Wow, Kekuatan Mengagumkan Akibat Mutasi Gen

Kamu pasti pernah nonton film X-Men dong! Film yang memperlihatkan sekumpulan manusia dengan kekuatan super canggih yang tumbuh dari dalam diri mereka masing-masing. Kekuatan tersebut didapatkan karena hasil perubahan materi genetik yang bermutasi di dalam organ tubuh. Dan kebanyakan mutasi gentik memberikan dampak negatif pada suatu organisme tersebut, contohnya kecacatan pada organisme tersebut. Tapi ada beberapa orang yang terkenal mutasi gentik tapi memberi ia suatu nilai lebih terhadap dirinya dan menghasilkkan kemampun yang mengagumkan. Berikut kekuatan unik manusia yang didapat akibat mutasi gen.

1. Kebal Terhadap Malaria

Malaria adalah salah satu tipe parasit yang terdapat pada nyamuk. Apabila manusia yang terkena penyakit malaria ini tidak diberi penanganan serius, maka sudah dipastikan akan berakhir dengan kematian. Beruntungnya ternyata ada sebagian orang yang memiliki mutasi gen sel darah merah sehingga memiliki kemampuan mengagumkan kebal akan penyakit malaria ini. Mutasi gen yang terjadi dinamakan anemia bulan sabut.

Biasanya pada normal memiliki sel darah merah yang berbentuk bulat dengan cekung di tengahnya. Bagi penderita anemia bulan sabit ini, mereka memiliki kelainan gen dengan bentuk sel darah yang berbentuk seperti bulan sabit. Hal demikian membuat sel darah merah menjadi sulit melewati pembuluh darah. Walaupun penderita mutasi gen ini kebal akan penyakit malaria, namun mereka mengalami siksaan lain dari penyakit anemia bulan sabit.

2. Tahan Akan Suhu Dingin

Seberapa tahankah kalian bila hidup di tempat dengan suhu yang kluar biasa dingin? Mungkin kalian berpikir tidak akan ada orang yang bisa bertahan hidup di suhu udara yang rendah, namun ternyata hal tersebut sangatlah mungkin terjadi. Bahwa ada beberapa orang yang tinggal di suhu sangat rendah contohnya adalah orang Inuit. Orang Inuit adalah kelompok orang mengagumkan yang tinggal di daerah Arctic. Mutasi gen seperti apa yang menyebabkan mereka dapat bertahan hidup di lingkungan yang bersuhu rendah?

Orang Inuit ternyata diketahui dapat bertahan hidup di suhu yang rendah disebabkan oleh suatu mutasi gen dimana mereka memiliki angka metabolisme basal lebih tinggi daripada orang biasa. Mereka juga mampu menjaga suhu tubuh mereka tanpa perlu menggigil karena kedinginan. Tidak hanya itu, mereka ternyata juga memiliki hal mengagumkan lain yakni jarang mengeluarkan keringat berkat kelenjar keringat mereka yang unik. Hal mengagumkan yanbg telah disebutkan diatas bahkan mampu membuat orang Inuit dapat tidur di malam yang dingin walaupun tanpa selimut ataupun pakaian.

3. Kebal Terhadap Penyakit Bahkan Virus HIV

Siapa yanag tidak kenal terhadap virus berbahaya yang satu ini yang sampai sekarang belum ditemukan obatnya. dikarenakan seks bebas yang sembarangan dan juga akibat penggunaan narkotika, walaupun virus berbahaya ini sampai sekarang belum ditemukan obat penyembuhnya , tapi ternyata ada beberapa orang yang kebal akan virus ini.

Para peneliti menemukaan kalau ada beberapa orang yang memiliki mutasi genetik yang mempunyai kekebalan untuk melawan virus ini . mutasi genetik pada orang ini, menyebabkan mereka tidak memiliki protein CCR5 yang dimana ini merupakan jalan masuknya untuk menyerang sistem kekebalan tubuh kita. salah seorang yang mempunyai kelaianan ini adalah stephen crohn. Yaitu seorang GAY, yang hampir semua pasanganya meninggal 1 persatu karena virus HIV. para penliti mengatakan kalau ia mengalami mutasi gentik yang mnyebabkan sel darah putihnya terlindungi dari virus HIV ini , nama kelainan ini disbut Mutation Delta 32

4. Dapat Bertahan Hidup Di Dataran Tinggi

Tidak seperti orang pada umumnya yang memproduksi sel darah merah lebih banyak ketika berada di tempat dengan jumlah oksigen sedikit, orang yang tinggal di daerah ketinggian memiliki kelainan gen dengan memproduksi sel darah merah namun dengan jumlah yang lebih sedikit. Ketika berada di tempat yang tinggi, orang normal akan memproduksi sel darah merah lebih tinggi untuk mengikat oksigen. Hal demikian malah dapat berakibat fatal bagi tubuh. Sel darah merah akan menjadi lebih tebal sehingga dapat mengakibatkan penggumpalan dalam pembuluh darah yang selanjutnya dapat berujung pada beberapa masalah serius.

Orang Shera mengalami mutasi gen yang dikenal dengan EPAS1 dimana gen tersebut memiliki pengaruh terhadap protein regulator. Protein itulah yang mendeteksi oksigen dan mengontrol produksi sel darah merah. Mutasi gen mengagumkan itulah yang menjelaskan kenapa orang Sherpa tidak memproduksi sel darah merah dalam jumlah yang banyak.

5. Golden Blood

Tentunya kita mengenal bahwa terdapat 4 jenis golongan darah yang ada di dunia ini yakni A, B, AB, dan O. Masing-masing dari golongan darah tersebut bisa memiliki tanda positif atau juga tanda negatif. Darah yang tidak termasuk dalam golongan darah diatas dianggap sebagai golongan darah langka. Orang yang memiliki golongan darah diluar dari yang diketehui tersebut akan mengalami kesulitan apabila harus melakukan transfusi darah.

Selain terdapat orang dengan golongan darah langka, ternyata ada juga orang yang memiliki golongan darah sangat sangat langka. Golongan darah sangat langka itu diberi nama Rh-Null. Sesuai dengan namanya, orang dengan golongan darah Rh-Null sama sekali tidak memiliki antigen apapun dalam tubuhnya. Orang yang memiliki kelainan gen ini bsia terbilang sangat langka, kenyataannya para ilmuwan hanya menemukan sekitar 40 individu yang memiliki golongan darah langka ini. Yang menjadi sangat tidak beruntung adalah hanya terdapat 9 pendonor di dunia ini yang memiliki kelainan gen ini. Kelainan gen ini membuat darah Rh-Null memiliki nilai yang sangat berharga. Karena itulah dokter memberikan julukan Golden Blood bagi orang yang memiliki golongan darah Rh-Null.

Nah, itu tadi adalah 5 kekuatan supermanusia akbibat mutasi genetik yang mereka alami, semoga artikel ini menambah wawasan anda ya.