyar Khilji dan membuat Universitas Kuno Nalanda ini hancur lebur. Setelah 831 tahun vakum, kini Universitas Nalanda sudah dibuka kembali dan memulai aktivitas akademisnya pada tanggal 1 September 2014 tahun kemarin.

Kebanyakan Universitas tertua di dunia yang masih aktif diatas memang berada di Eropa, terutama karena banyaknya Universitas berusia ratusan tahun yang masih beroperasi dan kultur orang Eropa yang senang mempertahankan bangunan dan institusi kuno. Meski begitu, hendaknya Universitas ini hanya dijadikan patokan apabila kamu memang punya niat dan semangat pada program studi yang mereka tawarkan cocok dengan minat kamu. Lagian kalau ada pilihan belajar di Negeri sendiri mengapa tidak, soal kualitas pengajaran di Universitas-universitas yang ada di Indonesia, juga tidak begitu kalah jauh dibandingkan dengan kualitas pengajaran Universitas ternama dari luar negeri. Semoga menambah wawasan Anda